Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode langsung dan jawabannya dapat diselenggarakan pencatatan agar diakui sebagai beban pengurang pajak penghasilan badang. Metode penghapusan piutang yang diperbolehkan oleh peraturan perpajakan adalah metode langsung dan metode cadangan kerugian piutang.

Berapakah taksiran piutang tak tertagih untuk kualitas piutang yang kurang lancar harus dipenuhi agar dapat dibuatkan bukti transaksi berupa memo. Piutang yang nyata-nyata tidak tertagih oleh wajib pajak bisa diakui sebagai deductible expance ketika memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku di indonesia.

Pencatatan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung wajib diselenggarakan untuk memungkinkan dicapaikan pencapaian tujuan perusahaan. Penghapusan piutang menurut pajak harus disertai bukai perusahaan telah dinyatakan bangkrut atau pailit oleh pengadilan negeri setempat.

Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Jawabannya

Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Metode Tidak Langsung

Penilaian piutang akan diakui sebesar nilai yang dapat direalisasikan untuk ditagihkan sampai akhir periode. Bagi perusahaan, piutang muncul ketika terjadinya pemberian termin pembayaran secara kredit untuk mencegah terjadinya keterlambatan pembayaran atas pesanan yang sudah dikirimkan perusahaan dimasa lampau.

Penghapusan piutang tak tertagih dapat menggunakan metode langsung dan metode tidak langsung dalam pengakuan piutang. Beban kerugian piutang akan langsung dikreditkan dari piutang dagang sehingga akan mengurangi manfaat prinsip perbandingan antara pendapatan dan beban periode berjalan.

Piutang usaha dilaporkan sebagai aktiva pada laporan posisi keuangan. Penjualan kredit akan bermanfaat ketika perusahaan mampu menagih pelanggan atas pembayaran secara tepat waktu. Kelemahan penjualan kredit adalah kerugian yang diderita ketika pelanggan tidak mampu membayar tagihan.

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh Soal Penilaian Piutang Tak Tertagih Metode Langsung

Contoh soal penilaian piutang tak tertagih metode langsung diberikan kepada pelanggan ketika telah memperoleh persetujuan kredit. Sistem pengendalian internal piutang harus diterapkan agar tidak terjadi kesalahan dalam penentuan harga dimasa mendatang dan keterlambatan pembayaran tagihan.

Penilaian piutang tak tertagih dapat dilakukan melalui metode cadangan kerugian piutang dan metode penghapusan piutang langsung. Perusahaan dapat melakukan penaksiran tentang jumlah piutang yang tidak dapat terealisasikan berdasarkan penjualan kredit atau persentase piutang dagang diakhir periode.

Contoh soal piutang tak tertagih terjadi pada PT Kakraffi yang mendapati pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan sebesar Rp 15.000.000. Piutang dagang dilaporkan pada laporan posisi keuangan dengan nilai Rp 42.600.000. Buatlah jurnal penghapusan piutang secara langsung di perusahaan?

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Pembalik Beban dan Penghasilan yang Masih Harus Diterima

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih dapat diberikan setelah memperoleh bukti transaksi seperti pernyataan kebangkrutan atau pailit oleh pengadilan negeri setempat. Cadangan kerugian piutang menurut pajak dapat dibentuk oleh perusahaan yang bergerak dalam industri keuangan dan asuransi.

Metode penghapusan piutang yang diperbolehkan oleh peraturan perpajakan adalah metode cadangan kerugian piutang. Kekurangan metode langsung dalam piutang dagang adalah berkurangnya manfaat penandingan antara pendapatan dan beban dalam penggunaan prinsip akuntansi yang berterima umum.

Taksiran piutang tak tertagih yang diperkenankan dalam aturan perpajakan adalah 5% dari total piutang yang dilaporkan. Berdasarkan contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode langsung didapatkan informasi tidak mampu dilunasinya tagihan karena pailit dan diterbitkan jurnal penghapusan piutang sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/05/2022Account Recaivables Rp 46.860.000
Merchandise Sales Rp 42.600.000
VAT Out Rp 4.260.000
TanggalKeteranganDebitKredit
08/05/2022Bad Debt Expance Rp 15.000.000
Account Recaivables Rp 15.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Buku Aktiva Tetap Pajak

Demikian contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode langsung dan jawabannya agar dapat tercipta pembayaran penjualan kredit yang tepat waktu diperlukan adanya otorisasi pemberian kredit. Penilaian kualitas pembayaran secara tunai menjadi indikasi awal ketepatan waktu pembayaran tagihan pelanggan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel