Contoh Perhitungan Agio dan Disagio Saham Biasa

Contoh soal perhitungan agio dan disagio saham yang beredar akan dipengaruhi oleh nilai pari saham serta karakteristik saham yang diperjualbelikan

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan agio dan disagio saham akan dijalankan ketika terjadi selisih harga jual dengan nilai pari. Nilai pari adalah harga yang tercantum pada saham yang diterbitkan perusahaan. Karakteristik saham adalah terdapat bukti kepemilikan perusahaan tertentu dan sejumlah besar saham yang telah beredar.

Bagaimana agio saham dapat terbentuk? apa itu disagio saham? perbedaan saham preferen dan saham biasa akan melibatkan pencatatan akuntansi keuangan menengah. Membeli peralatan kantor dan kendaraan dapat menggunakan wesel bayar, kas dan aset lain yang memiliki manfaat ekonomis bagi lawan transaksi.

Contoh soal dan jawaban saham preferen dan biasa akan membentuk disagio saham ketika entitas mengalami penurunan harga jual saham dibawah nilai pari. Saham yang diterbitkan tanpa nilai pari akan mengakibatkan tidak adanya keuntungan dan kerugian ketika diperjualbelikan kepada underwriter emisi efek.

Contoh Perhitungan Agio dan Disagio Saham Biasa

Pengertian Saham Menurut Para Ahli

Pengertian saham menurut para ahli adalah tanda penyertaan kekayaan individu pemegang saham yang dialihkan ke perusahaan. Saham terdiri dari saham preferen dan saham biasa. Keistimewaan saham preferen adalah adanya kebijakan pembagian laba yang komulatif setiap tahun fiskal yang dilalui.

Perbedaan agio saham dan capital gain terletak pada keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Capital gain akan memberikan keuntungan bagi pemilik saham ketika mampu memperjualbelikan diatas harga belinya. Modal disetor, modal ditanam dan modal diserahkan menjadi istilah dalam akta pendirian perusahaan.

Pengertian saham menurut para ahli adalah bukti adanya penyerahan modal di perusahaan sebagai tambahan aktiva selain liabilitas. Passiva dalam laporan keuangan merupakan seluruh sumber daya untuk menciptakan aset perusahaan yang diperbantukan untuk kegiatan produksi selama tahun berjalan.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Laba Per Lembar Saham dan Stock Split

Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa

Contoh soal agio dan disagio saham hanya berlaku ketika entitas menerbitkan dan menjual saham kepada underwriter. Kapitalisasi agio saham adalah penjumlahan dari total keuntungan dan kerugian dari aktivitas operasional ketika memperoleh penghasilan dari selisih harga jual dengan nilai pari saham.

Bagaimana agio saham dapat terbentuk diawali dengan penentuan nilai pari saham. Ketika entitas menjual sahamnya dibawah dan diatas nilai pari akan mengakibatkan selisih yang diakui sebagai keuntungan atau kerugian. Modal saham dan laba ditahan menjadi materi akuntansi keuangan menengah.

Contoh soal penjualan saham treasury terjadi pada PT Kakraffi yang memperjualbelikan saham biasa dengan nilai nominal seharga Rp 4.463.950 sebanyak 1 lot. Apabila PT Kakraffi menjualnya dengan kurs 97 dan 102 dari nilai pari, buatlah jurnal penjualan saham yang diperlukan untuk mengakui agio dan disagio saham?

Baca Juga: Unsur-Unsur Laporan Keuangan Syariah dan Konvensional

Jurnal Mencatat Agio Saham dan Disagio Saham

Jurnal mencatat transaksi penjualan saham akan menghasilkan informasi agio dan disagio saham yang beredar. Laba per lembar saham akan diketahui bagi pemegang saham ketika pada rapat umum dialokasikan sebagai pembagian dividen. Dividen adalah pembagian keuntungan selama satu tahun fiskal.

Bagaimana agio dan disagio saham dapat terbentuk? pembentukan agio terjadi ketika entitas melakukan penjualan saham kepada underwriter atau lembaga penjamin efek. Entitas dapat menggunakan kurs jual dan kurs beli ketika menerima tawaran sejumlah penjualan saham tertentu dari underwriter ini.

Pendiskontoan wesel tagih merupakan upaya mempercepat kas yang seharusnya diterima dimasa mendatang. Amortisasi atau pengalokasian biaya perolehan harus dijadikan dasar bagi perusahaan untuk mengakui keuntungan selisih kurs. Adapun jurnal agio dan diagio saham biasa yang dibuat yakni

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/05/2021Kas Rp 455.322.900
Modal Saham Rp 446.395.000
Agio Saham Rp 8.927.900
(Jurnal mencatat penjualan saham diatas nilai nominal)
15/07/2021Modal Saham Rp 433.003.150
Agio Saham Rp 8.927.900
Disagio Saham Rp 4.463.950
Kas Rp 446.395.000
(Jurnal mencatatan pembelian kembali saham dibawah nilai nominal)

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Masih Harus Dibayar

Demikian contoh perhitungan agio dan disagio saham biasa dan preferen diperuntukan bagi para pemegang saham. Kewajiban dan hak jenis-jenis saham perusahaan memiliki perbedaan terutama dalam komulasi keuntungan yang didapatkan. Laba ditahan boleh dibagikan setiap pergantian tahun laporan keuangan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Perhitungan Agio dan Disagio Saham Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel