Cara Mengisi Transaksi Retur Pembelian Tunai dan Kredit di Myob

Konten [Tampil]

Cara mengisi transaksi retur pembelian tunai dan kredit di myob accounting berfungsi untuk mengurangi tagihan pembayaran kepada pemasok. Fitur yang digunakan untuk mencatat penerimaan piutang dan hutang dagang adalah paybill dan receive payment yang diselenggarakan setiap arus kas masuk dan keluar terjadi.

Cara mencatat transaksi retur pembelian kredit dan tunai diwajibkan untuk mengalokasikan seluruh barang dagang yang dikembalikan untuk pengurangan tagihan. Kegunaan dari fitur purchase yang dimiliki oleh program myob accounting berfungsi untuk menangani siklus penerimaan barang dagang sampai penagihan.

Langkah untuk mengentri transaksi penjualan kredit dan tunai ke myob harus diberikan bukti kas keluar seperti bukti transfer bank dengan dokumen penagihan. Menu yang digunakan untuk melakukan entri transaksi retur pembelian barang dagang adalah purchase register dan paybill untuk pembayaran tagihan.

Cara Mengisi Transaksi Retur Pembelian Tunai dan Kredit di Myob

Fungsi Menu Purchase Register

Fungsi menu purchase register adalah melakukan pencatatan transaksi mulai dari penerimaan barang dagang, pemberian potongan dan retur barang serta pelunasan tagihan yang telah jatuh tempo. Fitur yang digunakan untuk retur penjualan pada myob accounting adalah purchase register dan pay bill ketika pembayaran.

Fitur pada myob yang digunakan untuk mencetak laporan posisi keuangan adalah report. Kegunaan dari fitur purchase yang dimiliki oleh program myob accounting adalah mampu mengalokasikan seluruh transaksi pembelian menjadi tagihan kepada para pelanggan untuk dilakukannya pelunasan sebelum jatuh tempo.

Transaksi pembayaran utang dicatat dengan fitur paybill. Transaksi pembayaran piutang dicatat dengan fitur recaive payment. Setelah input transaksi, untuk melihat jurnal sementara dapat mengkombinasikan tombil ctrl+r untuk melihat jurnal umum yang dibuat yaitu persediaan dan utang dagang.

Baca Juga: Cara Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Menurut Pajak

Menu yang Digunakan untuk Entri Transaksi Retur Pembelian dan Penjualan

Menu yang digunakan untuk entri transaksi retur pembelian dan penjualan adalah purchase register dan sales. Dalam myob tahapan dalam memasukkan transaksi pembelian counter atau tunai perlu memberikan termin pembayaran cod. COD artinya pembayaran akan dibayarkan ketika barang diterima digudang.

Menu yang digunakan untuk mengentri transaksi retur pembelian berfungsi agar perusahaan dapat menerapkan sistem perpetual dan sistem periodik ketika mengalokasikan biaya. Harga pokok penjualan adalah total biaya perolehan persediaan yang ditanggung oleh perusahaan untuk terciptanya pendapatan kena pajak.

Fungsi menu purchase register kaitannya dengan transaksi retur pembelian adalah digunakan untuk mengalokasikan pengurangan barang yang sudah dicatat perusahaan. Nota pembatalan dan retur barang hendaknya diterbitkan agar tagihan sesuai keadaan yang sebenarnya dan wajib dibuat faktur pajak setiap kali penjualan terjadi.

Baca Juga: Contoh Internal Control Persediaan Barang Dagang yang Baik

Langkah-Langkah Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob

Langkah-langkah mencatat transaksi retur pembelian di myob accounting harus diselenggarakan mengikuti tanggal pembuatan nota pembatalan tagihan dan surat jalan pengembalian barang. Setelah mencatat transaksi untuk melihat jurnal sementara myob dapat menekan tombol kombinasi yaitu ctrl+r.

Fitur-fitur pada myob dan fungsinya dapat dimaksimalkan untuk mencatat aktivitas bisnis yang ada di perusahaan. Fitur pada myob yang digunakan untuk mencetak laporan keuangan adalah menu report. Seluruh aktivitas perusahaan akan terekam termasuk perubahan tagihan dan informasi pendukung laporan keuangan.

Cara mengisi transaksi retur pembelian kredit dan tunai di myob didukung dengan bukti kas keluar dan kas masuk. Sistem pengendalian internal persediaan dan pergudangan perlu diciptakan agar terhindar dari kerugian biaya pemeliharaan dan asuransi. Adapun cara input transaksi retur pembelian barang dagang sebagai berikut:

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Persediaan dan Jawabannya

Demikian cara mengisi transaksi retur penjualan dan pembelian pada aplikasi myob accounting versi terbaru. Fitur-fitur myob terbaru perlu dimanfaatkan guna mengalokasikan seluruh kemampuan perusahaan menjalankan otomatisasi pencatatan untuk proses pembuatan laporan keuangan tahunan perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengisi Transaksi Retur Pembelian Tunai dan Kredit di Myob"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel