Contoh Soal Joint Venture Metode Terpisah dan Tidak Terpisah

Konten [Tampil]

Contoh soal joint venture metode terpisah dan tidak terpisah dilakukan agar perusahaan dapat memperoleh keuntungan maksimal dari penyerahan modal. Perbedaan persekutuan dan joint venture adalah keberlangsungan usaha yang dilakukan secara bersama-sama dan pengelolaan dana setoran masing-masing sekutu.

Akuntansi keuangan lanjutan bab joint venture menjadi pertanyaan pilihan ganda dan soal essay. Anggota joint venture akan mengelola jalannya perusahaan dengan dipimpin oleh manajer yang disebut managing partner. Metode pembagian laba rugi joint venture harus ditentukan sebelum perusahaan melakukan kegiatan.

Macam-macam metode pencatatan akuntansi joint venture terdiri dari metode terpisah dan metode tidak terpisah. Alasan sekutu melakukan kegiatan secara bersama adalah memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, menghemat pengeluaran taktis dan dimilikinya nilai lebih yang dimiliki masing-masing sekutu atau partner.

Contoh Soal Joint Venture Metode Terpisah dan Tidak Terpisah

Pengertian dan Keuntungan Joint Venture

Pengertian joint venture menurut para ahli adalah proses melaksanakan kegiatan operasional secara bersama-sama guna selama waktu terbatas. Karakteristik utama joint venture adalah dilakukan dalam waktu pendek dengan menerapkan perjanjian jualbeli sesuai akta kegiatan usaha bersama para sekutu.

Keuntungan joint venture adalah sekutu memiliki kelebihan tertentu yang dapat dikombinasikan antar para partner yang terlibat. Ditunjuknya managing partner akan mengarahkan sekutu untuk melakukan kegiatan usaha secara terarah ketika ingin menghasilkan penghasilan dan pembayaran tagihan tertentu.

Cara kerja joint venture dilandasi oleh pemilikan kepentingan bersama dengan memisahkan minat dan tujuan bersama. Masalah utama dalam joint venture adalah ketika barang persediaan tidak mampu diperjualbelikan oleh sekutu sampai akhir periode perjanjian kerjasama sehingga mengakibatkan kerugian.

Baca Juga: Contoh Analisis Time Series dan Forecasting Data Keuangan

Pertanyaan tentang Joint Venture Akuntansi Keuangan Lanjutan

Pertanyaan tentang joint venture akuntansi keuangan lanjutan diperlakukan agar entitas mempertanggungjawabkan pembagian laba rugi sesuai perjanjian kerja. Metode pembukuan terpisah dan metode pembukuan tidak terpisah harus diselenggarakan karena adanya penggunaan arus kas perusahaan.

Pertanyaan tentang akuntansi joint venture berkaitan dengan penyebab para sekutu melakukan kerjasama bisnis. Faktor-faktor yang menyebabkan perusahaan melakukan kegiatan joint venture adalah adanya evolusi struktural industri untuk menekan biaya dan risiko kerugian agar dapat membangun kekuatan perusahaan.

Kerugian dan keuntungan joint venture harus dipertimbangkan para sekutu karena menyangkut pertangungjawaban hutang dengan harta pribadinya. Pembagian laba dalam perjanjian kerjasama joint venture mempertimbangkan keberlangsung usaha dan tanggungjawab para sekutu ketika menjalankan kegiatan operasionalnya.

Baca Juga: Contoh Jurnal Masuk dan Keluarnya Anggota Sekutu

Contoh Soal Akuntansi Joint Venture Metode Pembukuan Terpisah

Contoh soal akuntansi joint venture metode pembukuan terpisah dilaksanakan dengan melaksanakan pencatatan investasi masing-masing sekutu. Sekutu akan melaksanakan pencatatan transaksi terhadap mutasi hak investasi yang telah disetorkannya. Perselisihan antar sekutu hendaknya dihindari agar joint venture memiliki usia panjang.

Metode pembukuan terpisah dan tidak terpisah dalam usaha joint venture akan memperlihatkan hak masing-masing sekutu ketika melakukan kegiatannya. Perjanjian kerjasama usaha yang dilakukan sekutu hendaknya memperlihatkan hak dan tanggungjawab sebagai berikut:

  1. Tujuan dan waktu kerjasama
  2. Ketentuan pembagian laba rugi
  3. Pembiayaan dan pertimbangan kelayakan usaha
  4. Penilaian kualitas masing-masing sekutu.

Contoh soal dan jawaban joint venture terjadi pada PT Kakraffi yang melakukan kerjasama dengan rekan masraffi dan dekraffi. Jumlah setoran awal yang diberikan oleh sekutu adalah Rp 4.000.000, Rp 5.000.000 dan Rp 2.500.000. Buatlah jurnal pencatatan setoran awal yang dilakukan oleh sekutu tersebut?

Pencatatan Joint VenturePencatatan Pribadi Sekutu
Keterangan Debit Kredit KeteranganDebitKredit
Kas Rp 11.500.000 Investasi Joint Venture Rp 11.500.000
Modal Kakraffi Rp 4.000.000 Kas Rp 11.500.000
Modal Masrafi Rp 5.000.000
Modal Dekraffi Rp 2.500.000

Baca Juga: Perbedaan Persekutuan, Perseroan Terbatas dan Joint Venture

Demikian contoh soal joint venture metode pembukuan terpisah dan tidak terpisah akuntansi keuangan lanjutan. Permasalahan kerjasama antar sekutu harus diterangkan dalam akta perjanjian. Hak dan tanggungjawab managing partner ketika mengelola dana investasi harus diterapkan dalam operasionalnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Joint Venture Metode Terpisah dan Tidak Terpisah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel