Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Belum Dibayar dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji yang masih belum dibayar dan pembahasannya menjadi materi akuntansi pengantar. Siklus akuntansi setelah perusahaan melakukan posting ke buku besar adalah membuat penyesuaian terhadap transaksi-transaksi dengan dasar akrual dan dasar kas di akhir periode.

Contoh kasus jurnal penyesuaian utang gaji yang masih harus dibayar wajib diakui ada periode sekarang walaupun perusahaan belum melakukan pembayaran upah karyawan. Kelompok akrual dan kelompok deferal menjadi pertimbangan dalam mengalokasikan sumber daya untuk kegiatan operasionalnya.

Pengertian jurnal penyesuaian menurut para ahli adalah alat untuk mencatat transaksi yang memerlukan penyesuaian diakhir bulan. Kapan jurnal penyesuaian dibuat? yaitu pada awal periode akuntansi dan dibuktikan dengan adanya bukti memorial yang ada di perusahaan dagang dan perusahaan jasa.

Pertanyaan Tentang Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang dan Jasa

Pertanyaan tentang jurnal penyesuaian secara umum bagi perusahaan dagang dan perusahaan jasa wajib dilakukan agar laporan keuangan memiliki saldo sesuai keadaan yang sebenarnya. Adapun contoh pertanyaan wawancara tentang jurnal penyesuaian dapat digunakan untuk ulangan akhir semester dan tengah semester.

Kapan Jurnal Penyesuaian Dibuat Perusahaan

Kapan jurnal penyesuaian dibuat perusahaan yaitu pada saat peralihan periode akuntansi ke periode selanjutnya. Bagi perusahaan dagang, jurnal penyesuaian berperan sebagai penentu harga pokok penjualan barang dagang untuk alokasi penjualan dan penghasilan lain-lain diakhir periode.

Jelaskan kapan jurnal penyesuaian dilakukan perusahaan dagang dan jasa memiliki waktu yang sama yaitu di awal periode akuntansi bulan berikutnya. Pelaporan pajak penghasilan masa akan dilakukan maksimal tanggal 10 bulan berikutnya untuk pajak yang dipotongkan dari pihak ketiga atau lawan transaksi.

Mengapa Jurnal Penyesuaian Dilakukan Perusahaan

Mengapa jurnal penyesuaian dilakukan perusahaan karena entitas harus dapat melaporkan kebenaran dari transaksi perusahaan. Penggunaan peralatan kantor, pemakaian aktiva tetap untuk kegiatan produksi dan pembayaran sewa yang dibayar dimuka harus dapat dialokasikan secara wajar bagi perusahaan.

Penyebab perusahaan melalukan penyesuaian terhadap transaksi bertujuan untuk memenuhi prinsip periode akuntansi dan prinsip penandingan pendapatan dan beban. Fungsi jurnal penyesuaian adalah melakukan penilaian secara wajar terhadap transaksi keuangan yang berlaku baik secara akuntansi atau fiskal.

Baca Juga: Contoh Pertukaran Aset yang Memiliki Subtansi Komersial

Contoh Kasus Jurnal Penyesuaian Beban Masih Harus Dibayar

Contoh kasus jurnal penyesuaian beban masih harus dibayar wajib diselenggarakan pencatatannya diawal periode akuntansi guna melaporkan secara riil transaksi perusahaan. Bukti transaksi untuk membuat jurnal umum adalah faktur pembelian, surat jalan, invoice tagihan dan pembayaran tagihan.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian beban gaji masih harus dibayar terjadi pada PT Kakraffi yang mempunyai 50 karyawan dengan penghasilan Rp 120.000 per hari. Dalam seminggu, karyawan wajib bekerja selama 6 hari. Apabila akhir periode, jatuh tempo dihari ke dua, berapakah beban gaji tahun berjalan?

Cara mengerjakan jurnal penyesuaian dari neraca saldo diawali dengan mengalokasikan seluruh nilai pada neraca lajur perusahaan secara proporsional. Beban masih harus dibayar berarti perusahaan belum melaksanakan pembayaran tagihan. Beban dibayar dimuka berarti perusahaan telah membayarkan secara tunai tagihan tersebut.

Baca Juga: Rumus Tabel Persamaan Dasar Akuntansi

Cara Membuat Ayat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Cara membuat ayat jurnal penyesuaian dari neraca saldo menjadi pertimbangan dalam mengelola dana perusahaan untuk pembayaran tagihan atau penerimaan kas. Dasar akrual dijadikan basis dalam mengakui pendapatan dan biaya tahun berjalan agar didapatkan laba bersih untuk dibagikan sebagai dividen.

Langkah-langkah menyusun ayat jurnal penyesuaian dari neraca saldo harus mempertimbangkan jenis akun yang digunakan. Pada jurnal penyesuaian, perusahaan tidak mungkin menggunakan metode pembayaran kas dan setara kas. Maka, secara proporsional perhitungan beban gaji dan utang gaji yaitu:

HariJumlah Karyawan Gaji Per Hari Total Gaji yang Harus Dibayarkan Beban Gaji Periode Berjalan Beban Gaji Periode Mendatang
Senin50 Rp 120.000 Rp 6.000.000 Rp 6.000.000
Selasa50 Rp 120.000 Rp 6.000.000 Rp 6.000.000
Rabu50 Rp 120.000 Rp 6.000.000 Rp 6.000.000
Kamis50 Rp 120.000 Rp 6.000.000 Rp 6.000.000
Jumat50 Rp 120.000 Rp 6.000.000 Rp 6.000.000
Sabtu50 Rp 120.000 Rp 6.000.000 Rp 6.000.000
Jumlah Rp 720.000 Rp 36.000.000 Rp 12.000.000 Rp 24.000.000

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca lajur atau neraca saldo akan terdapat akun kontra. Akun kontra adalah akun yang bertentangan dari sebuah akun normal. Contoh akun kontra adalah beban depresiasi. Maka, jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar sebagai berikut:

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/08/2021Beban Gaji Rp 12.000.000
Utang Gaji Rp 12.000.000

Baca Juga: Apa Itu Sewa Dibayar Dimuka? Bagaimana Mencatatnya

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar dan pembahasannya yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Fungsi dan tujuan pembuatan jurnal harus menyesuaian standar akuntansi keuangan yang ada di indonesia agar terhindar dari audit kas dan setara kas oleh kantor pajak.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Belum Dibayar dan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel