Contoh Soal Pertukaran Aset Memiliki Substansi Komersial dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pertukaran aset memiliki substansi komersial dan jawabannya akuntansi keuangan menengah dilakukan agar perusahaan dapat membebankan biaya perolehan untuk beberapa periode penggunaannya. Substansi komersial artinya ada tidaknya tambahan manfaat ekonomis yang diperoleh untuk tahun berjalan.

Bagaimana perlakuan aset tetap jika terjadi pertukaran aset dengan substansi komersial diberlakukan standar akuntansi keuangan. Psak 46 tentang aktiva tetap merupakan kekayaan perusahaan untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya dan pembebanan biaya perolehan untuk beberapa periode berjalan.

Materi aset tetap menjadi bagian akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Revaluasi aktiva tetap artinya penilaian ulang nilai buku yang tercatat berdasarkan nilai wajar pada saat yang ditentukan. Revaluasi harus dilakukan pemotongan pph pasal 4 ayat 2 sebesar 10% dari dasar pengenaan pajak yang berlaku.

Contoh Soal Pertukaran Aset Memiliki Substansi Komersial dan Jawabannya

Pengertian dan Karakteristik Aktiva Tetap

Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan yang digunakan untuk kegiatan produksi selama beberapa periode mendatang yang memiliki nilai materialitas. Materialitas adalah nilai dimana ketika terjadi kesalahan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan para pemegang saham.

Karakteristik aktiva tetap adalah memiliki usia lebih dari satu periode dan memiliki nilai nominal yang besar. Sistem pengendalian internal terhadap aset tetap adalah dapat memastikan kelengkapan dan inventarisasi selama beberapa periode untuk memperoleh kekayaan selama proses produksi.

Aktiva tetap diakui ketika siap dipergunakan produksi. Aset tetap akan diakhiri penggunaannya ketika tidak adanya manfaat yang didapatkan perusahaan. Pengertian nilai residu adalah harga jual akhir setelah perusahaan memakai fungsi dan manfaat aktiva sampai selesainya proses depresiasi.

Baca Juga: Kasus Etika Akuntan Publik Terbaru

Perbedaan Pertukaran Aktiva Yang Memiliki Substansi Komersial dan Tidak Komersial

Perbedaan pertukaran aktiva tetap yang memiliki substansi komersial dan tidak komersial berpengaruh terhadap laporan keuangan yang dipublikasikan perusahaan. Biaya perolehan aktiva tetap akan dilakukan penyusutan selama periode sesuai penentuan jangka waktu berdasarkan kebijakan akuntansi perusahaan.

Pertukaran aktiva tetap terdiri dari aset sejenis dan tidak sejenis. Pelepasan aset berasal dari penjualan, penghentian pemakaian bahkan ditukarkan dengan aktiva lain untuk melangsungkan kegiatan produksinya. Contoh aset substansi komersial adalah tanah karena tidak memiliki kewajiban untuk depresiasikan.

Selisih antara nilai wajar dan nilai buku dapat dilakukan prosedur revaluasi. Kekurangan revaluasi aktiva tetap adalah entitas harus membayarkan pajak final berupa pph pasal 4 ayat 2 sebesar 10%. Sebab dianggap perusahaan telah membeli aktiva baru yang harus dipungut pajak pertambahan nilai.

Baca Juga: Contoh Soal Deposito Berjangka dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Aset Yang Memiliki Substansi Komersial

Contoh soal dan jawaban pertukaran aset yang memiliki substansi komersial dilaksanakan agar memperoleh kepastian tentang arus kas masuk yang diterima perusahaan. Aktiva tetap akan diakui ketika terdapat tambahan manfaat ekonomis dan biaya perolehannya dapat diukur dengan handal.

Contoh kasus pertukaran aktiva tetap yang mempunyai substansi komersial terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki sebidang tanah dengan nilai buku sebesar Rp 89.000.000. PT Kakraffi bersepakat untuk menukarkan dengan mesin seharga Rp 140.000.000 dan kas Rp 50.000.000. Taksiran nilai wajar tanah adalah Rp 190.000.000.

Jurnal pelepasan aset tetap akan membandingkan antara nilai wajar dan nilai buku. Biaya penyusutan dan penurunan nilai aktiva tetap harus dipublikasikan dalam catatan atas laporan posisi keuangan sebagai dasar penyusunan laba rugi. Adapun jurnal pertukaran aset tetap substansi komersial adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Mesin Rp 140.000.000
Kas Rp 50.000.000
Tanah Rp 89.000.000
Keuntungan Pelepasan Tanah Rp 101.000.000
(Jurnal Penjualan Aset Tetap Substansi Komersial)

Baca Juga: Contoh Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Demikian contoh soal pertukaran aset memiliki substansi komersian dan jawabannya yang menjadi materi aktiva tetap akuntansi keuangan menengah. Pertanyaan tentang aktiva tetap akuntansi pengantar wajib diberikan sebagai alat untuk mengusahakan seluruh informasi keuangan perusahaan selama periode berjalan

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pertukaran Aset Memiliki Substansi Komersial dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel