Contoh Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka Gedung dan Kendaraan

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka gedung dan kendaraan dapat menjadi pertimbangan seorang akuntan dalam menentukan jumlah kas yang digunakan. Top schedule dan supporting schedule digunakan agar auditor dapat membuat audit plan atas pekerjaan lapangan yang telah dilakukannya.

Pengertian jurnal penyesuaian menurut para ahli adalah transaksi yang dilakukan berdasarkan memo atas penggunaan sumber daya perusahaan yang sebelumnya telah dibeli. Biaya dibayar dimuka untuk tahun berikutnya diakui sebagai biaya dibayar dimuka dan untuk tahun berjalan diakui sebagai biaya tahun berjalan.

Sistem pengendalian internal biaya dibayar dimuka harus dapat otorisasi pengeluaran kas untuk pembelian peralatan kantor dan sewa gudang. Kelengkapan bukti transaksi dalam pajak dibayar dimuka, sewa dibayar dimuka dan asuransi dibayar muka berisikan data tentang perjanjian kerjasama periode berjalan.

Contoh Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka Gedung dan Kendaraan

Pengertian Biaya Dibayar Dimuka Menurut Para Ahli

Pengertian biaya dibayar dimuka menurut para ahli adalah pengeluaran kas yang telah dilakukan perusahaan dimasa lalu untuk digunakan dimasa depan tanpa mengurangi nilai yang ada. Sewa dibayar dimuka termasuk akun aktiva karena merupakan kekayaan perusahaan yang belum terpakai di akhir periode.

Sewa dibayar dimuka termasuk akun aktiva karena menjadi kekayaan perusahaan yang belum terpakai. Bukti transaksi yang digunakan untuk membuat jurnal penyesuaian adalah opname stock peralatan kantor, Transaksi yang perlu dilakukan penyesuaian adalah biaya tahun berjalan dan biaya masih dibayar dimuka.

Pengertian pajak dibayar dimuka adalah pembayaran pajak penghasilan yang dilakukan perusahaan sebagai kredit pajak ketika melaporkan spt tahunan badan. Tujuan audit biaya dibayar dimuka adalah memastikan tidak adanya biaya tahun depan yang diakui periode berjalan untuk menyedikitkan laba ditahan.

Baca Juga: Siklus Akuntansi dari Bukti Transaksi ke Laporan Keuangan

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Sewa Gedung dan Kendaraan Dibayar Dimuka

Contoh soal jurnal penyesuaian sewa gedung dan kendaraan dibayar dimuka harus dijalankan setiap periodenya setelah aktiva diakui. Pertanyaan audit tentang biaya dibayar dimuka berasal dari compliant test dan substantive test dalam rangka menilai kewajaran laporan keuangan yang dipublikasikan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka telah terjadi pada PT Kakraffi yang menyewa bangunan seharga Rp 14.000.000 selama 6 tahun dan dibayarkan secara tunai. Apakah perusahaan wajib membuat jurnal penyesuaian diakhir periode? tentu harus diselenggarakan karena mengikuti aturan yang ada.

Perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka adalah pengakuannya sebagai aktiva dan expance bagi entitas. Beban sewa artinya perusahaan mengakui pembayaran bunga dan penggunaan sewa diperiode berjalan. Sewa dibayar dimuka artinya perusahaan masih memiliki sisa kas yang sudah dibayar tetapi belum dipergunakan.

Baca Juga: Kapan Sewa Diakui Sebagai Beban Sewa atau Sewa Dibayar Dimuka

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka dan Pembahasannya

Cara membuat jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka dan pembahasannya perlu mempertimbangkan pengakuan beban tahun berjalan dan aset dibayar dimuka. Beban tahun berjalan artinya penggunaan kekayaan perusahaan untuk menjalankan operasional perusahaan dan harus didukung bukti transaksi lengkap.

Perhitungan biaya tahun berjalan dan biaya dibayar dimuka harus sesuai proporsional transaksi sewa gedung dan kendaraan. Bulan berjalannya transaksi diperhitungkan sebagai tanggal dipakainya aktiva. Tanggal pakai dan tanggal dibayarkannya sewa harus ditentukan kapan dimulainya sewa kendaraan tersebut.

Contoh perhitungan biaya tahun berjalan dan biaya dibayar dimuka sebagai berikut:

Total Biaya Rp 14.000.000
Digunakan Selama / Sisa Digunakan15
Beban Sewa / Sewa Dibayar Dimuka Rp 2.333.333 Rp 11.666.667

Jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka apabila sewa bangunan telah berjalan selama satu tahun sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Sewa Dibayar Dimuka Rp 14.000.000
Kas Rp 14.000.000
(Jurnal Pembayaran Sewa Bangunan)
31/12/2021Beban Sewa Rp 2.333.333
Sewa Dibayar Dimuka Rp 2.333.333
(Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka)

Baca Juga: Persamaan Dasar Akuntansi 25 Transaksi dan Pembahasannya

Demikian contoh jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka gedung dan kendaraan yang menjadi materi akuntansi pengantar kelas 12. Perusahaan dagang dan perusahaan jasa perlu melakukan penyesuaian agar transaksi sesuai keadaan keuangan yang sebenarnya terjadi untuk menjalankan operasionalnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka Gedung dan Kendaraan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel