Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang, Jasa dan Manufaktur

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan dagang, jasa dan manufaktur dilakukan sebagai upaya membalik jurnal penyesuaian yang pernah dibuat. Tujuan pembuatan jurnal pembalik adalah memudahkan administrasi pencatatan transaksi di periode selanjutnya tentang dasar akrual seperti piutang dan utang dagang.

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan jasa, dagang dan manufaktur diperbolehkan untuk mendebit dan mengkreditkan nilai transaksi jurnal penyesuaian. Siklus akuntansi adalah proses menganalisis transaksi bisnis dengan membuat jurnal umum, posting ke buku besar sampai tersusunnya laporan posisi keuangan.

Akun yang memerlukan jurnal pembalik adalah biaya dan pendapatan dibayar dimuka, penghasilan dan beban yang masih harus diterima. Akun piutang perlu dibuat jurnal pembalik karena adanya upaya menyederhanakan transaksi agar dapat menunjukkan keuntungan maksimal yang didapatkan perusahaan.

Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang, Jasa dan Manufaktur

Pengertian dan Tujuan Jurnal Pembalik

Pengertian jurnal pembalik menurut para ahli adalah pencatatan yang dilakukan perusahaan untuk menyederhanakan transaksi bagi entitas dagang, manufaktur dan jasa. Kapan jurnal penyesuaian kembali dibuat? tentu diawal periode menyesuaikan kebijakan fiskal dan moneter yang diberlakukan manajemen.

Tujuan dan fungsi jurnal pembalik adalah memudahkan perhitungan pendapatan bunga dan pembayaran gaji karyawan. Penentuan biaya overhead pabrik aktual harus dibandingkan dengan biaya overhead pabrik dibebankan untuk menentukan jumlah anggaran yang dibutuhkan agar aktivitas produksi tetap berjalan.

Fungsi dan tujuan jurnal pembalik tidak diwajibkan dibuat perusahaan. Pengertian jurnal penyesuaian kembali atau jurnal pembalik adalah jurnal yang membalikkan isi dari jurnal penyesuaian yang telah dibuat. Isi jurnal pembalik adalah nama akun dan saldo rupiah sesuai jurnal penyesuaian dibuat sebelumnya.

Baca Juga:

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pembalik pada Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik pada perusahaan dagang, jasa dan manufaktur tidak wajib disenggarakan. Kebijakan akuntansi di perusahaan memperbolehkan seorang akuntan membalik transaksi dengan adanya bukti transaksi berupa memo dan persetujuan dari pejabat perusahaan yang berwenang.

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan jasa dan manufaktur disebut reversing entries. Double entrining system atau pembukuan berganda mewajibkan perusahaan melakukan pencatatan transaksi yang melibatkan minimal penggunaan dua akun seperti transaksi kas dengan pendapatan jasa.

Soal dan jawaban jurnal pembalik perusahaan dagang terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki beban gaji karyawan sebesar Rp 4.600.000. Kebijakan pembayaran upah dan gaji akan dilaksanakan setiap tanggal 15 bulan berikutnya, akuntan perusahaan telah membuat jurnal penyesuaian sebagai berikut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2021Beban Gaji Rp 4.600.000
Hutang Gaji Rp 4.600.000
(Jurnal penyesuaian pembayaran gaji karyawan)

Baca Juga:

Cara Membuat Jurnal Pembalik dan Contoh Perhitungannya

Bagaimana cara menyusun jurnal pembalik perusahaan dagang, jasa dan manufaktur harus mengikuti siklus akuntansi yang berjalan. Pencatatan jurnal penyesuaian kembali dibuktikan dengan adanya memorial yang diterbitkan oleh manajer akuntansi atau pejabat perusahaan yang berwenang.

Cara membuat jurnal pembalik dan contoh perhitungan jurnal penyesuaian berfungsi menyederhanakan transaksi. Akun-akun yang memerlukan jurnal pembalik wajib diselenggarakan agar dapat mengikuti kebijakan akuntansi di perusahaan. Kapan jurnal pembalik dibuat? Yaitu pada awal periode selanjutnya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/06/2021Hutang Gaji Rp 4.600.000
Beban Gaji Rp 4.600.000
(Jurnal pembalik hutang gaji karyawan)

Adanya pembuatan jurnal pembalik berakibat pada jurnal penyesuaian bersaldo nol. Oleh karena itu, perusahaan dianggap belum mengakui dan membayarkan gaji karyawan periode lalu. Maka, jurnal pembayaran hutang gaji dan upah karyawan yang dibayarkan setiap tanggal 15 bulan selanjutnya adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
15/06/2021Beban Gaji Rp 4.600.000
Kas Rp 4.600.000
(Jurnal membayar gaji karyawan)

Baca Juga:

Demikian contoh soal jurnal pembalik perusahaan dagang, jasa dan manufaktur akuntansi pengantar. Fungsi dan tujuan pembuatan jurnal pembalik hanyakan memudahkan pencatatan transaksi periode selanjutnya. Akun-akun yang memerlukan jurnal pembalik adalah piutang dan hutang yang diakui periode sebelumnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang, Jasa dan Manufaktur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel