Contoh Soal dan Jawaban Economical Order Quantity

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban economical order quantity menjadi langkah perusahaan dalam mempertimbangkan inventasi manajemen persediaan barang dagang. Set-up cost menjadi biaya yang berubah bergantung pada frekuensi pesanan yang dilakukan perusahaan kepada para supplier entitas.

Rumus dan perhitungan economical order quantity menjadi pertimbangan perusahaan untuk menentukan biaya minimal ketika melakukan pembelian bahan baku. Biaya penyimpanan dan pemeliharaan barang digudang menjadi alasan perusahaan dapat mengkontrak bangunan atau kendaraan beserta pembayaran pajak penghasilannya.

Economical order quantity terdiri dari set-up cost dan carrying cost. Seluruh biaya tetap dan biaya variabel perlu dipertimbangkan dalam rangka memperoleh pengeluaran kas seminimal mungkin agar perusahaan memperoleh laba bersih. Materi inventasi dalam persediaan terdiri dari biaya penyimpanan, rasio perputaran persediaan dan titik pemesanan barang kembali.

Contoh Soal dan Jawaban Economical Order Quantity

Pengertian dan Rumus Economical Order Quantity

Pengertian eoq adalah jumlah pembelian minimal yang harus dibeli perusahaan agar memperoleh harga termurah yang ditawarkan supplier. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah pembelian optimal diantaranya biaya penyimpanan dan biaya ketika dilaksanakan proses produksi seperti biaya kirim pesanan.

Jumlah pembelian minimal atau economical order quantity menjadi momentum perusahaan untuk membeli bahan baku dengan harga termurah yang ditawarkan pelanggan. Carrying cost atau storage adalah biaya yang akan berubah bergantung pada jumlah persediaan barang yang akan disimpan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi eoq diantaranya biaya persiapan produksi dan biaya penyimpanan. Biaya penyimpanan akan bertambah ketika material yang dibeli bertambah dan biaya persiapan produksi akan bertambah ketika jumlah barang yang dipesan lebih sedikit dari yang seharusnya dilaksanakan.

Baca Juga: Pengertian Reorder Point dan Contoh Soalnya

Contoh Soal Eoq dan Jawabannya

Contoh soal eoq dan jawabannya dilakukan setelah perusahaan memperoleh penawaran jumlah barang minimal yang harus diorder untuk memperoleh harga terbaik dari supplier. Perusahaan hendaknya menentukan jumlah persediaan minimal sebelum dapat melaksanakan order bahan baku kembali.

Contoh soal dan jawaban eoq bahan baku dan persediaan barang jadi hendaknya mempertimbangkan seluruh kemungkinan terjadinya kegagalan proses produksi. Biaya persiapan produksi disebut set-up cost seperti biaya pengiriman, biaya penerimaan barang digudang dan biaya proses penentuan jumlah barang yang dipesan.

Contoh soal econominal order quantity dan jawabannya terjadi pada PT Kakraffi yang akan memesan bahan baku dengan harga Rp 20. Biaya penyimpanan dan pemeliharaan barang digudang sebesar 50% dari jumlah rata-rata persediaan. Biaya pesanan setiap kali pemesanan adalah Rp 150. Berapakah jumlah minimal order yang harus dilakukan?

Baca Juga: Rumus dan Contoh Soal Inventory Turnover

Cara Menghitung Safety Stock dan Eoq

Cara menghitung safety stock dan eoq merupakan bagian dari investasi dalam persediaan barang dagang. Rasio perputaran persediaan barang dipengaruhi oleh biaya penyimpanan, biaya pemesanan bahan baku dan biaya tetap seperti pemeliharaan gudang serta kemungkinan terjadinya kerusakan barang dagang.

Cara menghitung economical order quantity dilakukan sebagai dasar pembuatan keputusan tentang alokasi seluruh pengeluaran perusahaan. Sistem pengendalian internal persediaan mengharuskan perusahaan melaksanakan sistem tender untuk memperoleh harga minimal. Contoh perhitungan eoq dan jawabannya adalah:

EOQ = √ 2 x 1.000 x 150 / 20 x 50%
EOQ = 30.000 unit

Hubungan biaya pemesanan, biaya penyimpanan barang dan jumlah barang yang dipesan akan berpengaruh terhadap arus kas perusahaan. Procurement lead time adalah waktu yang dimulai dari usaha-usaha memperoleh persediaan barang dagang sampai datang ke gudang perusahaan.

Baca Juga: Perbedaan Biaya Variabel dan Biaya Tetap

Demikian contoh soal dan jawaban economical order quantity yang diterangkan inventasi dalam persediaan. Penyebab rasio perputaran persediaan rendah adalah jumlah plan produksi yang tidak sesuai jumlah barang yang dikeluarkan dari gudang sebagai penjualan barang ditahun berjalan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Economical Order Quantity"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel