Contoh Soal PPn Lebih Bayar dan PPn Kurang Bayar

Konten [Tampil]

Contoh soal ppn lebih bayar dan ppn kurang bayar berkaitan dengan ppn masukan dan ppn keluaran dalam akuntansi. Vat-in dan vat-out dalam akuntansi diartikan sebagai pemungutan pajak pertambahan nilai yang telah dilaporkan perusahaan melalui aplikasi e-faktur dengan diberikannya faktur pajak penjualan atau pembelian.

Contoh soal ppn masukan dan ppn keluaran dan jurnalnya dilaksanakan dalam rangka memperoleh tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan oleh wajib pajak. Contoh kasus ppnbm di indonesia terbaru seperti adanya pembelian pesawat dan kendaraan mewah dan minuman-minuman beralkohol.

Jurnal penyesuaian ppn masukan dan ppn keluaran dalam akuntansi harus diselesaikan setiap masa pajak. Utang ppn adalah hutang perusahaan dikarenakan adanya pajak keluaran lebih banyak daripada pajak masukan. Masa berlaku faktur pajak yang telah diterbitkan adalah 3 bulan dari tanggal diterbitkannya faktur tersebut.

Contoh Soal PPn Lebih Bayar dan PPn Kurang Bayar


Apa itu PPn Masukan dan PPn Keluaran

PPn masukan dan ppn keluaran dalam laporan posisi keuangan tidak akan dinampakkan karena entitas langsung membayarkan ppn lebih bayar dan ppn kurang bayar. PPn nilai berarti perusahaan tidak perlu membayarkan kekurangan pemungutan pajak pertambahan nilai dari penyerahan jasa dan barang kena pajak.

PPn keluaran adalah pajak pertambahan nilai dari transaksi penjualan barang atau jasa oleh pengusaha kena pajak. Ppn keluaran disebut juga VAT-Out. Jurnal penjualan dengan ppn dan pph pasal 23 dilaksanakan untuk memotongkan jasa yang diserahkan kepada pelanggan perusahaan.

PPn masukan adalah pemungutan atas tambahan nilai dari transaksi pembelian bahan baku. PPn masukan hanya dapat dikreditkan dalam waktu 3 bulan sejak diterbitkannya faktur pajak. Oleh karena itu, entitas harus meminta kepada supplier untuk menyerahkan faktur pajak bersamaan dengan tagihannya.

Baca Juga: Contoh Jurnal Transaksi Penjualan dan Pembelian dari Toko Online

PPN Masukan dan PPN Keluaran dalam Laporan Posisi Keuangan

PPn masukan dan ppn keluaran dalam laporan posisi keuangan tidak akan muncul ketika perusahaan telah membayarkan ppn kurang bayar dan ppn lebih bayar. PPn kurang bayar mengakibatkan perusahaan memiliki hutang pajak yang harus dibayarkan kepada negara paling lambat akhir bulan selanjutnya.

PPn masukan dan ppn keluaran dalam laporan posisi keuangan dikaitkan dengan adanya pertimbangan manfaat ekonomis yang diterimanya. Contoh soal pilihan ganda dan essay ppn dan ppnbm digunakan sebagai sarana melaksanakan ujian tengah semester dan ujian akhir semester materi perpajakan.

Jika pajak masukan lebih besar daripada pajak keluaran maka perusahaan dapat mengkreditkan faktur pajak yang diterimanya. Transaksi yang tidak dikenakan ppn adalah jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa asuransi dan jasa keuangan. Penyerahan barang yang tidak dikenakan ppn adalah transaksi bahan pokok.

Baca Juga: Cara Menghitung Kredit Pajak Luar Negeri PPh Pasal 24

Contoh Soal PPn Lebih Bayar dan PPn Kurang Bayar

Contoh soal ppn lebih bayar dan ppn kurang bayar dikarenakan adanya pertimbangan keuntungan yang didapatkan perusahaan. Laba ditahan adalah keuntungan perusahaan yang tidak dibagikan kepada para pemilik yang berguna untuk menambahkan modal perusahaan agar dapat bersaing dengan entitas lainnya,

Contoh soal ppn masukan dan ppn keluaran dalam laporan posisi keuangan terjadi pada PT Kakraffi yang melaporkan faktur pajak keluaran sebesar Rp 49.785.000 dan faktur pajak masukan sebesar Rp 24.638.000. Bagaimana jurnal ppn lebih bayar dan ppn kurang bayar yang harus disetorkan perusahaan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2021Persediaan Rp 24.638.000
PPN masukan Rp 2.463.800
Kas Rp 27.101.800
(Jurnal Pembelian Barang Dagang)
16/09/2021Kas Rp 54.763.500
Penjualan Rp 49.785.000
PPN Keluaran Rp 4.978.500
HPP Rp 24.638.000
Persediaan Rp 24.638.000
(Jurnal Penjualan Barang Dagang Metode Perpetual)

Jurnal ppn kurang bayar, ppn lebih bayar dan ppn nihil harus dilaksanakan karena menyangkut transaksi periode sebelumnya. Adanya pemotongan pajak pertambahan nilai dikarenakan perusahaan telah mencapai omzet sebesar 4,88 miliar dalam tahun pajak. Jurnal pembayaran ppn kurang bayar adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/09/2021PPN Keluaran Rp 4.978.500
PPN Masukan Rp 2.463.800
Kas Rp 2.514.700
(Jurnal Membayarkan SPT Masa atau E-faktur)

Baca Juga: Contoh Soal PPn dan PPnbm dalam Akuntansi

Demikian contoh soal ppn lebih bayar dan ppn kurang bayar semoga dapat membantu menjawab pertanyaan pilihan ganda dan soal essay ppn dan ppnbm. Perbedaan ppn dan ppnbm adalah tarif pajak dan objek pajak yang dikenakan atas barang tertentu.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal PPn Lebih Bayar dan PPn Kurang Bayar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel