Contoh Soal Retur dan Potongan Penjualan Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal retur dan potongan penjualan perusahaan dagang dan jasa dapat dilakukan entitas ketika memperoleh keuntungan ditahun berjalan. Potongan atau diskon akan memberikan kesempatan bagi pembeli untuk melaksanakan transaksi pembelian dan penjualan dimasa depan dengan kerjasamanya.

Jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan adalah menggunakan akun pendapatan dan harga pokok penjualan. Retur pembelian dan penjualan biasanya terjadi ketika entitas mengalami kesalahan produksi dan pengiriman barang kepada pelanggan yang tidak sesuai spesifikasi yang diminta.

Retur dan potongan penjualan akan dilaksanakan perusahaan dengan mengurangi pajak pertambahan nilai. Pembelian dan penjualan perusahaan jasa dan dagang berlangsung dari pelanggan dan supplier. Perbedaan akun riil dan akun nominal tentu berpengaruh terhadap laporan posisi keuangan yang diberikan perusahaan.

Contoh Soal Retur dan Potongan Penjualan Perusahaan Dagang


Pengertian Retur dan Diskon Penjualan

Retur penjualan menurut para ahli adalah transaksi yang terjadi karena perusahaan memberikan produk tidak sesuai spesifikasi yang diminta pelanggan. Pelanggan mengirimkan barang yang telah diterimanya untuk diproses menjadi produk yang dipesan. Oleh karena itu, pelanggan wajib menerbitkan nota retur.

Diskon penjualan menurut para ahli adalah transaksi pemotongan harga jual yang diberikan kepada pelanggan karena membayar tepat waktu dan memenuhi persyaratan jual beli. Potongan penjualan akan mengurangi jumlah pemungutan pajak pertambahan nilai yang dipotong perusahaan.

Retur dan potongan penjualan akan dianggap sebagai akun kontra pendapatan. Akun kontra adalah akun yang memiliki saldo berkebalikan dari saldo normalnya. Transaksi apa saja yang dicatat dalam jurnal khusus yaitu transaksi yang tidak berkaitan dengan penjualan dan pembelian barang jadi.

Baca Juga: Masalah-Masalah Transaksi Penjualan Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh Soal dan Jurnal Retur Penjualan

Contoh soal dan jurnal retur penjualan perusahaan dagang dan jasa akan menggunakan akun nominal. Akun nominal adalah akun yang digunakan untuk melaporkan laba dan rugi selama satu periode akuntansi. Akun nominal akan berakhir ketika perusahaan melaporkan laporan posisi keuangannya.

Contoh soal dan jawaban retur penjualan perusahaan jasa terjadi pada PT Kakraffi yang memperoleh penghasilan sebesar Rp 89.050.000. Pembeli mengirimkan kembali barang dagang karena adanya kerusakan produk sebesar 40%. Bagaimana cara membuat jurnal umum transaksi retur penjualan?

Jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi retur penjualan dan pembelian harus diselenggarakan segera setelah barang diterima kembali digudang penjual. Retur pembelian dan retur penjualan biasanya terjadi karena ketidaksesuaian produk yang dipesan pembeli. Adapun jurnal retur penjualan yang dibuat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/06/2021Kas Rp 97.955.000
Penjualan Rp 89.050.000
PPN Rp 8.905.000
(Jurnal Mencatat Transaksi Penjualan)
16/06/2021Retur Penjualan Rp 35.620.000
PPN Rp 3.562.000
Kas Rp 39.182.000
(Jurnal mencatat Transaksi Retur Penjualan)

Baca Juga: Komponen Laporan Laba Rugi Komprehensif

Jurnal dan Contoh Soal Diskon Penjualan

Contoh soal dan jurnal diskon penjualan terjadi ketika pembeli membayarkan tagihan sesuai jangka waktu yang diminta penjual. Jurnal khusus yang dipakai untuk mencatat transaksi pengeluaran kas dari berbagai macam pengeluaran adalah jurnal pengeluaran kas dan pemasukan kas metode perpetual atau periodik.

Jurnal dan contoh soal potongan penjualan perusahaan dagang dan jasa dilaksanakan perusahaan setelah mendapatkan persetujuan pengurangan tagihan. Faktur pajak harus diperhitungkan dari penjualan bersih dikurangi diskon penjualan yang digunakan sebagai dasar pemotongan pajak.

Contoh soal diskon penjualan dan jawabannya terjadi pada PT Kakraffi yang memberikan potongan kepada pelanggannya dengan termin pembayaran 2/10 n/30. Jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagang secara kredit tentu melibatkan hutang piutang.

TanggalKeterangan Debit Kredit
10/06/2021Piutang Rp 87.269.000
Diskon Penjualan Rp 1.781.000
Kas Rp 89.050.000

Baca Juga: Jurnal Penutup Pendapatan dan Biaya

Demikian contoh soal retur dan potongan penjualan perusahaan dagang dan jasa semoga dapat membantu membuat jurnal umum dan jurnal khusus. Laporan laba rugi harus mencerminkan kinerja keuangan perusahaan selama satu periode agar didapatkan keuntungan produksi.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Retur dan Potongan Penjualan Perusahaan Dagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel