Jurnal Penutup; Contoh Soal dan Tujuan Pembuatan

Konten [Tampil]

Jurnal penutup adalah pencatatan akuntansi untuk mengakhiri penggunaan akun nominal yaitu pendapatan, beban dan prive pemilik modal. Akun apa saja yang ada dalam jurnal penutup untuk perusahaan dagang dan jasa adalah akun nominal yang tidak akan dibawa ke periode selanjutnya.

Contoh soal jurnal penyesuaian dan jurnal penutup diperlukan agar perusahaan dapat menaksir keuntungan periode berjalan. Dokumen yang digunakan untuk menyusun jurnal penutup adalah memo akuntansi. Laporan laba rugi akan memberitahukan laba ditahan yang harus diakui periode tersebut.

Contoh soal jurnal penutup akuntansi pengantar dapat berupa soal essay dan pilihan ganda. Mengapa penutupan pembukuan diperlukan? karena perusahaan harus dapat menaksir keuntungan yang diperoleh selama satu periode yang dilaporkan kepada para pembuat keputusan taktis di masa mendatang.

Jurnal Penutup; Contoh Soal dan Tujuan Pembuatan


Mengapa Jurnal Penutup Diperlukan?

Mengapa jurnal penutup diperlukan karena entitas harus mempertimbangkan pembatasan periode pelaporan keuangan. Prinsip keberlanjutan usaha harus dilaksanakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menjalankan kerjasama dengan lawan transaksinya.

Tujuan pembuatan jurnal penutup adalah mengakhiri penggunaan rekening nominal untuk mempertanggungjawabkan pendapatan kena pajak. Perusahaan di akhir tahun fiskal harus membayarkan pajak penghasilan badan tahunan ketika entitas memperoleh laba rugi dari aktivitas ekonomisnya.

Mengapa jurnal penutup diperlukan karena berfungsi mengnolkan saldo pendapatan dan beban yang dialokasikannya ke laba ditahan. Pengertian laba ditahan adalah selisih antara pendapatan dan biaya yang digunakan untuk kegiatan produksi yang terutang pajak penghasilan tahunan badan.

Baca Juga: Kesalahan-Kesalahan Pembuatan Jurnal Penutup

Cara Membuat Jurnal Penutup

Cara membuat jurnal penutup harus dilaksanakan akuntan dengan memperhitungkan seluruh faktur penjualan dan ongkos kirim yang ditagihkan ke pelanggan. Dokumen yang digunakan untuk mencatat  jurnal penutup adalah total faktur penjualan dan seluruh pengeluaran perusahaan di periode pemeriksaan.

Langkah-langkah menyusun jurnal penutup dapat dilaksanakan akuntan setelah melaporkan keuntungan ditahun berjalan. Perusahaan dapat menggunakan akun ikhtisar laba rugi untuk mencatat transaksi akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan di tahun pajak berjalan.

Cara menyusun jurnal penutup perusahaan dagang dan jasa hampir sama yaitu mencatat akun pendapatan, akun beban dan akun prive yang dikeluarkan perusahaan. Langkah-langkah membuat jurnal penutup yang benar harus diselenggarakan agar pencatatan akuntansinya sesuai standar akuntansi keuangan yaitu:

  • Menutup akun pendapatan dan beban
  • Membebankan prive ke modal pemilik saham
  • Menghitungkan selisih akun ikhtisar laba rugi ke laba ditahan.

Baca Juga: Siklus Akuntansi Selama Satu Periode

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Penutup

Contoh soal dan jawaban jurnal penutup akuntansi pengantar dapat berbentuk pilihan ganda dan soal essay. Saldo akhir periode untuk akun riil akan dibawa ke periode selanjutnya dan digunakan sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan. Contoh akun riil adalah seluruh aktiva, liabilitas dan modal pemilik.

Contoh soal jurnal penutup perusahaan dagang terjadi pada PT Kakraffi yang melaporkan pendapatan sebesar Rp 105.240.000. PT Kakraffi mengeluarkan biaya sebesar Rp 42.897.000 dan pemilik saham telah mengambil modal sebesar Rp 1.468.000. Bagaimana jurnal penutup yang harus dibuat?

TanggalKeteranganDebit Kredit
31/08/2021Pendapatan Rp 105.240.000
Ikhtisar Laba Rugi Rp 62.343.000
Biaya Rp 42.897.000
(Menutup Akun Pendapatan dan Biaya)
31/08/2021Ikhtisar Laba Rugi Rp 62.343.000
Prive Rp 1.468.000
Ekuitas Rp 60.875.000
(Menutup Akun Prive)

Baca Juga: Pengertian Aktiva Tetap Menurut Para Ahli

Demikian contoh soal dan tujuan pembuatan jurnal penutup akuntansi pengantar semoga dapat membantu mencatat penutupan pembukuan dan penyusuaian akhir periode. Bedanya akun riil dan nominal diperlukan agar proses mengakhiri periode akuntansi dapat dijalankan.

Belum ada Komentar untuk "Jurnal Penutup; Contoh Soal dan Tujuan Pembuatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel