Persekutuan; Pengertian, Karakteristik, Manfaat dan Tujuan

Konten [Tampil]

Pengertian persekutuan menurut para ahli diberlakukan karena berkaitan dengan materi akuntansi keuangan menengah. Karakteristik, manfaat dan tujuan didirikannya firma harus diterangkan dalam proses pembuatan akta pendirian agar sekutu dapat mengetahui hak dan tanggungjawab ketika menjalankan kegiatan usaha.

Manfaat dan tujuan didirikannya persekutuan dapat dilakukan agar perusahaan menyesuaikan kebijakan akuntansi yang dapat diterapkan diperusahaan. Sekutu dalam firma merupakan pemilik modal yang dapat mewakili sekutu lain ketika berinteraksi dengan lawan transaksi yang berasal dari luar perusahaan.

Karakteristik firma terbentuk untuk membedakan antara persekutuan dan perseroan terbatas. Persekutuan komanditer terdiri dari sekut aktif dan sekutu pasif yang bekerja sama dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Contoh soal akuntansi pendirian firma terdapat pada materi akuntansi keuangan lanjutan.

Persekutuan; Pengertian, Karakteristik, Manfaat dan Tujuan


Pengertian Persekutuan Menurut Akuntansi Keuangan

Pengertian persekutuan menurut akuntansi keuangan adalah akad kerjasama yang diselenggarakan oleh seseorang karena adanya perubahan struktrur organisasi di perusahaan tersebut. Sekutu dapat menyetorkan modal awal berupa kas dan setara kas yang dipergunakan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan.

Definisi persekutuan menurut para ahli adalah jenis usaha yang dilaksanakan dua orang atau lebih yang telah bersepakat menjalankan suatu bentuk usaha. Tujuan didirikannya persekutuan adalah memperoleh keuntungan atas segala beban atau pengorbanan yang dilakukan sekutu di masa sebelumnya.

Pengertian persekutuan menurut para ahli adalah bentuk perusahaan dimana terjadi pemisahan kekayaan antara pemilik perusahaan dan harta pribadi. Sekutu harus berperan aktif dalam membangun usaha agar dapat penghasilan yang diperuntukkan menambah modal kerja firma dimasa mendatang.

Baca Juga: Contoh Kasus Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Akta Pendirian Persekutuan Firma

Contoh akta pendirian persekutuan firma berlangsung agar perusahaan memperoleh kesepatakan perjanjian yang terjadi. Usia firma yang memiliki umur terbatas disebut limited life. Persekutuan akan berakhir ketika terjadi perubahan terhadap struktur organisasi terutama perubahan pemilikan modal.

Manfaat dan tujuan didirikannya persekutuan adalah memperoleh laba ditahun berjalan untuk menambah modal kerja. Laporan posisi keuangan berperan sebagai pemberi informasi tentang kondisi keuangan yang terjadi ketika menjalankan kegiatan operasional perusahaan setiap bulannya.

Akta pendirian firma persekutuan harus disepakati masing-masing sekutu ketika menjalankan organisasi. Informasi dalam akta pendirian persekutuan terdiri dari beberapa hal sebagai berikut:

  1. Nama dan jenis usaha.
  2. Modal ditanamkan dan modal disetorkan.
  3. Hak dan tanggungjawab masing-masing sekutu
  4. Pembagian laba rugi persekutuan.
  5. Prosedur penerimaan sekutu baru, pelepasan sekutu lama dan pembubaran persekutuan.
  6. Syarat-syarat mengajukan prive.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan dan Jawabannya

Karakteristik Persekutuan

Karakteristik persekutuan berguna untuk membedakan antara persekutuan dan perseroan terbatas. Dalam pembuatan usaha persekutuan harus dapat menjelaskan hak dan tanggungjawab masing-masing sekutu ketika menjalankan kegiatan produksi. Prinsip macthing cost againt revenue harus diterapkan oleh perusahaan.

Karakteristik persekutuan yaitu mutual agency. Mutual agency adalah tindakan sekutu yang dianggap mewakiliki sekutu lain. Unlimited liability artinya persekutuan harus mempertanggungjawabkan hutang yang dideritanya ketika melakukakan pembubaran persekutuan diakhir periode akuntansi.

Tujuan dan karakteristik firma akan diterapkan ketika mengerjakan contoh soal akuntansi pendirian persekutuan. Bagi sekutu, adanya persekutuan dapat menambah modal bekerja dan memperoleh penghasilan tambahan yang tidak dikenakan pajak penghasilan karena bukan objek pph.

Baca Juga: Cara Download Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di IDX

Video Pembelajaran Persekutuan

Video pembelajaran persekutuan akan menerangkan materi akuntansi keuangan lanjutan yang berguna untuk presentasi dalam bentuk ppt atau video. 

Agar dapat dipahami pengertian persekutuan menurut para ahli, maka dapat dilihat video dibawah ini.

Demikian pengertian, karakteristik, manfaat dan tujuan dari akta pendirian persekutuan. Materi firma menjadi bagian akuntansi keuangan lanjutan yang harus dikerjakan oleh sekutu dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. 

Belum ada Komentar untuk "Persekutuan; Pengertian, Karakteristik, Manfaat dan Tujuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel