Contoh Masalah Yang Timbul dalam Penjualan Konsinyasi

Konten [Tampil]

Contoh masalah yang timbul dalam penjualan konsinyadi dapat terjadi pada komisioner dan pengamanat. Bagi komisioner, pemberian uang muka konsinyasi dan barang yang tidak dapat diperjualbelikan sampai akhir periode mengakibatkan jumlah penghasilan komisi yang berkurang dari kesepakatan yang dilakukan.

Contoh soal penjualan konsinyasi dan jawabannya melibatkan pengakuan laba diakui secara terpisah dan laba diakui secara tak terpisah dari penjualan reguler. Bedanya penjualan konsinyasi dan penjualan angsuran adalah pemberian komisi dan cicilan atas barang kena pajak yang diserahkan kepada pihak ketiga.

Isi perjanjian penjualan konsinyasi melibatkan aturan yang disepakati antara pengamanat dan komisioner. Perhitungan penghasilan komisi dan biaya yang dapat digantikan oleh pengamanat harus disertakan laporan penjualan konsinyasi. Contoh laporan penjualan konsinyasi harus dibuat oleh komisioner setiap periodenya.

Contoh Masalah Yang Timbul dalam Penjualan Konsinyasi


Pencatatan Uang Muka untuk Barang Konsinyasi

Pencatatan uang muka untuk barang konsinyasi hendaknya menyesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan. Barang konsinyasi adalah persediaan yang diserahkan kepada pihak ketiga dalam rangka meminta untuk dibantu memperjualbelikan kepada konsumen akhir dalam rangka pengenalan produk.

Pencatatan uang muka untuk barang konsinyasi hendaknya mengikuti aturan kebijakan tentang pengakuan uang muka konsinyasi. Uang muka konsinyasi menjadi tambahan harta benda komisioner yang dijadikan jaminan bahwa komisioner dapat mencapai target yang telah ditentukan oleh pengamanat pada periode tersebut.

Pencatatan uang muka penjualan konsinyasi tentu dapat dikurangkan dari kas yang harus diberikan kepada pengamanat pada akhir periode. Laporan penjualan konsinyasi berisikan informasi tentang pendapatan dan biaya yang telah dikeluarkan komisioner atas barang konsinyasi yang dikirimkan.

Baca Juga: Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Isi Perjanjian Penjualan Konsinyasi

Isi perjanjian penjualan konsinyasi berisikan kesepatan yang telah dilakukan pihak-pihak dalam rangka menjalankan kegiatan jualbeli dengan pihak ketiga. Bagi pengamanat, isi perjanjian akan membantu meminta penghasilan komisi atas penjualan barang konsinyasi yang telah berhasil dilakukan setiap periodenya.

Isi perjanjian dalam penjualan konsinyasi tentu bermanfaat bagi pengamanat karena akan menentukan sejauh mana biaya penjualan dapat dimintakan pergantian. Pembukaan kantor cabang, kantor pusat dan kantor agen seharusnya dilakukan agar biaya pemasaran atas produk baru semakin kecil.

Barang konsinyasi yang belum laku sampai akhir periode berakibat pada penghasilan yang diterima oleh komisioner. Isi perjanjian dalam penjualan konsinyasi akan menentukan jumlah persentase komisi yang diberikan dan pengamanat dapat menghemat biaya pemasaran terutama bagi produk baru laku.

Baca Juga: Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Penjualan Konsinyasi

Contoh Kasus Penjualan Konsinyasi dan Pembahasannya

Contoh kasus penjualan konsinyasi dan pembahasannya merupakan bagian dari upaya perusahaan meningkatkan volume penjualan dengan memberikan wewenang kepada pihak lain untuk jualbeli. Hak cipta atas barang konsinyasi akan ditentukan ketika syarat dan harga diberikan oleh pengamanat.

Contoh masalah yang timbul dalam penjualan konsinyasi seperti penjualan angsuran atau penjualan cicilan. Penjualan konsinyasi menurut para ahli adalah jualbeli barang yang dilakukan dengan memanfaatkan pihak ketiga untuk menjualkan produk perusahaan kepada konsumen akhir.

Contoh soal masalah penjualan konsinyasi terjadi pada PT Kakraffi yang menyerahkan barang konsinyasi senilai Rp 8.000.000 kepada CV Accounting. Sesuai isi perjanjian konsinyasi maka CV Accounting memberikan uang muka sebagai jaminan dapat melaksanakan tanggungjawab penjualan. 

Adapun jurnal uang muka penjualan konsinyasi bagi komisioner adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Uang Muka Konsinyasi Rp 800.000
Kas Rp 800.000

Baca Juga: Contoh Kasus Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang

Demikian contoh masalah yang timbul dalam penjualan konsinyasi semoga dapat membantu membuat makalah akuntansi keuangan lanjutan. Agar catatan atas laporan penjualan konsinyasi menyesuaikan kebijakan diperusahaan maka harus dibuatkan jurnal uang muka barang konsinyasi

Belum ada Komentar untuk "Contoh Masalah Yang Timbul dalam Penjualan Konsinyasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel