Cara Membuat Laporan Harga Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Cara membuat laporan harga pokok produksi perusahaan manufaktur menjadi materi sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akuntansi biaya. Biaya pokok produksi adalah pengeluaran perusahaan dalam rangka menciptakan persediaan barang jadi untuk dipergunakan sebagai sarana memperoleh penghasilan.

Rumus untuk menghitung harga pokok produksi adalah brainly menjadi jawaban bagi perusahaan yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi. Proses produksi barang jadi perusahaan manufaktur akan melalui beberapa departemen. Departemen adalah segmen yang menggunakan sumber daya perusahaan.

Contoh soal dan jawaban harga pokok produksi 2 departemen menjadi pilihan bagi perusahaan dalam rangka menciptakan pendapatan. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses adalah sistem yang mengalokasikan seluruh pengeluaran perusahaan atas kegiatan produksi yang digunakan masing-masig departemen.

Rumus dan Metode Menghitung Harga Pokok Produksi

Rumus untuk menghitung harga pokok produksi adalah brainly harus diketahui oleh akuntan internal dalam rangka menentukan harga jual produk per satuan unit. Komponen yang menentukan biaya pokok produksi terdiri dari biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik atas jasa dan bahan penolong.

Cara menghitung harga pokok produksi akan digunakan perusahaan selama satu periode akuntansi. Laporan laba rugi komprehensif terdiri dari informasi pendapatan bersih dikurangi seluruh pengeluaran perusahaan dalam rangka kegiatan administrasi atau pemasaran produk yang diperjualbelikan kepada pelanggan.

Metode perhitungan dan rumus harga pokok penjualan menjadi dasar dalam pengenaan pajak tahunan badan. Apa itu HPP dan bagaimana cara menentukan biaya pokok produksi dapat dijalankan dengan menyatuan seluruh pengeluaran yang dapat ditelusuri dalam produk secara langsung atau tidak langsung.

Baca Juga: Pengertian Biaya Bahan Baku Menurut Para Ahli

Langkah-Langkah Membuat Laporan Harga Pokok Produksi

Langkah-langkah membuat laporan harga pokok produksi dijalankan oleh perusahaan dalam rangka menciptakan pendapatan kena pajak. Laporan laba rugi komprehensif dilakukan sebagai upaya perusahaan memperoleh penghasilan dari penjualan persediaan barang jadi di akhir periode.

Terdiri dari apa sajakah laporan harga pokok produksi yaitu schedul produksi, pembebaban biaya dan pertanggungjawaban biaya. Unit ekuivalen diciptakan sebagai sarana perusahaan memperoleh biaya per satuan hasil produksi yang berhasil dilaksanakan. Rumus HPP adalah persediaan awal dikurangi persediaan akhir.

Contoh soal laporan biaya pokok produksi 2 departemen menjadi materi sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses. Akuntansi biaya akan mempertanggungjawabkan seluruh pengeluaran dalam rangka menciptakan persediaan barang jadi bagi perusahaan. Adapun rincian pengeluaran produksi PT Kakraffi adalah:

KeteranganDepartemen Produksi
Produk dalam Proses Awal
- Departemen Produksi5000 Unit
(BB 100%, BK 70%)
- Departemen Pengemasan
(BB 100%, BK 80%)
Produk Masuk Proses dalam   Periode Berjalan
- Departemen Produksi1000 Unit
- Departmen Pengemasan
Produk dalam Proses Akhir
- Departemen Produksi4000 Unit
(BB 100%, BK 60%)
- Departemen Pengemasan
(BB 100%, BK 60%)
Biaya Produksi
Produk dalam Proses Awal
- Dari departemen produksi
- Biaya Bahan Rp 97.520.000
- Biaya tenaga kerja Rp 63.600.000
- Biaya Overhead Pabrik Rp 127.200.000
Periode Berjalan
- Biaya Bahan Rp 93.280.000
- Biaya tenaga kerja Rp 89.040.000
- Biaya Overhead Pabrik Rp 165.360.000

Baca Juga: Pengertian Biaya Tenaga Kerja Langsung Menurut Para Ahli

Cara Membuat Schedul Produksi Akuntansi Biaya

Cara membuat schedul produksi dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses akan menghasilkan informasi tentang persediaan barang jadi dan persediaan barang dalam proses. Persediaan barang dalam proses diakhir bulan akan digunakan diperiode selanjutnya untuk kegiatan produksi.

Cara membuat schedul produksi harus meminta informasi kepada manager produksi tentang jumlah unit yang berhasil diselesaikan sampai akhir periode. Adapun contoh laporan biaya pokok produksi perusahaan manufaktur dipembahasan pertama adalah pertanggungjawaban tentang unit yang berhasil dibuat.

Cara Menghitung Unit yang Ekuivalen Akuntansi Biaya

Unit ekuivalen adalah satuan hasil produksi yang berhasil diciptakan oleh perusahaan dalam rangka melaksanakan kegiatan produksi. Pertanggungjawaban biaya akan didasarkan unit ekuivalen karena akuntansi biaya berkaitan dengan proses penentuan harga satuan produk yang berhasil diciptakan.

Cara menghitung unit yang ekuivalen berdampak pada sistem perhitungan biaya berdasarkan proses. Laporan harga pokok produksi harus berhasil mempertimbangkan biaya bahan dan biaya konversi dalam rangka mengubah bahan baku langsung menjadi persediaan barang jadi yang dapat diperjualbelikan.

Cara Menghitung Pertanggungjawaban Biaya 2 Departemen

Cara menghitung pertanggungjawaban biaya 2 departemen harus dapat merepresentasikan informasi tentang produk hilang dan kerusakan dalam proses produksi. Adanya kemungkinan produk hilang selama proses produksi dapat terjadi karena entitas mempertanggungjawabkan pengeluaran perusahaan.

Contoh laporan biaya pokok produksi 2 departemen perusahaan manufaktur menjadi pertanggungjawaban biaya yang telah dikeluarkan perusahaan. Entitas akan melaksanakan kegiatan produksi terus menerus karena hanya memproduksi barang sesuai standar yang ditetapkan perusahaan.

Cara Membuat Laporan Harga Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur

Baca Juga: Bedanya BOP Applied dan BOP Aktual

Demikian cara membuat laporan harga pokok produksi 2 departemen. Laporan harga pokok penjualan terdiri dari pengeluaran kas yang digunakan perusahaan untuk menciptakan produk yang sesuai standar perusahaan dan melaksanakan kegiatan produksi secara terus menerus setiap periodenya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Laporan Harga Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel