Jurnal dan Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap

Konten [Tampil]

Jurnal dan contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap digunakan sebagai sarana perusahaan mengalokasikan kekayaan yang diperolehnya untuk kegiatan produksi. Pelepasan aset tetap dapat dilakukan perusahaan melalui penjualan, penghentian dan pertukaran dengan aktiva sejenis.

Cara menghentian aktiva tetap dapat melalui prosedur depresiasi dan penyusutan bagi entitas. Mengapa harga perolehan dan nilai buku berpengaruh terhadap keuntungan dan kerugian penghentian pemakaian aset tetap karena entitas harus mengalokasikan rugi dan laba ketika akhir periode akuntansi.

Penghentian pemakaian aset tetap harus dapat menghitung nilai buku ketika akhir periode. Nilai buku dihitung dari biaya perolehan dikurangi biaya penyusutan aktiva perusahaan yang telah digunakan untuk kegiatan produksi. Metode penyusutan aktiva tetap dapat menggunakan metode garis lurus atau saldo menurun berganda.

Jurnal dan Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap


Cara dan Alasan Penghentian Aset Tetap

Alasan penghentian aset tetap biasanya dilakukan perusahaan ketika aktiva tetap tidak mendatangkan manfaat diakhir periode. Perusahaan biasanya akan memperbaiki aset tersebut ketika perbaikan dapat menambah masa manfaat dan kualitas aktiva tetap yang dimiliki perusahaan untuk kegiatan produksi.

Bagaimana cara menghentikan pemakaian aktiva tetap dilaksanakan dengan perhitungan keuntungan dan kerugian ketika perusahaan menggunakan mesin dan bangunan tersebut. Prinsip materialitas berkaitan dampak transaksi perusahaan terhadap laporan posisi keuangan yang dilaporkan kepada otoritas perpajakan.

Kapan aktiva tetap diakhiri penggunaannya ketika tidak dirasakan manfaat lagi. Catatan atas laporan keuangan harus mengungkapkan dasar pengukuran, metode penyusutan, umur manfaat dan akumulasi penyusutan aktiva tetap agar dapat diakui sebagai beban pengurang penghasilan kena pajak tahunan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Melakukan Revaluasi Aktiva Tetap

Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal penghentian aktiva tetap dan jawabannya harus dilaporkan sebagai beban perusahaan periode berjalan. Penyusutan aset tetap adalah langkah alokasi biaya pembelian mesin dan bangunan selama usia manfaat yang ditetapkan oleh manajemen dan dibebankan selama periode tersebut.

Penghentian pemakaian aktiva tetap dapat dilakukan melalui penjualan, penghapusan bahkan pertukaran aset tetap. Revaluasi aset perusahaan dilaksanakan ketika entitas mendapatkan informasi bahwa nilai wajar dari aktiva diperkirakan naik sehingga perusahaan harus membayarkan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2.

Contoh soal dan jawaban penghentian pemakaian aset tetap dilaksanakan ketika entitas memperoleh keuntungan dan kerugian dari selisih biaya perolehan dan penyusutan. Nilai wajar adalah harga sekarang dari aktiva yang dibeli perusahaan dimasa lalu dan digunakan sebagai dasar pertukaran.

Baca Juga: Cara Menghitung Kredit Pajak Penghasilan Luar Negeri PSAK 24

Jurnal Laba Rugi Penghentian Aktiva Tetap

Jurnal laba rugi penghentian aktiva tetap dapat terjadi ketika perusahaan belum melaksanakan depresiasi secara penuh. Depresiasi penuh artinya perusahaan telah mengalokasikan seluruh biaya perolehan selama masa manfaat kegiatan produksi yang telah dilaksanakannya.

Penghentian pemakaian aset tetap dapat menghasilkan keuntungan dan kerugian bergantung pada nilai wajar di akhir periode. Adanya kas dan setara kas yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran aset tersebut dapat mendatangkan keuntungan sebab melebihi nilai wajar diawal periode akuntansi.

Contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki harga Rp 75.000.000 dengan masa manfaat 8 tahun. Pihak manajemen memutuskan menghentikan pemakaian mesin karena terjadi kerusakan dan biaya perbaikannya mahal di akhir tahun ketujuh. Bagaimana perhitungan laba dan rugi penghapusan aset tersebut?

Harga Perolehan Rp 75.000.000
Depresiasi Rp 65.625.000
Kerugian Perusahan Rp 9.375.000

Jurnal transaksi penghentian pemakaian aset tetap dan jawabannya dapat dilaksanakan ketika manajemen menyetujui penghapusan tersebut. Kerugian akibat penghentian aktiva tetap tidak dapat dijadikan sebagai beban pengurang penghasilan kena pajak di tahun berjalan. Adapun jurnal transaksinya adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
04/02/2021Akumulasi Depresiasii Rp 65.625.000
Beban Kerugian Penghentian Aset Tetap Rp 9.375.000
Mesin Rp 75.000.000

Baca Juga: Metode Penilaian Piutang Dagang

Demikian jurnal dan contoh soal penghentian aktiva tetap semoga dapat membantu menjawab pertanyaan wawancara akuntansi keuangan menengah.

Belum ada Komentar untuk "Jurnal dan Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel