Contoh Soal dan Cara Menghitung Selisih Biaya Overhead Pabrik

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung selisih biaya overhead pabrik timbul ketika tidak sesuainya anggaran yang ditetapkan ketika menjalankan kegiatan produksi. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam menentukan tarif biaya overhead pabrik dijadikan dasar pengajuan seluruh tagihan perusahaan pada periode tersebut.

Apa penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik adalah ketidaksesuaian overhead sesungguhnya dan overhead dibebankan pada periode tersebut. Bagaimana mekanisme dalam pengakuan biaya overhead pabrik ditentukan berdasarkan tingkat keuntungan dan kerugian yang didapatkan di tahun pajak berjalan.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik ditentukan berdasarkan tingkat kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan. Pertanyaan perlakukan selisih bop akan digunakan sebagai dasar menghitung harga pokok produksi dan penghasilan bruto atas penjualan yang telah dilaksanakan dalam suatu tahun.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Selisih Biaya Overhead Pabrik


Apa yang Dimaksud Selisih BOP

Selisih biaya overhead pabrik menurut para ahli adalah biaya yang timbul ketika perusahaan melaksanakan kegiatan produksi tetapi tidak berkaitan langsung dengan produk. Kapasitas produksi harus ditentukan agar dapat dibuatkan anggaran bop dibebankan selama satu periode akuntansi di tahun berjalan.

Selisih BOP sesungguhnya dan BOP dibebankan akan terjadi tatkala perusahaan tidak menyesuaikan anggaran dengan kapasitas produksi yang ada. Pemilihan dasar pembebanan berguna untuk menentukan tarif biaya overhead pabrik yang ditetapkan perusahaan agar menentukan total biaya overhead pabrik per unit.

Pengertian biaya overhead pabrik menurut para ahli adalah pengeluaran yang tidak berhubungan langsung dengan produk. Contoh biaya overhead sesungguhnya adalah penyusutan, penggunaan karyawan yang bertugas untuk kegiatan administrasi dan penjagaan. Dasar pembebanan bop ditentukan setiap periodenya.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Biaya Just In Time

Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik Sesungguhnya dan Dibebankan

Contoh soal selisih biaya overhead pabrik sesungguhnya dan dibebankan menjadi dasar dalam proses departementalisasi BOP. Pembebanan bop ke setiap produk akan menentukan jumlah biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja. BOP applied disebut biaya overhead pabrik dibebankan.

Perbedaan overhead sesungguhnya dan overhead dibebankan adalah proses pembandingan antara anggaran dan biaya aktual yang terjadi. BOP aktual disebut biaya overhead pabrik sesungguhnya yang terjadi seperti penyusutan, asuransi, biaya listrik dan air serta biaya bahan penolong produk jadi.

Contoh soal dan langkah menghitung biaya overhead pabrik terjadi pada PT Kakraffi yang telah menganggarkan BOP dibebankan sebesar Rp 44.000.000. BOP sesungguhnya yang terjadi adalah Rp 50.000.000. Bagaimana cara perhitungan selisih bop dan jurnal transaksi yang diperlukan?

Baca Juga: Penyebab Timbulnya Selisih Biaya Overhead Pabrik

Contoh Perhitungan Analisis Selisih Biaya Overhead Pabrik

Contoh perhitungan analisis biaya overhead pabrik dilakukan dengan pemilihan dasar penentuan tarif bop sesuai kapasitas produksi yang digunakan. BOP total per unit didapatkan dari bop variabel ditambahkan bop tetap yang dibagikan atas seluruh produk yang berhasil dibuat perusahaan periode tersebit.

Cara menghitung analisis biaya overhead pabrik dilaksanakan dengan menetapkan BOP applied. BOP Applied adalah anggaran biaya overhead pabrik selama tahun berjalan yang ditetapkan berdasarkan dasar penentuan tarif BOP. Adapun langkah menghitung BOP dibebankan sebagai berikut:

BOP Applied = Tarif BOP x Kapasitas Sesungguhnya
BOP Applied = Rp 500 x 88.000
BOP Applied = Rp 44.000.000

Apa penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik karena perusahaan tidak menyesuaikan biaya pembuatan produk didasarkan pada BOP applied. Perlakukan selisih BOP akan menghasilkan anggaran bop kurang dibebankan dan bop lebih dibebankan bergantung kebijakan perusahaan. Adapun perhitungannya:

BOP Aktual = Rp 50.000.000
BOP Dibebankan = Rp 44.000.000
Kurang dibebankan = Rp 36.000.000

Jurnal Transaksi Selisih BOP Kurang dan Lebih Dibebankan

Jurnal transaksi selisih bop dibebankan dan lebih dibebankan akan menambah biaya pembuatan produk jadi. BOP applied akan terjadi ketika perusahaan menetapkan anggaran yang dijadikan pedoman dalam proses pengeluaran barang setiap periodenya agar arus kas perusahaan tidak terganggu dikemudian hari.

Bagaimana mekanisme dalam proses pengawasan biaya overhead pabrik dilaksanakan dengan menetapkan pengeluaran setiap periodenya. Sistem pengendalian internal persediaan dan proses produksi harus dijalankan guna memperoleh hasil akhir biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Metode perlakukan terhadap selisih biaya overhead pabrik akan timbul tatkala entitas menghitung harga pokok penjualan. Penjualan kotor didapatkan dari total penjualan dikurangi harga pokok penjualan. Adapun jurnal transaksi selisih biaya overhead pabrik sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/02/2021PDP - BOP Rp 44.000.000
BOP Aplied Rp 44.000.000
(Jurnal Anggaran BOP)
13/02/2021BOP Aktual Rp 50.000.000
Kas Rp 10.000.000
Persediaan Bahan Penolong Rp 12.500.000
Hutang Gaji dan Upah Rp 17.500.000
Akumulasi Penyusutan Rp 10.000.000
(Jurnal BOP Sesungguhnya)
28/02/2021BOP Applied Rp 44.000.000
Selisih BOP Rp 6.000.000
BOP Aktual Rp 50.000.000
(Jurnal Perlakukan Selisih BOP)

Baca Juga: Contoh Laporan Biaya Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur

Demikian contoh soal dan cara menghitung selisih biaya overhead pabrik semoga perusahaan manufaktur dapat menentukan penyebab terjadinya perbedaan overhead sesungguhnya dan overhead dibebankan. Pertanyaaan BOP dibebankan akan muncul ketika terjadi ulangan akhir semester akuntansi biaya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Menghitung Selisih Biaya Overhead Pabrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel