Cara Menghitung Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Cara menghitung biaya bahan baku merupakan tindakan entitas dalam rangka menentukan bahan baku awal periode dan akhir periode. Siklus akuntansi pembelian tentu memerlukan akuntansi biaya terutama dalam menentukan jumlah pembelian bahan baku dan penggunaan setiap bahan yang dipergunakan entitas.

Contoh soal biaya bahan baku akuntansi keuangan lanjutan diperlukan untuk mencegah terjadinya kecurangan akhir periode. Kehilangan bahan baku karena proses produksi atau kelemahan sistem pengendalian internal berpengaruh terhadap laporan laba rugi yang dikenakan pajak penghasilan badan.

Mengapa pada perusahaan manufaktur terdapat biaya bahan baku karena perusahaan manufaktur menjadi entitas yang langsung memproduksi barang jadi sehingga didapatkan hasil murah. Harga pokok bahan baku adalah biaya yang dikeluarkan untuk mempersiapkan persediaan sampai datang ke gudang pembeli.

Cara Menghitung Biaya Bahan Baku dan Jawabannya


Contoh Soal dan Perhitungan Biaya Bahan Baku

Contoh soal dan perhitungan biaya bahan baku hendak dilakukan pada akhir periode guna menentukan jumlah yang dipergunakan pada akhir periode. Persediaan bahan baku awal merupakan sisa dari periode sebelumnya yang belum terpakai sehingga akan menambah kekayaan perusahaan di laporan posisi keuangan.

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabanya berkaitan dengan materi akuntansi biaya. Pengertian biaya bahan baku adalah seluruh beban yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka mempersiapkan bahan baku untuk proses produksi selama beberapa periode dengan menggunakan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan.

Contoh perhitungan biaya bahan baku akuntansi biaya akan diberlakukan sistem pengendalian internal. Siklus pembelian dimulai dari permintaan bahan baku dari pihak produksi yang diteruskan ke departemen purchasing. Departemen gudang akan melakukan pemeriksaan ketika barang produksi sampai ke alamat perusahaan.

Baca Juga: Macam-Macam Biaya Produksi pada Perusahaan Manufaktur

Rumus dan Cara Menghitung Pemakaian Bahan Baku

Rumus menghitung pemakaian bahan baku diperlukan untuk mencegah terjadinya kecurangan pada akhir periode. Pemakaian bahan baku harus dipertanggungjawabkan agar terhindar dari kerugian yang dikarenakan adanya kehilangan persediaan bahan baku dan kelemahan pengendalian internal perusahaan.

Cara menghitung biaya bahan baku per unit diperlukan karena perusahaan harus dapat menentukan harga jual. Harga jual harus lebih tinggi daripada harga pokok produksi untuk menghindari kerugian. Penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya modal harus mempertimbangkan konsumsi harian produk tersebut.

Biaya bahan baku dihitung menggunakan rumus total beban yang ditanggung perusahaan dibagi seluruh produk yang berhasil di buat perusahaan. Pemakaian bahan baku harus dipertanggungjawabkan dengan catatan penggunaan dan hasil produksi yang mampu di buat oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga: Contoh Kasus Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pemakaian Bahan Baku

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku diperlukan untuk menghindari adanya kehilangan bahan baku selama proses produksi. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan harus diperhitungkan karena berpengaruh terhadap harga pokok penjualan produk jadi.

Contoh soal pemakaian bahan baku akuntansi biaya terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki bahan baku awal sebesar Rp 56.000.000. Pembelian dan retur selama tahun berjalan adalah Rp 52.000.000 dan Rp 1.200.000. Bagaimana cara menghitung persediaan bahan baku akhir periode.

Persediaan Bahan Baku Awal Rp 56.000.000
Pembelian Bahan Baku Rp 52.000.000
Retur Pembelian Rp (1.200.000)
Persediaan Bahan Baku Akhir Rp 106.800.000

Jurnal penggunaan bahan baku harus disesuaikan karena dapat menunjukkan total kekayaan perusahaan yang sebenarnya. Penyesuaian pemakaian bahan baku harus dilakukan stock opname oleh departemen gudang setiap akhir periode. Adapun jurnal penyesuaian pembelian bahan baku sebesar Rp 22.000.000 adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/05/2021Biaya Bahan Baku Rp 22.000.000
Persediaan Bahan Baku Rp 22.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Demikian cara menghitung biaya bahan baku dan jawabannya semoga dapat membantu menjawab materi akuntansi biaya. Beban bahan baku dihitung dengan rumus total pembelian bahan baku sampai akhir periode dengan jumlah barang jadi yang mampu di produksi perusahaan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Biaya Bahan Baku dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel