Contoh Kasus Pendapatan Diterima Dimuka Perusahaan Jasa

Konten [Tampil]

Contoh kasus pendapatan diterima dimuka perusahaan jasa dan dagang menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Bagaimanakan ketentuan pengakuan pendapatan pada laporan posisi keuangan bergantung pada kebijakan penggunaan metode cash basis dan acrual basis.

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka akan mengakui hutang dan aktiva bergantung kondisi dimasa lampau. Prosedur pengakuan pendapatan bergantung pada diakui pada saat penghasilan diperoleh atau diakui secara proporsional bergantung pada perusahaan dagang dan perusahaan jasa kontruksi bangunan.

Kondisi apa saja yang harus terpenuhi agar pendapatan dari penjualan barang dagang dapat diakui tentu bergantung pada metode akrual yang dipergunakan perusahaan. Prinsip pengakuan pendapatan harus menyesuaikan pertanyaan standar akuntansi keuangan pasal 23 tentang income atau revenue bagi entitas.

Contoh Kasus Pendapatan Diterima Dimuka Perusahaan Jasa


Kapan Pendapatan Dapat Diakui Perusahaan

Kapan pendapatan boleh diakui perusahaan yaitu ketika dapat diukur secara handal dan mendatangkan manfaat ekonomis bagi perusahaan. Pengungkapan pendapatan harus dicatat pada catatan atas laporan posisi keuangan tentang jenis-jenis pendapatan seperti dividen, penghasilan jasa dan jualbeli barang dagang.

Pendapatan diterima dimuka timbul ketika perusahaan jasa belum menyerahkan barang atau pesanan tetapi pembeli telah membayarkan pesanan sebagai uang muka pembelian. Faktur pajak harus dibuat pada saat diberikannya uang muka pembelian agar proses penambahan manfaat ekonomis diberikan.

Metode pengakuan pendapatan terdiri dari diakui pada saat perolehan dan diakui secara proporsional. Bagaimanakah PSAK mengakui pendapatan bergantung pada kebijakan perusahaan yang disesuaikan dengan aturan perpajakan. Adanya tambahan manfaat berarti perusahaan harus membuatkan faktur pajak.

Baca Juga: Bedanya Penghasilan dan Pendapatan Menurut PSAK

Bagaimanakah Timbulnya Pendapatan Diterima Dimuka

Bagaimanakah timbulnya pendapatan diterima dimuka yaitu ketika perusahaan memperoleh kontrak atas pesanan tetapi pembeli telah menyerahkan uang muka pembelian. Adanya penyerahan uang muka pembelian berarti entitas telah memperoleh tambahan manfaat ekonomis atas barang dan jasa yang diberikan.

Pendapatan diterima dimuka akan diakui sebagai hutang jangka pendek. Pengertian liabilitas jangka pendek adalah hutang perusahaan yang harus dan mampu dibayarkan kurang dari satu periode akuntansi. Pendapatan harus dilaporkan pada laporan posisi keuangan dan laba rugi komprehensif.

Pendapatan diterima dimuka masuk akun liabilitas karena terjadi penerimaan kas tetapi belum diberikan barang atau jasa kepada pembeli. Bagaimanakah ketentuan pengakuan pendapatan harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh ikatan akuntan indonesia melalui PSAK pasal 23.

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka perusahaan jasa dan dagang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Penghasilan diakui ketika dapat diukur dengan handal atas manfaat ekonomis yang diterima entitas. Prinsip pengakuan pendapatan adalah akrual basis atau kas basis.

Contoh soal pendapatan diterima dimuka terjadi pada PT Kakraffi yang memperoleh pesanan sebanyak 90 buah dengan harga Rp 800.000. Pembeli telah membayarkan pesanan dengan uang muka sebesar 30%. Jurnal mencatat transaksi penjualan barang dan jasa kepada pelanggan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2021Kas Rp 23.760.000
Uang Muka Penjualan Rp 21.600.000
PPN Keluaran Rp 2.160.000
(Jurnal Uang Muka Penjualan Barang)

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka perusahaan jasa akan terjadi ketika terdapat penyerahan barang yang dipesan. Bagaimanakah ketentuan pengakuan pendapatan bergantung kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan. Adapun jurnal penyesuaian perusahaan jasa adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
11/05/2021Uang Muka Penjualan Rp 21.600.000
Kas Rp 55.440.000
Penjualan Barang Rp 72.000.000
PPN Keluaran Rp 5.040.000
(Jurnal Pelunasan Tagihan Penjualan Barang)

Baca Juga: Contoh Soal Akuntasi Penggajian Karyawan dan Pajak Penghasilan

Demikian contoh kasus pendapatan diterima dimuka perusahaan dagang akuntansi keuangan menengah. Pendapatan yang masih harus diterima masuk ke akun piutang. Pendapatan diterima dimuka masuk ke akun liabilitas dan harus dibayarkan dengan penyerahan jasa atau barang.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kasus Pendapatan Diterima Dimuka Perusahaan Jasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel