Contoh Soal Masalah Lain Pada Kantor Cabang dan Pusat

Konten [Tampil]

Contoh soal masalah lain pada kantor cabang dan pusat tentu melibatkan pencatatan pengiriman barang dagang dan modal kerja dari pusat. Alokasi biaya kantor pusat dan cabang tentu harus menggunakan prinsip akuntansi yang berterima umum karena menyangkut pelaporan pajak penghasilan tahunan badan.

Pengiriman barang dagangan diatas harga pokok menjadi masalah khusus yang dihadapi kantor cabang. Contoh soal dan jawaban kantor pusat dan cabang menjadi materi akuntasi keuangan lanjutan terutama menyangkut laba rugi per departemen yang terutang pajak pertambahan nilai.

Pertanyaan akuntansi kantor pusat dan kantor cabang tentu berkaitan dengan penggunaan rekening resiprokal. Apa yang menyebabkan r/k kantor cabang dan r/k kantor pusat bertambah dan berkurang berkaitan dengan transaksi yang dilakukan antar pihak yang bertransaksi.

Contoh Soal Masalah Lain Pada Kantor Cabang dan Pusat


Apa yang Dimaksud Perkiraan Resiprokal atau Rekening Timbal Balik

Apa yang dimaksud perkiraan resiprokal adalah rekening yang digunakan untuk menampung transaksi antara kantor pusat dan cabang untuk mempermudah penerapan sistem pengendalian internal. Internal control kantor pusat harus diperkuat ketika terdapat lebih dari satu kantor cabang yang dilaporkannya.

Reciprocal account adalah rekening timbal balik yang diperuntukan mencatat transaksi yang tidak menimbulkan laba atau omzet tahun berjalan. Akuntansi kantor pusat dan kantor cabang terdiri dari pengakuan laba diakui secara terpisah dan laba diakui secara tak terpisah.

Rekening timbal balik disebut reciprocal account menurut para ahli adalah pos-pos yang dicatat karena terjadi transaksi kantor pusat dan cabang. Pos-pos apakah yang dicatat dalam akun kantor pusat oleh buku kantor cabang berkaitan dengan laba rugi yang dihasilkan oleh masing-masing cabang kantor induk.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Fiskal Aktiva Tetap

Masalah Lain Pada Kantor Cabang dan Pusat

Contoh soal masalah lain pada kantor cabang dan kantor pusat harus dilaporkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Kegiatan dalam departemen pusat dan cabang akan menimbulkan arus kas masuk dan arus kas keluar yang tidak boleh diakui sebagai transaksi penjualan karena tidak memenuhi syarat akuntansi.

Masalah lain pada kantor cabang dan kantor pusat seharusnya dapat diselesaikan pada makalah akuntansi keuangan lanjutan. Apakah kegunaan transaksi kantor pusat dan kantor cabang adalah memperluas daerah pemasaran untuk pembuatan produk baru atau membuka jenis usaha baru.

Masalah lain pada kantor cabang terdiri dari pengiriman modal kerja dan pengiriman barang dagang diatas harga pokok. Alokasi biaya kantor pusat dan cabang dapat menyesuaikan isi perjanjian di akta pendirian perseroaan terbatas atau akta pendirian persekutuan firma sebelum melaksanakan kegiatan usaha.

Baca Juga: Jurnal Penyesuaian Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda

Contoh Kasus Pengiriman Barang Dagang di Atas Harga Pokok

Contoh kasus pengiriman barang dagang diatas harga pokok akan melibatkan pencatatan di kantor pusat dan kantor cabang. Bagi kantor cabang, pengakuan pengiriman barang dagang tidak akan mempengaruhi pencatatannya karena kantor cabang bertugas menjual produk kantor pusat.

Jurnal Pengiriman Barang di Atas Harga Pokok oleh Kantor Pusat

Pengiriman barang di atas harga pokok oleh kantor pusat akan mempengaruhi persediaan barang pada akhir periode. Laporan laba rugi akan didasarkan pada perhitungan harga pokok penjualan atas persediaan barang dagang yang diserahkan kepada konsumen akhir yang terutang pajak pertambahan nilai.

Contoh masalah lain pada kantor cabang dan pusat terjadi pada PT Kakraffi yang telah mengirimkan barang dagang senilai Rp 9.000.000 dan diakui laba sebesar 25%. Apabila kantor cabang mampu menjual barang kiriman dan melaporkan penjualan senilai Rp 16.000.000. Bagaimana jurnal penjualan konsinyasi yang dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/07/2021R/K Kantor Cabang Rp 11.250.000
Pengiriman barang ke cabang Rp 9.000.000
Cadangan kenaikan harga barang   cabang Rp 2.250.000
(Penjualan   barang ke kantor cabang diatas harga pokok 25%)
05/07/2021R/K Kantor Cabang Rp 4.750.000
Rugi Laba Kantor Cabang Rp 4.750.000
(Mencatat   penjualan barang oleh kantor cabang
05/07/2021Cadangan kenaikan harga barang cabang Rp 2.250.000
Rugi Laba Kantor Cabang Rp 2.250.000
(Penyesuaian   saldo cabangan kenaikan harga barang)
05/07/2021Rugi Laba Kantor Cabang Rp 7.000.000
Laba Tahun Berjalan Rp 7.000.000
(Menutup   akun laba rugi kantor cabang ke laba perusahaan)

Jurnal Pengiriman Barang di Atas Harga Pokok oleh Kantor Cabang

Jurnal pengiriman barang diatas harga pokok oleh kantor cabang pada dasarnya tidak terutang pajak pertambahan nilai. Pembuatan faktur pajak akan diserahkan kepada kantor cabang karena hubungan kantor cabang dan kantor pusat menggunakan sistem sentralisasi kegiatan usaha.

Jurnal pengiriman barang diatas harga pokok oleh kantor cabang akan menjadikan masalah lain yang menyebabkan laba rugi yang dilaporkan tidak menyesuaikan kegiatan sebenarnya. Kegiatan dalam departemen cabang dan pusat akan dicatat oleh masing-masing pihak yang bertransaksi.

Apakah kegunaan transaksi kantor pusat dan kantor cabang adalah meningkatkan omzet penjualan di akhir periode. Kantor cabang diperbolehkan menghasilkan laba selain dari penjualan produk utama. Adapun jurnal pengiriman barang diatas harga pokok oleh kantor cabang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/07/2021Penerimaan barang dari Pusat Rp 11.250.000
R/K Kantor Pusat Rp 11.250.000
(Penjualan   barang ke kantor cabang diatas harga pokok 25%)
05/07/2021Rugi Laba Kantor Cabang Rp 4.750.000
R/K Kantor Pusat Rp 4.750.000
(Mencatat   penjualan barang oleh kantor cabang

Baca Juga: Contoh Audit Pemeriksaan Piutang Dagang

Demikian contoh soal masalah lain pada kantor cabang dan pusat semoga dapat membantu menjawab  pertanyaan akuntansi keuangan lanjutan. Penyebab rekening r/k kantor cabang dan r/k kantor pusat bertambah dan berkurang harus menyesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Masalah Lain Pada Kantor Cabang dan Pusat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel