Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa

Konten [Tampil]

Contoh soal saham preferen dan saham biasa berlangsung ketika perusahaan memperjualbelikan hak modal kepada investor. Perbedaan saham dengan nilai pari dan tanpa nilai pari terjadi ketika adanya akusisi saham, penerbitan saham dan hubungan afiliasi induk perusahaan dan anak perusahaan.

Contoh soal saham treasury dan jawabannya berkaitan dengan alokasi biaya perolehan perusahaan. Jurnal penerbitan saham biasa dan saham preferen memiliki perbedaan karena adanya pemotongan pajak penghasilan final. Saham yang dipesan akan mengurangi jumlah stock sebelum proses IPO saham baru.

Saham treasuri dalam laporan keuangan diakui sebagai pengurang modal perusahaan dan bukan menjadi aktiva tetap perusahaan. Perbedaan saham dengan nilai pari dan tanpa nilai pari akan mempengaruhi pencatatan perusahaan terutama ketika melaporkan jumlah modal disetor sesuai akta pendirian.

Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa


Mengapa Saham Treasuri Bukan Merupakan Aktiva

Mengapa saham treasuri bukan merupakan aktiva tetap perusahaan karena perusahaan telah menjual modal saham tetapi terjadi penarikan modal disetor karena ingin meningkatkan laba per lembar saham atau menggagalkan upaya pengambilalihan kekuasaan dewan direksi dengan pemilikan saham yang banyak.

Kenapa saham treasury bukan merupakan aset perusahaan melainkan dilaporkan pada laporan kinerja keuangan karena adanya tindakan perusahaan mengalokasikan biaya perolehan aktiva tetap. Saham treasuri tidak akan memberikan hak dan kewajiban pemegang saham dan tidak dibayarkan dividennya.

Perbedaan saham treasuri dan saham biasa adalah pengakuan pada saat disetorkan modal atas kas yang dibayarkan perusahaan. Pertanyaan berupa soal essay dan pilihan ganda saham treasuri tidak akan menambah keuntungan atau kerugian perusahaan atas akuisisi saham oleh induk perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Pesanan Berdasarkan Harga Pokok Penjualan

Pertanyaan Tentang Saham Treasury dalam Laporan Posisi Keuangan

Pertanyaan tentang saham treasury dalam laporan posisi keuangan seperti keuntungan dan kerugian perusahaan melakukan penarikan kembali saham yang beredar. Modal saham terdiri dari modal saham disetor dan modal saham ditanam sesuai akta pendirian perusahaan. Bedanya perseroan terbatas dan firma harus diketahui oleh anggotanya.

Saham treasury dalam laporan keuangan diakui sebagai aktiva dan passiva perusahaan. Contoh soal pembelian kembali saham oleh penerbit saham berakibat pada laporan perubahan modal yang dibuat perusahaan setelah periode akuntansi berakhir. Jualbeli saham akan dikenakan pajak penghasilan final.

Pertanyaan tentang saham treasury dalam laporan posisi keuangan terjadi ketika PT Kakraffi menerbitkan saham sebanyak 60.000 dengan nilai pari sebanyak Rp 770. Apabila harga jual saham yang dipesan adalah Rp 1.120. Bagaimana jurnal penerbitan saham biasa dan saham preferennya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kas Rp 67.200.000
Modal Saham Rp 46.200.000
Agio Saham Rp 21.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Ayat Jurnal Penyesuaian Saham Treasury dan Contohnya

Ayat jurnal penyesuaian saham treasury akan berlangsung ketika terjadi pembelian kembali saham yang telah beredar. Saham treasury dalam laporan keuangan diakui sebagai pengurang modal disetorkan perusahaan dan tidak menambah atau mengurangi laba rugi tahun berjalan.

Ayat jurnal penyesuaian saham treasury berdampak pada pelaporan keuangan perusahaan. Penerbitan saham untuk memperoleh tanah diperkenankan sebagai investasi. Biaya penerbitan saham akan menjadi masalah ketika penggunaan metode ekuitas dan metode biaya dalam hubungan afiliasi perusahaan.

Jurnal saham treasury untuk perusahaan diperkenankan sebagai penambah modal perusahaan. Apabila PT Kakraffi membeli kembali saham sebanyak 800 dengan harga jual sebesar Rp 1500. Bagaimana pencatatan pembelian kembali saham yang harus dilakukan:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Saham Treasuri Rp 1.200.000
Kas Rp 1.200.000

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Buku Aktiva Tetap

Demikian contoh soal dan jawaban saham preferen dan saham biasa semoga perusahaan dapat melaporkan transaksi keuangan sesuai ketentuan yang berlaku. Perbedaan saham dengan nilai pari dan tanpa nilai pari harus segera dilakukan untuk mencegah proses depresiasi aktiva tetap.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel