Cara Menghitung Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Konten [Tampil]

Cara menghitung sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses memperbolehkan akuntansi biaya untuk mengalokasikan harga pokok penjualan. Format kartu harga pokok pesanan dapat diberikan menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan tentang biaya bahan baku dan biaya konversi.

Contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan dapat dilakukan menyesuaikan kebijakan akuntansi biaya dan akuntansi keuangan. Perbedaan biaya overhead pabrik aktual dan biaya overhead pabrik yang dibebankan berkaitan anggaran tentang pengeluaran yang terjadi di perusahaan.

Contoh perusahaan yang menggunakan metode harga pokok pesanan dan proses memperbolehkan entitas mengalokasikan biaya tenaga kerja dan overhead sesuai pesanan. Produk pesanan adalah barang yang dibuat perusahaan sesuai spesifikasi dan karakteristik yang diminta oleh pelanggan.

Cara Menghitung Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan


Job Order Costing

Job order costing adalah sistem pembebanan biaya berdasarkan pesanan yang telah masuk ke perusahaan. Contoh kartu biaya pesanan menjadi kewajiban leader produksi untuk mengalokasikan biaya yang telah terjadi di perusahaan. Penggunaan tenaga kerja langsung dan bahan baku harus dibandingkan dengan pendapatan.

Pengertian job order costing adalah metode harga pokok pesanan untuk mengalokasikan kegiatan produksi dalam penggunaan tenaga kerja dan biaya bahan penolong. Perbedaan BOP Aktual dan BOP yang dibebankan adalah pengakuan keseluruhan biaya yang timbul berkaitan penggunaan bahan baku penolong.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan adalah langkah yang digunakan untuk menghitung biaya pokok produksi agar dapat dibandingkan dengan pendapatan sehingga laporan posisi keuangan dapat dibentuk. Pelaporan SPT Badan harus menyertakan laporan keuangan yang telah diaudit oleh KAP.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Format Kartu Harga Pokok Pesanan

Format kartu harga pokok pesanan meliputi pengeluaran sumber daya modal terdiri dari biaya bahan baku dan tenaga kerja. Biaya produksi adalah beban yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka memenuhi permintaan pesanan dari pelanggan. Perhitungan laba dilakukan membandingkan expance dan income yang terjadi.

Contoh kartu biaya pesanan adalah kartu yang berisi informasi biaya produksi atas pesanan pelanggan. Total biaya produksi harus dialokasikan ke beberapa pesanan apabila dikerjakan oleh beberapa departemen. Produk yang telah selesai produksi harus diserahkan kepada pelanggan untuk mendapatkan penghasilan.

Format kartu harga pokok pesanan dapat menyesuaikan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses. Agar total biaya dapat sesuai surat pemberitahuan pajak tahunan dan masa maka setiap pesanan harus memperoleh persentase dari biaya overhead pabrik yang dilaporkan.

Baca Juga: Contoh Soal Pengisian Kembali Kas Kecil

Jurnal Transaksi Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Contoh jurnal transaksi perhitungan biaya berdasarkan pesanan dapat dilakukan untuk mempublikasikan produk yang telah dibuat perusahaan. Produk yang selesai diproduksi dapat diberikan kepada pelanggan dengan pembayaran dimuka atau di pada saat barang diterima.

Jurnal transaksi perhitungan biaya akuntansi biaya dan keuangan lanjutan dapat digunakan untuk melaporkan surat pemberitahuan pajak tahunan badan. Biaya konversi terdiri dari tenaga kerja langsung dan biaya overhead seperti biaya bahan penolong dan listrik.

Contoh jurnal transaksi perhitungan biaya berdasarkan pesanan telah terjadi pada PT Kakraffi yang melaporkan adanya pembayaran gaji dan upah sebesar Rp 73.000.000. Apabila sebesar 83% merupakan biaya tenaga kerja langsung. Bagaimana jurnal transaksi yang harus dibuat perusahaan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
20/01/2022Beban Gaji dan Upah Rp 73.000.000
Kas Rp 73.000.000
25/01/2022PDP - Biaya Tenaga Kerja Rp 60.590.000
BOP - Aktual Rp 12.410.000
Biaya Gaji dan Upah Rp 73.000.000

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Biaya Pesanan

Demikian cara menghitung sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan pada materi akuntansi biaya. Contoh soal dan karakteristik produk pesanan dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi yang ada di perusahaan dalam rangka melaporkan pajak penghasilan badannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel