Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal rekonsiliasi bank 2 kolom dan jawabannya akan menyamakan saldo pencatatan perusahaan dengan perbankan. Simpanan di bank terdiri dari rekening giro, tabungan dan deposito berjangka tetapi yang diperkenankan sebagai kas dan setara kas adalah rekening giro karena memiliki sifat likuid.

Contoh soal rekonsiliasi bank 4 kolom beserta jawabannya dapat terjadi pada perusahaan dagang dan perusahaan jasa yang menggunakan metode pembayaran cek. Perusahaan perlu membuka rekening giro dengan menunjuk seseorang kuasa untuk mengambil uang di perbankan dan mencantumkan tandatangannya.

Contoh jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank hanya terjadi pada transaksi perusahaan yang belum tercatat. Penyetoran kas atas penerimaan perusahaan setiap hari akan dibuatkan slip setoran bank. Pengertian check bank adalah alat untuk memerintah seseorang untuk membayar sejumlah uang sesuai jumlah tercatatnya.

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom dan Jawabannya


Pengertian Rekonsiliasi Bank Menurut Para Ahli

Pengertian rekonsiliasi bank menurut para ahli adalah tindakan perusahaan menyesuaikan pencatatan saldo bank berdasarkan rekening koran yang telah diterbitkan. Adakalanya biaya administrasi bank dan pendapatan bunga bank belum dicatat perusahaan sehingga diperlukan adanya rekonsiliasi bank.

Pengertian rekonsiliasi bank menurut para ahli adalah proses penyelidikan terhadap perbedaan saldo rekening giro bank. Perbedaan saldo pemegang saldo dikarenakan adanya perbedaan waktu pencatatan dan kesalahan pencatatan yang telah dilakukan perusahaan atau perbankan sehingga diperlukan jurnal penyesuaian.

Rekonsiliasi bank perusahaan rahayu dan jawabannya menjadi pedoman dalam mengetahui perbedaan waktu pencatatan dan kekeliruan dalam mengelola dana kas kecil di perusahaan. Prosedur penyusunan rekonsiliasi hendaknya dilakukan oleh pihak yang tidak terlibat dalam penggunaan kas operasional perusahaan.

Baca Juga: Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Tahap-Tahap Menyusun Rekonsiliasi Bank

Tahap-tahapan menyusun rekonsiliasi bank dimulai dengan membandingkan saldo kas perusahaan dengan laporan mutasi rekening koran yang diterima. Adanya beberapa transaksi yang menyebabkan perubahan mutasi saldo karena adanya perbedaan waktu pencatatan dan kekeliruan salah satu pihak.

Tahapan menyusun rekonsiliasi bank dilanjutkan dengan membuat penyesuaian terhadap adanya cek kosong, beban administrasi bank dan wesel tagih yang telah dibayarkan melalui bank. Adanya setoran dalam perjalanan dan check yang belum dicairkan pada periode membuat perbedaan pencatatan di perusahaan.

Penyusunan rekonsiliasi bank harus membuat jurnal penyesuaian terhadap penerimaan melalui bank dan biaya-biaya yang harus ditanggung perusahaan. Kesalahan dalam pembukuan perusahaan harus disampaikan ke bank terutama ketika terjadi salah debit rekening yang membuat saldo perusahaan berkurang.

Baca Juga: Transaksi-Transaksi Penyebab Perbedaan Saldo Bank dan Pembukuan Perusahaan

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank PT Nusantara dan Jawabannya

Contoh soal rekonsiliasi bank PT Nusantara dan jawabannya menjadikan pedoman dalam membuat jurnal penyesuaian atas transaksi yang belum dicatat perusahaan. Perlu diingat bahwa transaksi yang harus disesuaikan adalah transaksi penerimaan dan pengeluaran kas yang belum dicatat perusahaan.

Contoh soal rekonsiliasi bank PT Nusantara dan pembahasannya dapat menggunakan format 2 kolom dan 4 kolom menyesuaikan formulir perusahaan. Saldo tercantum dibank dan pembukuan perusahaan haruslah sama ketika selesai membuat jurnal penyesuaian pada akhir periode tersebut.

Rekonsiliasi bank PT Nusantara terjadi ketika saldo awal sebesar Rp 24.790.000 tetapi laporan rekening koran bank sebesar Rp 27.002.000. Adapun transaksi yang terjadi selama periode januari 2021 adalah:

- Penerimaan Wesel Rp 8.440.000
- Pendapatan Bunga Rp 450.000
- Setoran dalam Perjalanan Rp 9.320.000
- Cek dalam Perjalanan Rp 3.627.000
- Biaya Administrasi Bank Rp 245.000
- Cek Kosong Rp 740.000

Cara menyusun laporan rekonsiliasi bank harus mengetahui penyesuaian yang terjadi di perusahaan. Jurnal penyesuaian dari rekonsiliasi bank hanya dilakukan pencatatan ketika adanya selisih saldo perusahaan dan pembukuan. Adapun laporan rekonsiliasi bank PT Nusantara Adalah

Rekonsiliasi Bank
- Saldo Perusahaan Rp 24.790.000 - Saldo Bank Rp 27.002.000
- Penerimaan Wesel Rp 8.440.000 - Setoran dalam Perjalanan Rp 9.320.000
- Pendapatan Bunga Rp 450.000 - Cek dalam Perjalanan Rp (3.627.000)
- Biaya Administrasi Bank Rp (245.000)
- Cek Kosong Rp (740.000)
Saldo Akhir Rp 32.695.000 Saldo Akhir Rp 32.695.000

Baca Juga: Contoh Soal Pengisian Kembali Kas Kecil

Demikian contoh soal rekonsiliasi bank 2 kolom dan jawabannya semoga akuntan dapat mengetahui penyebab perbedaan saldo bank menurut rekening koran dan saldo pembukuan perusahaan. Apabila perusahaan tidak membuat jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank maka saldo perbankan tidak dibenarkan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel