Cara Membuat Kartu Pesanan Berdasarkan Harga Pokok Penjualan

Konten [Tampil]

Cara membuat kartu pesanan berdasarkan harga pokok penjulan menjadi langkah perusahaan untuk menghindari adanya proses produksi berdasarkan proses. Pengertian produk pesanan adalah mekanisme perhitungan biaya berdasarkan permintaan pembeli sehingga diperlukan pengolahan bahan yang berbeda.

Contoh kartu pesanan untuk transaksi berisi informasi tentang biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Proses produksi berdasarkan pesanan hanya akan dibuat sesuai spesifikasi yang diminta dan memiliki karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan.

Contoh soal dan jawaban metode harga pokok pesanan secara full costing dan variabel costing akan melihat informasi tentang biaya bahan baku dan konversinya. Format kartu harga pokok pesanan dapat disesuaikan keperluan manajer internal sehingga dapat diketahui harga pokok penjualan barang tersebut.

Cara Membuat Kartu Pesanan Berdasarkan Harga Pokok Penjualan


Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Pengertian sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan adalah metode mengolah bahan baku sesuai spesifikasi yang diminta pelanggan agar biaya produksi hanya akan dikalkulasi sesuai pesanan secara akurat. Persediaan barang jadi akan langsung diserahkan kepada pembeli guna memperoleh pembayarannya.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan memulai proses produksi ketika perjanjian jual beli telah berlangsung. Produk pesanan akan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga produk dapat dibedakan. Biaya produksi dapat dihitungkan dari seluruh pengeluaran untuk membuat produk jadi.

Rincian biaya produksi setiap pesanan akan dicatat dalam kartu biaya pesanan. Kartu biaya pesanan berfungsi sebagai daftar harga yang diperoleh perusahaan setiap periodenya. Perhitungan biaya pesanan dapat dilakukan dengan memperhitungkan seluruh biaya konversi dan bahan baku yang ditimbulkan.

Baca Juga: Contoh Soal Just In Time Akuntansi Biaya

Perbedaan BOP Aktual dan BOP yang Dibebankan

Bedanya bop aktual dan bop dibebankan akan menghasilkan selisih yang dapat diakui sebagai keuntungan atau kerugian proses produksi. BOP Aktual adalah biaya overhead pabrik yang sebenarnya terjadi di perusahaan ketika proses perubahan bahan baku sampai barang jadi terjadi.

Pengertian bop yang dibebankan adalah anggaran yang dicadangkan untuk mengalokasikan selain beban bahan baku dan beban tenaga kerja langsung. Seluruh biaya overhead pabrik akan diakumulasikan sampai akhir periode dan diperhitungkan proporsional ke masing-masing pesanan.

Perbedaan bop yang dibebankan dan bop aktual adalah mekanisme pengkreditan beban dibayar dimuka. BOP yang dibebankan dibandingkan dengan bop aktual yang menghasilkan informasi tentang kartu biaya pesanan. Tenaga kerja langsung adalah beban untuk mencatat transaksi gaji dan upah pekerja.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Kehilangan dalam Proses Produksi

Contoh Kartu Biaya Pesanan

Contoh kartu biaya pesanan terdiri dari biaya konversi dan biaya bahan baku. Pengertian biaya konversi adalah beban yang digunakan untuk mengubah bahan baku seperti tenaga kerja, biaya bahan penolong dan biaya variabel lainnya. Perhitungan biaya dilakukan berdasarkan full costing atau variabel costing.

Kartu biaya pesanan adalah kartu yang berisikan informasi tentang seluruh pengeluaran yang digunakan perusahaan untuk memproduksi barang jadi. Pembebanan biaya adalah perhitungan biaya produksi yang dikenakan untuk setiap barang yang telah berhasil dibuat. Produk pesanan yang telah jadi akan langsung dikirimkan ke pelanggan.

Contoh kartu biaya pesanan berdasarkan transaksi jualbeli dapat dibuat ketika proses produksi selesai dilaksanakan. Penentuan biaya overhead pabrik akan sulit karena perusahaan akan dibebankan seluruh biaya yang terjadi untuk pesanan yang terbentuk. Format kartu harga pokok pesanan disesuaikan kepentingan manajer.

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank

Demikian cara membuat kartu pesanan berdasarkan harga pokok penjualan semoga penjual dapat menentukan harga sesuai kesepakatan. Produk pesanan adalah produk yang khusus dibuatkan untuk pelanggan sesuai spesifikasi yang diminta.


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kartu Pesanan Berdasarkan Harga Pokok Penjualan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel