Contoh Perhitungan Perubahan Modal Anak Perusahaan dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan perubahan modal anak perusahaan terjadi ketika adanya pembagian laba rugi dan dividen pada akhir periode. Hak pengendalian induk perusahaan adalah seluruh kekayaan yang dibeli dari perusahaan lain untuk memperoleh kekuatan mengatur kebijakan keuangan dan kegiatan operasional perusahaan.

Contoh soal penggabungan usaha melalui pembelian saham dan pembuatan laporan keuangan konsolidasi hendaknya disesuaikan dengan hak kontrol perusahaan tersebut. Suatu perusahaan yang membeli saham perusahaan lain di atas 50% maka akan memperoleh hak kontrol dan menguasai entitas tersebut.

Pertanyaan penggabungan usaha melalui merger, akuisisi saham, separasi, konsoldasi menjadi bentuk penggabungan usaha horizontal dan vertikal. Perubahan pemilikan transaksi saham anak perusahaan mempengaruhi penerapan kebijakan akuntansi dan proses pemberhentian sebagian pengurus perusahaan.

Contoh Perhitungan Perubahan Modal Anak Perusahaan dan Pembahasannya


Pengertian Perusahaan Afiliasi dan Contohnya

Pengertian perusahaan afiliasi menurut para ahli adalah entitas yang telah membeli saham perusahaan lain sehingga terbentuk hubungan anak dan induk perusahaan. Contoh penggabungan usaha horizontal dan vertikal adalah perusahaan manufaktur membeli saham supplier agar mempermudah pembuatan bahan baku.

Pengertian perusahaan afiliasi menurut para ahli merupakan metode yang dipergunakan untuk melakukan penggabungan laporan keuangan antar perusahaan. Pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan menjadi cara agar memperoleh hak kontrol atau hak pengendalian kebijakan keuangan perusahaan lain.

Perusahaan berafiliasi menurut para ahli adalah induk perusahaan dan anak perusahaan yang tetap menjalankan kegiatan operasionalnya. Entitas yang sebagian besar sahamnya dimiliki perusahaan lain disebut anak perusahaan. Pemilikan saham didapatkan dengan membayarkan melalui penggunaan aktiva atau pengakuan liabilitas milik perusahaan lain.

Baca Juga: Perbedaan Metode Ekuitas dan Biaya dalam Penggabungan Usaha

Akuntansi untuk Perusahaan Berafiliasi dan Contohnya

Akuntansi perusahaan berafiliasi terdiri dari perubahan modal anak perusahaan oleh induk perusahaan melalui metode equity dan metode cost. Penyusunan laporan kueangna konsolidasi harus segera dilakukan sebelum perusahaan melaporkan kewajiban pajak penghasilan badan yang dimilikinya.

Contoh soal akuntansi perusahaan berafiliasi akan menimbulkan hak minoritas dan hak mayoritas. Hak mayoritas adalah kekayaan anak perusahaan yang telah dibeli oleh induk perusahaan. Hak minoritas adalah kekayaan anak perusahaan yang dipergunakan untuk menjalankan kegiatan operasional tanpa campur tangan induk perusahaan.

Contoh kasus akuntansi untuk perusahaan berafiliasi dan pembahasannya dapat dilakukan agar proses pembiayaan atas laporan perubahan modal perusahaan manufaktur dapat dilakukan. Jika pemegang saham tidak setuju dengan keputusan merger atau akuisis maka harus dilakukan diskusi melalui rapat umum pemegang saham.

Baca Juga: Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Cara Menghitung Perubahan Modal Anak Perusahaan oleh Induk Perusahaan

Cara menghitung perubahan modal anak perusahaan oleh induk perusahaan berkaitan dengan penggunaan laporan posisi keuangan konsolidasi. Pengguna laporan keuangan terdiri dari pihak internal dan eksternal sebagai upaya mengelola dana kas dan penganggaran biaya periode tersebut.

Contoh perhitungan perubahan modal anak perusahaan berkaitan dengan transaksi pembagian dividen atas laba dan rugi yang dialami perusahaan. Penambahan kekayaan induk perusahaan yang disetorkan kepada anak perusahaan akan meningkatkan jumlah persentase hak kontrol atas pengendalian kebijakan akuntansi di perusahaan.

Cara menghitung perubahan modal anak perusahaan berakibat terbentuknya hubungan afiliasi induk dana anak entitas. Apabila PT Kakraffi berhasil membeli saham 350 lot PT Mobile Legends dimana periode ini mendapatkan laba sebanyak Rp 41.000.000 dan melakukan pembagian dividen sebesar Rp 2.000.000. Buatlah jurnal elimasi dan pembagian laba rugi apabila laporan posisis keuangan sebagai berikut:

PT Mobile Legends
Laporan Posisi Keuangan
- Aktiva- Aktiva
-- Kas Rp 34.264.320 -- Utang Usaha Rp 80.307.000
-- Piutang Usaha Rp 59.962.560 -- Utang Wesel Rp 40.153.500
-- Perlengkapan Rp 17.132.160 - Modal Saham Rp 40.153.500
-- Uang Muka Pembelian Rp 68.528.640 - Agio Saham Rp 40.153.500
-- Aktiva Tetap Rp 34.264.320 - Laba Ditahan Rp 13.384.500
- Total Aktiva Rp 214.152.000 - Total Aktiva Rp 214.152.000

Jurnal eliminasi dan jurnal pembagian laba rugi anak perusahaan harus dilakukan agar proses pembuatan laporan perubahan modal segera diterbitkan. Laporan keuangan konsolidasi harus diaudit akan membuat pemegang saham mempercayai transaksi keuangannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Investasi Saham PT Mobile Legends Rp 20.000.000
Kas Rp 20.000.000
(Jurnal Pembelian Saham Anak Perusahaan)
06/01/2021Investasi Saham PT Mobile Legends Rp 18.304.756
Laba PT Masraffi Rp 18.304.756
(Jurnal Pengakuan Laba Anak Perusahaan)
31/01/2021Kas Rp 5.229.930
Investasi Saham PT Mobile   Legends Rp 5.229.930
(Jurnal Pembagian Dividen Saham)

Baca Juga: Contoh Soal Likuidasi Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Demikian contoh perhitungan perubahan modal anak perusahaan dan pembahasannya semoga dapat membantuk menentukan besarnya hak kontrol induk perusahaan. Transaksi yang mengakibatkan modal anak saham bertambah dan berkurang harus dicatat berdasarkan kebijakan akuntansi yang berlaku.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Perhitungan Perubahan Modal Anak Perusahaan dan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel