Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Perusahaan Yang Sudah Pernah Investasi

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban penggabungan usaha pada perusahaan yang sudah mempunyai investasi sebelumnya bisa terjadi karena adanya kemungkinan laba tahun berjalan yang diterimanya. Akuntansi keuangan lanjutan penggabungan usaha dapat menggunakan metode pembelian dan metode penyatuan kepentingan.

Contoh soal penggabungan usaha metode penyatuan kepentingan dan metode pembelian dapat dilakukan sebagai upaya perusahaan memastikan ketersediaan stock bahan baku dan barang dagang. Jika pemegang saham tidak sepakat untuk mengadakan merger, konsolidasi dan afiliasi maka harus dilaksanakan rapat umum pemegang saham.

Contoh kasus penggabungan usaha dan jawabannya akuntansi keuangan lanjutan harus menyesuaikan aturan tentang nilai wajar dan nilai buku. Perbedaan harga wajar dan nilai buku adalah pengakuan pencatatan aktiva perusahaan berdasarkan historis dan pengakuan nilai aktiva berdasarkan harga jual.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Perusahaan Yang Sudah Pernah Investasi


Prosedur Penggabungan Usaha dengan Metode Pooling of Interest

Prosedur penggabungan usaha dengan metode pooling of interest dapat terjadi ketika adanya kerjasama antara perusahaan tanpa mengubah nilai pertanggungjawabannya. Penggunaan metode penyatuan kepentingan tidak akan merubah harga dan hutang perusahaan tetapi akan dijadikan necara saldo konsolidasi.

Prosedur penggabungan usaha dengan metode penyatuan kepentingan dapat dilaksanakan dengan menyerahkan aktiva dan passiva berdasarkan nilai buku. Nilai investasi yang diakui menurut metode pooling of interest adalah sebesar aktiva bersih yaitu total aktiva dikurangi liabilitas yang dimiliki perusahaan.

Prosedur penggabungan usaha dengan metode pooling of interest tidak akan merubah jumlah aktiva dan passiva yang dilaporkan berdasarkan laporan posisi keuangan hasil auditor. Apabila terjadi selisih antara modal saham, agio saham akan dialokasikan dengan mempertimbangkan perhitungan rasio laba ruginya.

Baca Juga: Studi Kasus Accurate dan Pembahasannya

Contoh Penggabungan Usaha Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh penggabungan usaha akuntansi keuangan lanjutan dapat memperlihatkan perusahaan yang digabung masih memiliki kekuatan hukum atau dibubarkan. Akuisisi saham akan memberikan hak kendali atas modal perusahaan dengan memperjualbelikan saham antar perusahaan.

Contoh penggabungan usaha akuntansi keuangan lanjutan terjadi pada bank dan perusahaan manufaktur. Perbankan mengadakan merger dengan bank lain sehingga membentuk penggabungan horizontal. Perusahaan manufaktur mengadakan afiliasi dengan supplier bahan baku untuk membentuk penggabungan usaha vertikal.

Contoh kasus penggabungan usaha akuntansi keuangan lanjutan memang memfokuskan pada laporan posisi keuangan yang dibuat. Perlu diketahui, kewajiban menyetorkan pajak penghasilan harus dilakukan setiap bulannya dengan membayar angsuran pph pasal 25 dan membayar pph masa.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak dan Contohnya

Contoh Soal Penggabungan Usaha Perusahaan Sudah Memiliki Investasi Sebelumnya

Contoh soal penggabungan usaha perusahaan yang sudah memiliki investasi sebelumnya akan memandang perusahaan telah memenuhi syarat untuk dilakukannya pengambilalihan kekuasaan. Metode penggabungan usaha dapat menggunakan penyatuan kepemilikan atau pembelian.

Contoh soal dan jawaban penggabungan usaha perusahaan yang sudah mempunyai investasi sebelumnya akan mempengaruhi jumlah nilai investasi. Laporan posisi keuangan konsolidasi adalah hasil dari penjumlahan modal antar perusahaan berkaitan dengan aktiva dan liabilitas perusahaan.

Contoh kasus penggabungan usaha metode pooling of interest terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki saham sebanyak 54lot dengan harga @12.000. PT Kakraffi ingin memperoleh hak kendali atas CV Anugerah Abadi yang melaporkan posisi keuangan yaitu:

Keterangan PT Kakraffi CV Anugerah Abadi
- Investasi CV Anugerah Abadi Rp 75.000.000
- Aktiva Lain Rp 235.350.000 Rp 364.230.000
   Total Aktiva Rp 325.068.000 Rp 658.326.000
- Modal Saham @12.000 Rp 162.534.000 Rp 329.163.000
- Agio Saham Rp 97.520.400 Rp 197.497.800
- Laba ditahan Rp 65.013.600 Rp 131.665.200
   Total Passiva Rp 325.068.000 Rp 658.326.000

Apabila penggabungan usaha metode pooling of interest dilakukan dengan menggunakan mengeluarkan saham sebanyak 230lot dengan harga @12.000. Maka jurnal penggabungan usaha metode penyatuan kepentingna yang dapat dibuat oleh perusahaan adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31 Desember 2021Investasi pada CV Anugerah Abadi Rp 658.326.000
Modal saham Rp 276.000.000
Agio Saham Rp 175.660.800
Laba Ditahan Rp 131.665.200
Investasi pada CV Anugerah Abadi Rp 75.000.000
31 Desember 2021Aktiva Lain Rp 658.326.000
Investasi pada CV Anugerah Abadi Rp 658.326.000

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Likuidasi Sekutu Memiliki Modal Defisit

Demikian contoh soal dan jawaban penggabungan usaha perusahaan yang sudah pernah investasi semoga dapat membantu alokasi biaya gabungan antar departemen dalam akuntansi keuangan lanjutan. Prosedur penggabungan usaha harus mematuhi pernyataan standar akuntansi keuangan nomor 22.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Perusahaan Yang Sudah Pernah Investasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel