Contoh Soal dan Jawaban Keluarnya Anggota Sekutu dalam Perubahan Pemilikan Firma

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban keluarnya anggota sekutu dalam perubahan pemilikan firma diakibatkan adanya kebijakan akuntansi berkaitan dengan proses pembagian laba rugi persekutuan. Masuknya anggota firma mengakibatkan perubahan terhadap komposisi pemodal sehingga firma akan dinyatakan dibubarkan.

Contoh soal perubahan pemilikan firma karena adanya anggota sekutu yang keluar akan memperoleh hak modal akhir sesuai pencatatan di persekutuan. Keluarnya anggota sekutu harus menyelesaikan masalah keuangan seperti hutang dengan firma atau pihak ketiga bahkan ketika firma menanggung kerugian.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dapat dilakukan sebagai akibat adanya prosedur sekutu yang keluar dan masuk menjadi anggota. Jika anggota sekutu meninggal dunia maka firma akan dibubarkan atau dilanjutkan dengan pembentukan firma baru sesuai jumlah anggota yang tersisa.

Contoh Soal dan Jawaban Keluarnya Anggota Sekutu dalam Perubahan Pemilikan Firma


Penyebab Anggota Sekutu Keluar dari Firma

Penyebab anggota sekutu keluar dari firma sebab adanya perselisihan diantara para anggota lainnya. Sekutu yang telah menyetorkan modal maka dianggap sebagai modal seluruh anggota. Persekutuan akan didirikan dengan prosedur yang sedikit sehingga diharuskan masing-masing sekutu aktif dalam mengelola perusahaan.

Keluarnya anggota firma dari persekutuan diakibatkan adanya manipulasi data keuangan atau usaha yang dilakukan menderita keuntungan. Akuntansi perubahan pemilikan firma berkaitan dengan proses penerimaan sekutu baru dan proses perubahan aktiva non kas menjadi kas yang disebut dengan likuidasi persekutuan.

Penyebab anggota sekutu keluar dari firma karena adanya perselisihan diantara para anggota tentang pembagian laba rugi persekutuan. Tanggungjawab yang tidak terbatas terhadap kewajiban firma tentu mengakibatkan adanya harta pribadi yang harus dikorbankan ketika persekutuan menderita kerugian pada akhir periode.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pajak Penghasilan dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Metode Bonus dan Goodwill

Contoh soal dan jawaban metode bonus dan goodwill diakibatkan adanya perubahan terhadap kebijakan akuntansi tentang tata cara pemilik modal. Pengambilan harta pribadi (prive) di persekutuan akan mengurangi jumlah modal yang disetorkan dan dilakukan mutasi modal pada sekutu tersebut.

Contoh soal metode bonus dan goodwill dapat dilakukan sebagai upaya persekutuan melakukan pembagian laba rugi dan mengakui hak sekutu dalam firma. Keluarnya anggota sekutu mengakibatkan perubahan terhadap akta pendirian dimana hak dan kewajiban sekutu telah berakhir.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dapat dilakukan upaya agar persekutuan memperoleh keuntungan pada tahun tersebut. Likuidasi akibat perubahan pemilik dapat terjadi karena sekutu tidak memperoleh keuntungan dan pembagian laba rugi persekutuan yang telah ditentukan dalam akta pendirian.

Baca Juga: Cara Menghitung Goodwill dan Bonus yang Diterima Sekutu Baru

Contoh Kasus Perubahan Pemilikan Persekutuan Akibat Anggota Sekutu Keluar

Contoh kasus perubahan pemilikan persekutuan akibat anggota sekutu keluar dapat diakibatkan karena modal yang dicatat akan diberikan sesuai dengan hak sekutu tersebut. Metode goodwill dan metode bonus akan diakui sebagai akibat adanya selisih antara modal sekutu dengan hak yang akan dibayarkan firma ketika sekutu keluar.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan akibat keluarnya anggota sekutu dapat terjadi ketika perusahaan memperoleh keuntungan pada akhir tahun berjalan. Goodwill negatif adalah pengurang dari goodwill firma yang telah terbentuk sebelumnya ketika prosedur masuk dan keluarnya anggota sekutu.

Kasus keluarnya anggota firma terjadi pada persekutuan anugerah yang mengalami kerugian. Kakraffi memutuskan untuk keluar dari firma dengan memperoleh kas sebesar Rp 35.000.000. Laporan posisi keuangan menunjukkan modal akhir kakraffi adalah Rp 32.000.000. Buatlah ayat jurnal penyesuaian metode goodwill yang diperlukan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2022Modal Kakraffi Rp 32.000.000
Goodwill Rp 3.000.000
Kas Rp 35.000.000

Baca Juga: Contoh Perubahan Pemilikan Persekutuan Karena Masuknya Anggota Sekutu Baru

Demikian contoh soal dan jawaban keluarnya anggota sekutu dalam perubahan pemilikan firma semoga dapat membantu memahami soal essay dan pilihan ganda akuntansi keuangan lanjutan tentang persekutuan firma.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Keluarnya Anggota Sekutu dalam Perubahan Pemilikan Firma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel