Contoh Soal dan Jawaban Metode Bonus Masuknya Sekutu Baru

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban metode bonus masuknya sekutu baru dalam persekutuan menjadi pertimbangan dalam membuat neraca saldo awal persekutuan. Penerimaan sekutu baru dan pelepasan sekutu lama harus diikuti dengan perubahan terhadap akta pendirian sebagai upaya memenuhi ketentuan hukum yang berlaku.

Contoh soal penerimaan sekutu baru dan sekutu lama meninggal dunia menjadi upaya memperoleh keuntungan pada tahun berjalan. Apa penyebab terjadinya perubahan kepemilikan persekutuan adalah adanya perubahan terhadap akta pendirian seperti prosedur penambahan sekutu yang bergabung diusaha tersebut.

Metode pencatatan masuknya anggota sekutu baru dapat dilakukan sebagai upaya membuat laporan posisi keuangan sesuai prinsip akuntansi berterima umum. Setelah adanya perubahan terhadap komposisi pemodal maka persekutuan akan membagikan laba rugi sesuai persentase baru yang telah disepakati.

Contoh Soal dan Jawaban Metode Bonus Masuknya Sekutu Baru


Pertanyaan Tentang Penerimaan dan Pelepasan Sekutu Firma

Pertanyaan tentang penerimaan anggota sekutu baru dalam persekutuan menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan laporan posisi keuangan. Ketika firma memperoleh keuntungan maka akan menarik investor baru sehingga kemungkinan laba tahun berjalan dapat bertambah.

Pertanyaan tentang pembubaran persekutuan terjadi ketika salah satu anggota firma keluar atau anggota firma meninggal dunia. Komposisi anggota persekutuan yang tidak sesuai akta pendirian akan mengakibatkan adanya ketidaksesuaian terhadap ketentuan yang berlaku di badan hukum tersebut.

Pertanyaan tentang pembentukan dan pembagian laba rugi persekutuan harus diterangkan dalam pasal di akta pendirian. Pembagian laba rugi yang tidak diterangkan dalam akta pendirian akan dianggap menggunakan metode perbandingan antara jumlah anggota sekutu yang telah menyetorkan dananya.

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Pemilikan Persekutuan Firma

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan firma berkaitan dengan alokasi modal yang telah disetorkan masing-masing sekutu. Pembubaran persekutuan adalah tindakan anggota sekutu untuk melikuidasi seluruh aktiva non kas menjadi kas dan akan digunakan melunasi hutang pihak ketiga dan mengembalikan modal pemilik.

Contoh soal perubahan kepemilikan persekutuan dan jawabannya menjadi dasar bagi akuntan dalam menentukan jumlah modal yang dimiliki masing-masing sekutu. Jika salah satu anggota persekutuan meninggal dunia maka firma secara badan hukum akan dianggap bubar dan harus melakukan revisi akta pendirian.

Contoh kasus perubbahan pemilikan persekutuan menjadi hal yang harus diterangkan dalam pasal akta pendirian. Pembagian laba rugi persekutuan menjadi dasar bagi akuntan untuk mendistribusikan seluruh keuntungan yang didapatkan. Alasan menggunaan metode bonus adalah akan mengubah laporan perubahan modal sekutu lama.

Baca Juga: Contoh Kasus Joint Venture dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Metode Bonus Masuknya Anggota Sekutu Baru dalam Persekutuan

Contoh soal dan jawaban metode bonus masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan mengakibatkan adanya perubahan modal yang telah dimiliki sekutu lama. Apabila modal sekutu baru dicatat lebih besar atau lebih kecil dari jumlah kekayaan yang disetorkan diperusahaan akan mempengaruhi modal akhir masing-masing sekutu.

Contoh soal metode bonus dan metode goodwill menjadi cara yang digunakan untuk mendistribusikan nilai lebih dari anggota sekutu baru. Akuntansi keuangan lanjutan membahas tentang persekutuan berisikan materi tentang siklus pendirian, pembagian laba rugi, perubahan pemilikan persekutuan bahkan likuidasi firma.

Contoh soal metode goodwill dan metode bonus dalam perubahan pemilikan persekutuan tentu dapat terjadi karena tambahan keuntungan akan menarik sekutu baru untuk bergabung. Firma Puspitasari merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang ritel dimana didirikan oleh puspita dan sari dengan modal akhir Rp 20.000.000 dan Rp 11.000.000.

Cara menghitung metode bonus dalam masuknya anggota sekutu baru terjadi ketika kakraffi bergabung dengan menyerahkan modal Rp 30.000.000 dan memperoleh hak sebesar 55%. Adapun perhitungan modal tercatat dan total kekayaan yang diserahkan di firma dalah:

Jumlah Modal Firma
- Puspita Rp 20.000.000
- Sari Rp 11.000.000
- Kakraffi Rp 30.000.000
Total Kekayaan Rp 61.000.000
Hak Modal Sekutu Baru Rp 33.550.000
Kelebihan Setoran Rp 3.550.000
Pemberian bonus
- Puspita Rp 2.290.323
- Sari Rp 1.259.677
Penambah Hak Sekutu Baru Rp 3.550.000

Contoh kasus masuknya anggota sekutu baru dapat mengakibatkan berubahnya modal sekutu lama sebab penggunaan metode bonus. Alasan menggunakan metode bonus adalah dianggap sebagai tambahan keuntungan atau kerugian seperti penyetoran tambahan modal berdasarkan laporan laba rugi.

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2021Kas Rp 30.000.000
Modal Puspita Rp 2.290.323
Modal Sari Rp 1.259.677
Modal Sekutu Baru Rp 33.550.000

Baca Juga: Pengertian dan Proses Likuidasi Persekutuan

Demikian contoh soal dan jawaban metode bonus masuknya anggota sekutu baru semoga dapat membantu memahami materi persekutuan akuntansi keuangan lanjutan. Jika anggota sekutu meninggal dunia maka berdasarkan karakterisik firma harus dibubarkan secara badan hukum.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Metode Bonus Masuknya Sekutu Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel