Contoh Soal Firma Yang Didirikan Oleh Anggota Yang Sudah Memiliki Usaha

Konten [Tampil]

Contoh soal firma yang didirikan oleh anggota yang sudah memiliki usaha akan memperluas jangkauan pangsa pasar yang telah dilakukan oleh sekutu. Tujuan persekutuan didirikan adalah mencari keuntungan dengan menggunakan segala sumber daya modal dan sumber daya manusia untuk memperluas pasar penjualan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi pembentukan persekutuan hendaknya melaporkan seluruh transaksi yang berhubungan dengan pertanggungjawaban harta dan kewajiban sekutu. Akuntansi pendirian firma dapat menjadi solusi agar proses pembentukan organisasi laba dapat menyesuaikan dengan kebijakan akuntansi yang berlaku.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 1 tentang persekutuan dapat berupa informasi tentang pembagian laba rugi, masuknya sekutu baru, keluarnya sekutu lama dan proses likuidasi firma. Karakteristik firma adalah adanya umur terbatas (limited life) sebab perubahan sekutu menyebabkan pembubaran organisasi.

Contoh Soal Firma Yang Didirikan Oleh Anggota Yang Sudah Memiliki Usaha


Karakteristik Persekutuan atau Firma

Karakteristik persekutuan atau firma adalah ciri-ciri yang terdapat dalam suatu organisasi yang berkaitan dengan proses pencarian keuntungan bagi perusahaan. Contoh laporan keuangan firma harus menyesuaikan dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum seperti persamaan dasar akuntansi.

Perbedaan firma dan perseroan terbatas harus dijelaskan dalam akta pendirian perusahaan. Informasi yang terdapat dalam akta pendirian persekutuan adalah nama dan alamat sekutu, jenis usaha firma, hak dan tanggungjawab sekutu dan jumlah modal yang disetorkan masing-masing sekutu pada saat pendirian organisasi.

Perbedaan perseroan terbatas dan persekutuan hendaknya menjadi pertimbangkan dalam membentuk organisasi laba. Persekutuan memiliki tanggungjawab terhadap hutang yang tidak terbatas sehingga menjadikan harta pribadi sebagai alat untuk melunasi hutang perusahaan ketika aktiva firma tidak menyukupinya.

Baca Juga: Prosedur Keluarnya Anggota Sekutu Lama

Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan terdiri dari anggota sekutu yang memiliki usaha dan anggota sekutu yang tidak memiliki usaha. Perbedaan metode goodwill dan bonus dalam menilai keunggulan sekutu harus ditetapkan sesuai dengan nilai wajar pada saat pembentukan firma.

Contoh soal dan jawaban akuntansi pendirian persekutuan akuntansi keuangan lanjutan mengharuskan sekutu untuk terlibat aktif dalam mengelola firma secara langsung. Tujuan firma didirikan adalah memperluas pasar penjualan dan mencari keuntungan terhadap biaya yang telah dikeluarkan perusahaan.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 tentang persekutuan hendaknya menjadi acuan dalam membuat jurnal transaksi. Transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan kondisi keuangan sehingga mengakibatkan adanya penerimaan kas dan pengeluaran kas.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Mudharabah

Contoh Laporan Keuangan Firma

Contoh laporan keuangan firma persekutuan harus meliputi informasi tentang aktiva, liabilitas dan ekuitas perusahaan yang harus dilaporkan setiap periode. Kinerja keuangan menjadi bagian terpenting untuk mengetahui adanya laba tahun berjalan yang harus dikenakan pajak penghasilan badan.

Laporan keuangan persekutuan berisi informasi tentang ekuitas dan liabilitas yang dimiliki perusahaan untuk membentuk sebuah kekayaan. Ekuitas adalah kekayaan perusahaan dan liabilitas adalah hutang perusahaan kepada pihak ketiga. Sumber daya modal perusahaan harus dapat dipergunakan untuk membeli aktiva dalam rangka menjalankan kegiatan operasional.

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan terjadi pada Firma Anugerah yang akan didirikan oleh dekraffi dan kakraffi. Kakraffi telah menyetorkan kas sebesar Rp 23.000.000 dan aktiva tetap dengan nilai wajar Rp 52.000.000. Apabila dekraffi menyerahkan seluruh harta dalam usaha yang telah berjalan sebagai berikut ini.

Firma Dekraffi
Laporan Posisi Keuangan
Kas Rp 29.019.000 Hutang Usaha Rp 24.182.500
Piutang Rp 9.673.000 Hutang Bank Rp 14.509.500
Perlengkapan Rp 19.346.000
Aktiva tetap Rp 3.869.200 Modal Masraffi Rp 58.038.000
Jumlah Rp 96.730.000 Jumlah Rp 96.730.000

Jurnal pembentukan persekutuan yang dibuat ketika salah satu anggota sekutu telah memiliki usaha sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Kas Rp 23.000.000
Aktiva Tetap Rp 52.000.000
Modal Dekraffi Rp 75.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Masuknya Anggota Sekutu Baru

Demikian contoh soal firma yang didirikan oleh anggota yang sudah memiliki usaha semoga setelah omzet perusahaan mencapai batas pengakuan menjadi pengusaha kena pajak harus cepat mendaftar agar dapat memotong pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Firma Yang Didirikan Oleh Anggota Yang Sudah Memiliki Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel