Contoh Soal Dividen Saham, Dividen Likuidasi, Dividen Properti dan Dividen Kas

Konten [Tampil]

Contoh soal dividen saham, dividen likuidasi, dividen properti dan dividen kas menjadi salah satu bentuk pembagikan laba ditahan perusahaan. Saham preferen dan saham biasa akan mengakibatkan jumlah laba ditahan yang berkurang bergantung pada tanggal pengumuman dan tanggal pembagian laba ditahan tersebut.

Cara menghitung dividen saham akan melibatkan nilai pari (nilai nominal) atas saham baru yang diterbitkan. Contoh soal dividen saham dan jawabannya akan terjadi ketika perusahaan ingin memperluas pasarnya dan adanya tuntutan dari pemegang saham untuk membagikan hasil kinerja dalam satu periode.

Contoh soal dividen manajemen keuangan menjadi bagian dari akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi. Dividen adalah pembagian laba ditahan yang telah didapatkan selama beberapa periode ke pemegang saham dalam berbagai macam bentuk. Biasanya dividen saham yang dibagikan adalah saham biasa.

Contoh Soal Dividen Saham, Dividen Likuidasi, Dividen Properti dan Dividen Kas


Alasan Perusahaan Membagikan Dividen Saham, Dividen Tunai, Dividen Likuidasi dan Dividen Kas

Alasan perusahaan membagikan dividen kepada para pemegang saham adalah untuk memberikan hak atas modal yang telah diberikan dalam rangka menjalankan kegiatan produksi sehari-hari. Perusahaan yang mengeluarkan dividen akan mencatatnya sebagai hutang dividen sampai terdapat kas atau setara kas untuk membayarnya.

Alasan perusahaan tidak membagikan dividen yang diperoleh atas laba berjalan suatu periode tentunya memenuhi persyaratan yang memelihara persetujuan kreditur, memenuhi persyaratan regulasi, mempengaruhi arus kas dan memelihara dari masalah likuidasi perusahaan.

Alasan perusahaan memberikan dividen saham adalah tidak menyebabkan adanya aliran kas yang keluar dari perusahaan walaupun terdapat pembagian dividen. Hubungan dividen dengan laba ditahan adalah semakin banyak laba ditahan maka perusahaan hendaknya membagikan dividen untuk para pemegang saham sebagai hasil dari investasinya.

Baca Juga: Contoh Soal Management Letter Ketika Proses Audit

Hubungan Dividen Dengan Laba Ditahan

Hubungan dividen dengan laba ditahan mengharuskan para pemegang saham memperoleh hasil investasi yang telah dilakukannya. Ada 3 hal sebagai akibat pembagian dividen diantaranya perusahaan harus mempunyai kas yang cukup, perusahaan harus terbebas dari masalah likuiditas dan dapat menjalankan rencana dimasa depan.

Hubungan dividen dengan laba ditahan dapat dianalogikan seperti keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam satu periode akuntansi akan dikelompokkan pada akun laba ditahan. Persetujuan pembagian dividen akan dilakukan oleh dewan komisaris untuk memberikan hak penghasilan bagi para investor atas modalnya.

Hubungan laba ditahan dengan dividen beranggapan bahwa perusahaan telah mampu memperoleh kinerja perusahaan yang baik sehingga pemegang saham mengharapkan hasil investasi yang diberikannya. Alasan perusahaan untuk memberikan dividen saham adalah mencegah terjadinya kekosongan kas dan setara kas yang dapat menyebabkan masalah likuidasi diperusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Wesel Berbunga dan Tanpa Bunga

Contoh Soal Dividen Saham Properti dan Jawabannya

Contoh soal dividen saham dan dividen properti serta jawabannya pada dasarnya menjadi hasil investasi yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham. Perusahaan yang tidak membagikan dividen tunai biasanya memprioritaskan pembangunan perusahaan sehingga menjadikannya alat bantu mencegah masalah likuiditas.

Contoh soal dividen saham dan jawabannya terjadi pada PT Kakraffi yang dibangun dengan modal saham sebesar 10.000 lembar seharga Rp 5.000 dan nilai wajar Rp 6.000. Pada tanggal 4 januari 2020 perusahaan mendapatkan laba ditahan sebesar Rp 70.000.000 dan akan dibagikan dalam bentuk dividen saham sebesar 10% dimana jumlah saham beredar adalah 7.000. Adapun laporan posisi keuangan sebelum pembagian dividen yaitu

Saham Biasa Rp 50.000.000
Agio Saham Biasa Rp 10.000.000
Laba Ditahan Rp 75.000.000
Jumlah Rp 135.000.000

Cara menghitung pembagian dividen saham dilakukan dengan mengetahui jumlah saham yang akan diterbitkan yaitu 10% x 7.000 = 700. Apabila harga pasar lembar saham adalah Rp 6.000. Jurnal pengumuman pembagian dividen saham adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/01/2020Laba Ditahan Rp 4.200.000
Saham Akan Diterbitkan Rp 3.500.000
Agio Saham Biasa Rp 700.000

Jurnal pembagian dividen saham akan mengakibatkan adanya pembebanan terhadap hutang dividen. Perusahaan yang tidak membagikan saham tetapi sudah melakukan pengumuman maka akan tetap dicatat sebagai hutang dividen. Adapun jurnal pembagian dividen saham adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Saham Akan Diterbitkan Rp 3.500.000
Saham Biasa Rp 3.500.000

Baca Juga: Contoh Soal Pengumuman dan Pembagian Dividen Tunai

Demikian contoh soal dividen saham, dividen likuidasi, dividen properti dan dividen kas dalam materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi. Cara menghitung pembagian dividen pada saat pengumuman menjadi pertanda bahwa perusahaan akan mengakuinya sebagai liabilitas jangka pendek.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Dividen Saham, Dividen Likuidasi, Dividen Properti dan Dividen Kas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel