Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pencatatan Penerbitan Saham

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham akan berkaitan dengan kepemilikan modal dari masing-masing perusahaan. Jurnal penerbitan saham preferen dan saham biasa akan dilakukan pencatatan sesuai dengan akta pendirian yang mencantumkan jumlah saham maksimum yang dapat dibeli.

Contoh soal modal saham dan jawabannya harusnya dapat membedakan antara modal dasar perseroaan dan modal ditempatkan. Penerbitan saham dalam akuntansi harus dilakukan dengan mempertimbangkan perbandingan antara modal dasar dengan modal ditempatkan. Modal ditempatkan tidak boleh melebihi modal dasar kecuali melakukan perubahan akta pendirian.

Contoh soal metode proporsional dan inkremental berkaitan dengan jumlah saham yang dicetak dan siap diperjualbelikan dipasar bursa. Jurnal penerbitan saham biasa dan preferen harus dibuat dimana ketika saham telah dibeli dan dimiliki pemegang saham disebut modal saham beredar.

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pencatatan Penerbitan Saham


Contoh Soal Modal Saham dan Laba Ditahan

Contoh soal modal saham dan laba ditahan akan mengakibatkan adanya penerbitan saham baru. Nilai pari saham adalah nilai nominal saham yang diperjualbelikan di pasar bursa. Agio saham dan disagio saham akan terjadi ketika perusahaan menjual saham diatas atau dibawah nilai pari sehingga terjadi keuntungan dan kerugian perusahaan.

Contoh soal laba ditahan dan modal saham akan terjadi dan mengakibatkan adanya pembagian dividen saham, dividen tunai, dividen properti dan dividen likuidasi. Saham treasuri dalam laporan posisi keuangan terjadi ketika perusahaan membeli kembali saham yang telah dijual pada bursa efek.

Perbedaan saham treasuri dan saham biasa serta saham preferen adalah nilai yang diakui sebagai ekuitas modal perusahaan. Penerbitan saham akan dimulai dengan penjualan saham kepada underwriter dimana lembaga penjamin akan menjualnya kepada para investor. Contoh lembaga penjamin adalah bank dan lembaga keuangan lainnya.

Baca Juga: Prosedur Audit Subsequent Events dan Penyelesaian Pemeriksaan

Contoh Soal Pencatatan Penerbitan Saham Preferen dan Saham Biasa

Contoh soal pencatatan penerbitan saham preferen dan sahan biasa akan terjadi ketika perusahaan menjual kepemilikan kepada lembaga penjamin. Perusahaan akan memperoleh keuntungan dan kerugian yang diakui sebagai agio saham dan disagio saham dalam laporan posisi keuangan.

Contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham kadang dikeluarkan saham tanpa melalui lembaga penjamin seperti bank. Calon investor dapat menandatangani kontrak pesanan saham agar ketika saham siap diterbitkan maka perusahaan dapat melakukan penagihan saham kepada investor tersebut.

Contoh soal dan jawaban saham preferen dan saham biasa akan menyajikan informasi tentang keuntungan dan kerugian yang diperoleh selama pembuatan laporan keuangan. Pembelian saham dapat dilakukan dengan menggunakan kas, pesanan bahkan melalui penjualan di pasar modal perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham

Jurnal Penerbitan Saham Biasa dan Saham Preferen

Jurnal penerbitan saham biasa dan saham preferen akan berguna ketika perusahaan melakukan penjualan dengan kriteria saham tertentu. Penerbitan saham dalam akuntansi adalah proses mendapatkan sumber dana yang berasal dari investor asing yang bukan merupakan pendiri perusahaan.

Contoh soal penerbitan saham biasa dan saham preferen terjadi pada PT Kakraffi yang menjual saham sebanyak 5.000 dengan nilai par Rp 6.000 dengan kurs 105. Buatlah jurnal penjualan saham preferen yaitu.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/11/2020Kas Rp 31.500.000
Saham Preferen Rp 30.000.000
Agio Saham Preferen Rp 1.500.000

Jurnal penerbitan saham biasa dan saham preferen terjadi ketika PT Kakraffi menjual saham biasa seharga Rp 60.000.000 dengan harga jual sebesar Rp 75.000.000. Buatlah jurnal pembelian saham kepada para investor tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/11/2020Kas Rp 75.000.000
Saham Biasa Rp 60.000.000
Agio Saham Biasa Rp 15.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Dividen Saham Properti dan Dividen Likuidasi

Demikian contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham preferen dan saham biasa semoga dapat membantu proses modal saham dan laba ditahan perusahaan ya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pencatatan Penerbitan Saham"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel