Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun dan Jawaban

Konten [Tampil]

Contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun dan jawabannya akan memberitahu bahwa perusahaan dapat menyesuaikan metode penyusutan sesuai dengan tahunnya. Rumus dan cara menghitung depresiasi metode jumlah angka tahun harus dikaitkan dengan kebijakan perpajakan guna menghindari adanya pajak penghasilan badan yang kurang dibayar.

Contoh soal dan jawaban metode jumlah angka tahun dapat terjadi ketika kebijakan perusahaan untuk menyusutkan aset selama beberapa tahun. Metode jumlah angka tahun adalah penjumlahan dari tahun yang digunakan sebagai dasar umur manfaat aktiva tetap.

Contoh soal metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu akan terjadi ketika perusahaan tidak mengakui adanya nilai aktiva tetap setelah berakhirnya proses penyusutan. Nilai buku adalah biaya perolehan aktiva tetap setelah dikurangi adanya akumulasi penyusutan aktiva yang dilakukan setiap tahunnya.

Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun dan Jawaban


Rumus Depresiasi Jumlah Angka Tahun

Rumus depresiasi jumlah angka tahun akan memberikan informasi bahwa perusahaan telah menentukan batas waktu penyusutan aktiva tetap. Depresiasi per komponen adalah penyusutan yang dilakukan untuk setiap komponen aktiva tetap perusahaan dimana biaya depresiasi dapat dijadikan beban pengurangan laba tahun berjalan.

Rumus penyusutan metode jumlah angka tahun membutuhkan pengkategorian aktiva tetap sesuai kebijakan perpajakan. Apabila perusahaan melakukan revaluasi aktiva tetap, maka harus mengubah taksiran tahun berjalan dan taksiran tahun selanjutnya untuk menghindari adanya ketidakpercayaan oleh investor perusahaan.

Rumus penyusutan metode jumlah angka tahun excel berasal dari penjumlahan setiap umur manfaat. Contoh jumlah angka tahun seperti sebuah kendaraan memiliki umur manfaat selama 4 tahun, maka berdasarkan metode jumlah angka tahun perusahaan harus menyusutkan kendaraan selama 10 periode (1+2+3+4).

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh Soal dan Pembahasan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun menjadikan akuntan perusahaan dapat menyesuaikan jumlah pajak penghasilan badan yang harus disetorkan. Ketentuan umum pajak memperbolehkan beban depresiasi dijadikan sebagai biaya untuk mengurangi adanya laba tahun berjalan.

Contoh soal dan jawaban metode jumlah angkta tahun akan mempermudah dalam memaksimumkan laba bersih. Perusahaan yang menggunakan metode saldo menurun berganda akan meminimumkan jumlah pajak penghasilan badan yang harus disetorkan. Depresiasi adalah proses alokasi biaya perolehan selama umur penggunaan aktiva tetap.

Contoh soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun terjadi pada PT Kakraffi yang telah membeli komputer seharga Rp 5.000.000. Agar komputer dapat digunakan, perusahaan harus memasang sistem informasi akuntansi dengan biaya Rp 500.000. Apabila perusahaan menggunakan metode jumlah angka tahun dan komputer diklasifikasikan sebagai kategori pertama dalam pajak. Buatlah jurnal penyusutan yang diperlukan?

Baca Juga: Pengertian Subsequent Event dan Contohnya

Contoh Perhitungan Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh perhitungan penyusutan metode jumlah angka tahun mengharuskan perusahaan mengetahui jumlah periode per tahun yang dilaluinya. Rumus depresiasi metode jumlah angka tahun adalah penjumlahan setiap tahun berdasarkan umur ekonomis. Apabila umur ekonomis selama 4 tahun maka (1+2+3+4) = 10 periode.

Bagaimana cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun menjadikan perusahaan harus menanggung beban depresiasi yang besar pada awal penggunaan aktiva tetap. Pajak penghasilan badan jika menggunakan metode jumlah angka tahun yang disetorkan dapat diminimalkan sebab laba perusahaan berkurang.

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun aktiva tetap akan diawali dengan proses menentukan biaya perolehan. Biaya Perolehan adalah beban yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan aktiva tetap sampai aktiva siap digunakan produksi atau konsumsi. Jurnal pembelian aktiva tetap yang dibuat adalah.

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/01/2020Mesin Rp 5.500.000
Kas Rp 5.500.000

Tabel penyusutan metode jumlah angka tahun dapat dibuat agar mempermudah menyusutkan biaya perolehan aktiva selama umur ekonomisnya.

TahunPeriodeTotal PeriodeBiaya PerolehanBeban Depresiasi
2020410 Rp 5.500.000 Rp 2.200.000
2021310 Rp 5.500.000 Rp 1.650.000
2022210 Rp 5.500.000 Rp 1.100.000
2023110 Rp 5.500.000 Rp 550.000

Jurnal depresiasi aktiva tetap menggunakan metode jumlah angka tahun pada tahun pertama pembelian adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Beban Depresiasi Rp 2.200.000
Akumulasi Depresiasi Rp 2.200.000

Baca Juga: Alasan Perusahaan Tidak Membagikan Dividen

Demikian contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun dan jawabannya semoga dapat memperkecil pajak penghasilan badan tahun pertama. 

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun dan Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel