Alasan Perusahaan Tidak Membagikan Dividen Kepada Pemegang Saham

Konten [Tampil]

Alasan perusahaan tidak membagikan dividen saham dan dividen tunai kepada pemegang saham tentunya berkaitan dengan pertimbangan atas rasio likuiditas terhadap pembayaran liabilitas jangka pendek. Contoh soal dividen saham preferen dan saham biasa akan membuktikan bahwa laba ditahan perusahaan tidak akan berkurang.

Contoh soal dividen saham preferen dan saham biasa, dividen properti, dividen likuidasi dan dividen tunai menjadi bentuk pembagian atas hasil produksi perusahaan. Alasan perusahaan membagian dividen saham daripada dividen tunai adalah mempertahankan jumlah ekuitas modal perusahaan dan kemampuan perusahaan membayar hutang jangka pendek.

Contoh soal dan jawaban dividen saham preferen dan saham biasa akan mengakibatkan jumlah modal perusahaan dan laba ditahan tidak akan berkurang bahkan tidak menambah jumlah hutang perusahaan. Bagaimana tata cara pembagian dividen perusahaan, hubungan dividen dengan laba ditahan dan alasan perusahaan membagikan dividen?

Alasan Perusahaan Tidak Membagikan Dividen Kepada Pemegang Saham


Alasan Perusahaan Tidak Membagian Dividen

Alasan perusahaan tidak membagikan dividen tentunya berkaitan dengan adanya rencana perusahaan menggunakan kas dalam jumlah besar. Utang dividen dicatat perusahaan pada saat perusahaan memutuskan membagikan dividen saham kepada pemegang saham yaitu tanggal pengumuman.

Alasan perusahaan membagikan dividen kepada pemegang saham adalah memberikan sinyal bahwa perusahaan mampu memberikan imbal balik atas investasi dan mampu mengatasi masalah likuidasi ketika pembagian dividen diberikan. Tujuan kebijakan dividen adalah memberikan kepastikan kapankah dividen akan dipotong oleh pajak penghasilan pasal 4 ayat 2.

Alasan perusahaan memberikan dividen shaam daripada dividen tunai adalah mempertahankan jumlah ekuitas perusahaan. Seluruh jenis dividen seperti dividen saham, dividen properti, dividen likuiditas dan dividen tunai akan menambah jumlah hutang yang harus dibayarkan kecuali dividen saham yang akan mempertahankan jumlah modal perusahaan.

Baca Juga: Mengapa Audit Laporan Laba Rugi Perlu Dilakukan

Contoh Soal Dividen Tunai dan Jawabannya

Contoh soal pembagian dividen tunai dan jawabannya akan digunakan sebagai dasar pembuatan laporan keuangan tahunan dan penentuan pembagian laba per lembar saham. Dividen tunai akan mengurangi jumlah modal dan meningkatkan liabilitas jangka pendek sehingga menurunkan rasio likuiditas.

Contoh soal pengumuman dan pembagian dividen tunai dan jawabannya akan berguna bagi perusahaan yang baru didirikan. Perusahaan yang berencana memperluas pangsa pasar alangkah baiknya membagikan dividen saham untuk mempertahankan jumlah ekuitas modal perusahaan.

Contoh soal dividen kas dan jawabannya telah terjadi pada PT Masraffi yang mendapatkan laba tahun berjalan sebesar Rp 65.000.000. Dewan komisaris mensetujui untuk membagikan 70% laba ditahan sebagai dividen tunai. Buatlah jurnal pengumuman dan pembagian dividen kas atau dividen saham tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pemeriksaan Pendapatan dan Beban Tahun Berjalan

Jurnal Pengumuman Pembagian Dividen Saham

Jurnal pengumuman pembagian dividen saham akan digunakan sebagai dasar proses pembukuan diperusahaan. Pembagian dividen tunai kepada orang pribadi dan badan akan dikenakan pajak penghasilan yang harus dipotongkan dari dasar pengenaan pajak. Alangkah baiknya perusahaan memberikan bukti potong kepada para pemegang saham untuk pelaporan pajaknya.

Jurnal pengumuman dan pembagian dividen tunai akan dilakukan dengan mempertimbangkan rasio likuiditas. Walaupun laba ditahan perusahaan banyak, tetapi kas dan setara kas tidak cukup untuk dibagikan maka alangkah baiknya perusahaan membagikan dividen dalam bentuk dividen saham.

Jurnal pengumuman pembagian dividen tunai akan mengakibatkan kewajiban jangka pendek perusahaan bertambah dan akan mengurangi laba ditahan. Laba ditahan adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan selama beberapa periode yang belum dibagikan kepada pemegang saham. Adapun jurnal pembagian dividen adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/01/2020Laba Ditahan Rp 45.500.000
Hutang Dividen Rp 45.500.000

Jurnal pembagian dividen tunai akan tetap mengurangi jumlah liabilitas jangka pendek. Dividen akan mengurangi jumlah modal layaknya prive atau pengambilan pribadi perusahaan perseorangan. Adapun jurnal umum yang dibuat pada saat pembagian dividen tunai atau dividen kas perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
10/01/2020Hutang Dividen Rp 45.500.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 40.950.000
Kas Rp 4.550.000

Baca Juga: Contoh Soal Dividen Saham Preferen dan Saham Biasa

Demikian alasan perusahaan tidak membagikan dividen kepada pemegang saham semoga dapat membantu mengatasi contoh soal dividen tunai dan dividen kas serta jawabannya.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Perusahaan Tidak Membagikan Dividen Kepada Pemegang Saham"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel