Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Ekuitas Modal Pemegang Saham

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan ekuitas modal pemegang saham akan menunjukkan total kekayaan pemilik modal pada perusahaan yang diinvestasikan. Kasus audit terkait modal perlu dilakukan walaupun transaksi modal jarang terjadi diperusahaan. Badan usaha terdiri dari badan usaha perseorangan, persekutuan dan perseroan terbatas.

Contoh kertas kerja pemeriksaan ekuitas modal pemilik perusahaan akan memperlihatkan jumlah uang yang ditanamkan diperusahaan sebagai modal saham. Seluruh kekayaan perusahaan dikurangi kewajiban disebut brainly yaitu modal pemilik perusahaan atau sekutu dalam firma.

Contoh kasus pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas dapat terdiri dari saham preferen, saham biasa dan agio saham. Jumlah modal dasar tidak boleh melebihi modal disetor sebab apabila perusahaan melebihi jumlah tersebut harus mengubah akta pendirian yang disahkan oleh menteri hukum dan ham.

Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Ekuitas Modal Pemegang Saham


Pertanyaan Tentang Pemeriksaan Ekuitas

Pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas tentu melibatkan bukti audit yang dibuatkannya. Audit ekuitas modal perusahaan berarti memeriksa kewajaran saldo pemilik perusahaan ketika terjadi penambahan dan pengurangan sesuai transaksi yang terjadi. Pemahaman dan penilaian pengendalian internal menjadi hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan substantive test.

Pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas tentu melibatkan akta pendirian dimana terdapat jumlah modal ditanam. Modal ditanam harus sama dengan jumlah modal disetor dan perseroan terbatas hanya dapat memperjualbelikan saham antar para pemilik modal dalam bentuk persentase dari jumlah saham perusahaan.

Pembelian kembali saham atau treasury stock menjadi transaksi yang mengakibatkan perubahan jumlah saham di perusahaan. Pertanyaan pemeriksaan modal pemegang saham berkaitan dengan bagaimana cara meningkatkan harga pasar saham dan pembagian saham bonus kepada para manajer dan pengawas perusahaan.

Baca Juga: Tanggal Faktur Sebelum Tanggal Permintaan NSFP

Contoh Kasus Pemeriksaan Terkait Ekuitas Modal Perusahaan

Contoh kasus pemeriksaan terkait ekuitas modal perusahaan mengakibatkan adanya evaluasi terhadap struktur permodalan, internal control, perubahan transaksi saham di perusahaaan. Apabila terjadi kerugian mencapai 50% dari jumlah modal yang telah disetorkan pemilik, maka klien diharuskan melaporkan ke pengadilan negeri untuk diumumkan.

Contoh kasus pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas memungkinkan adanya penyetoran sejumlah modal tambahan dalam bentuk barang atau setoran bukan kas. Oleh sebab itu, diwajibkan perusahaan harus menilai wajar aset bukan kas yang telah disetorkan ke perusahaan dan harus mendapatkan persetujuan dari dewan komisaris.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan modal perseroan terbatas terjadi pada PT Masraffi yang memiliki jumlah modal pada akhir laporan keuangan sebesar Rp 420.000.000. Penambahan modal dan pengurangan ekuitas yang terjadi sebesar Rp 213.000.000 diantaranya sebesar Rp 113.000.000 menjadi rugi selisih kurs, buatkan audit adjustment yang diperlukan?

Baca Juga: Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas Perseroan Terbatas

Contoh kertas kerja pemeriksaan ekuitas perseroaan terbatas berisi tentang saldo awal, penambahan dan pengurangan modal dengan bukti audit yang diperoleh sehingga mendapatkan saldo akhir. Pengujian substantif terhadap ekuitas pemegang saham seperti pemeriksaan perkiraan laba rugi dan akumulasi kerugian perusahaan.

Kertas kerja pemeriksaan ekuitas pemegang saham ketika terjadi koreksi terhadap laba rugi tahun lalu, haruslah mengetahui kewajaran saldo dan kelengkapan bukti untuk menambah laba tahun berjalan. Ketika auditor tidak dapat memberikan opini wajar tanpa pengecualian sebab adanya masalah going concern maka diharapkan pemegang saham menambah jumlah setoran modal pada tahun berikutnya.

Contoh kertas kerja pemeriksaan berdasarkan contoh soal dan awaban audit pemeriksaan ekuitas modal pemegang saham. Dapat diketahui bahwa terjadi rugi selisih kurs yang belum diakui sehingga akuntan publik dapat memberikan audit adjustment sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020Modal SahamRp 113.000.000
Rugi Selisih KursRp 113.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Belum Termasuk PPn dan PPh

Demikian contoh kasus pemeriksaan ekuitas perseroaan terbatas, akuntan publik diharapkan mampu menemukan bukti audit yang cukup dan tepat sebagai dasar pemberian opini wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Ekuitas Modal Pemegang Saham"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel