Cara Memperoleh dan Mengumpulkan Bukti Audit Yang Berkualitas

Konten [Tampil]

Cara memperoleh bukti audit menjadi tindakan akuntan publik dalam mengumpulkan bukti audit yang cukup dan berkualitas. Akuntan publik bertanggungjawab untuk memberikan pendapat tentang kewajaran laporan keuangan berdasarkan temuan audit dan prosedur audit yang dilakukan.

Prosedur untuk mendapatkan bukti audit yang berkualitas dilakukan akuntan publik dengan langkah membuat perencanaan audit melalui kertas kerja pemeriksaan. Bukti audit, prosedur audit dan temuan audit harus didapatkan sebelum auditor memberikan opini audit laporan keuangan.

Sumber, tujuan, syarat, kriteria bahkan jenis-jenis bukti audit akan menentukan opini audit yang diperoleh perusahaan klien. Cara memperoleh bukti audit akan digunakan untuk memahami dan menilai pengendalian internal perusahaan klien.

Cara Memperoleh dan Mengumpulkan Bukti Audit Yang Berkualitas


Cara Memperoleh Bukti Audit Yang Berkualitas

Cara memperoleh bukti audit yang berkualitas menjadi tindakan agar akuntan publik mendapatkan bukti yang cukup dan tepat untuk memberikan opini. Auditor cenderung mengandalkan bukti audit dari pihak eksternal perusahaan dibandingkan pihak internal sebab digunakan sebagai konfirmasi saja.

Cara memperoleh bukti audit yang berkualitas tidak akan menentukan jumlah minimal bukti audit yang cukup digunakan sebagai dasar pemberian opini. Bukti audit akan digunakan sebagai basis data dalam pemberian opini audir terhadap laporan keuangan yang diperiksa.

Cara memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat bergantung jenis test yang digunakan oleh akuntan publik. Apabila pengendalian internal perusahaan buruk maka auditor harus memperluas ruang lingkup pemeriksaan dan membuat compliance test. Adapun metode mendapatkan bukti audit sebagai berikut.

  1. Lakukan analytical review terlebih dahulu.
  2. Pahami resiko yang mungkin terjadi.
  3. Lakukan test ketaatan (Compliance test)
  4. Lakukan pengujian secara rinci terhadap bukti yang telah dikumpulkan.

Baca Juga: Contoh Kasus Asersi Manajemen dalam Laporan Keuangan

Sumber dan Tujuan Bukti Audit

Sumber bukti audit dapat berasal dari pihak eksternal dan internal perusahaan klien. Mengapa auditor lebih mengandalkan bukti eksternal daripada bukti internal berkiatan dengan proses pencatatan transaksi berdasarkan bukti transaksi yang telah dimiliki oleh perusahaan.

Tujuan bukti audit adalah untuk memberikan bukti bahwa transaksi yang dicatat dalam laporan keuangan memiliki tingkat materialitas tertentu. Apabila terjadi penyimpangan dalam laporan keuangan, maka auditor harus menentukan tingkatan bukti audit yang diperlukan untuk memberikan penilaian terhadap kewajaran laporan keuangan.

Sumber bukti audit dan tujuan bukti audit akan digunakan auditor sebagai basis data dalam membuktikan kewajaran laporan keuangan. Bukti audit yang banyak tidak berarti bukti tersebut cukup membuktikan bahwa perusahaan telah mencatat transaksi sesuai standar keuangan yang berlaku.

Baca Juga: Contoh Soal Audit atas Aktiva Tak Berwujud

Prosedur Untuk Mendapatkan Bukti Audit Yang Berkualitas

Prosedur untuk mendapatkan bukti audit yang berkualitas bergantung kriteria dan temuan audit. Bukti dalam bentuk lisan dari klien menjadi tingkatan keandalan pengumpulan bukti audit. Tes ketaatan atau compliance test digunakan auditor untuk memahami dan menilai pengendalian internal perusahaan..

Apabila terjadi penyimpangan dalam prosedur pemerolehan bukti audit, maka auditor harus merencanakan proses auditing melalui kertas kerja pemeriksaan. Bukti audit, prosedur audit dan temuan audit menjadi pertimbangan dalam mengatasi kelemahan pengendalian internal perusahaan.

Prosedur untuk mendapatkan bukti audit yang berkualitas bergantung kepada kriteria bukti yang diinginkan. Syarat bukti audit yang andal harus memiliki kelengkapan pendukung dan kebenaran perhitungan matematis.

Baca Juga: Contoh Soal Audit atas Pajak Penghasilan Pasal 21

Demikian cara memperoleh dan mengumpulkan bukti audit yang berkualitas semoga dapat membantu melakukan pengujian ketaatan dan kewajaran saldo dalam laporan keuangan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperoleh dan Mengumpulkan Bukti Audit Yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel