Contoh Soal dan Jawaban Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban penghentian pemakaian aset tetap menjadi tindakan pelepasan aktiva tetap yang dibeli perusahaan sebab adanya penjualan, pertukaran atau umur manfaat yang habis. Mengapa sampai terjadi pelepasan aktiva tetap sebab aktiva tetap memiliki umur manfaat yang berbeda-beda bergantung kategorinya.

Suatu aktiva tetap dapat diberhentikan pemakaiannya apabila umur manfaat telah habis, terjadi pertukaran aset tetap bahkan penjualan aktiva tetap. Penghentian aktiva tetap karena habis umur ekonomisnya tidak perlu dibuatkan jurnal penyesuaiannya sebab telah disesuaikan berdasarkan umur ekonomis aset tersebut.

Contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap akan memperhitungkan nilai buku dan akumulasi depresiasi aset tetap. Dalam penjualan aktiva tetap diperoleh laba dan rugi sehingga harus diakui sebagai penghasilan dan dipotong pph pasal 4 ayat 2.

Contoh Soal dan Jawaban Penghentian Pemakaian Aset Tetap


Apa itu Pelepasan Aktiva Tetap?

Pelepasan aktiva tetap merupakan tindakan perusahaan tidak menggunakan lagi aset tetap yang telah dibelinya karena suatu hal. Suatu aktiva dapat diberhentikan pemakaiannya apabila perusahaan memutuskan menjual aset, menukarkan aset bahkan 

Penghentian pemakaian aset tetap harus dibuatkan jurnal agar aktiva tetap yang masih dipakai pada akhir periode walaupun terjadi depresiasi penuh masih dapat dipergunakan. Laba penjualan aktiva tetap harus dikoreksi fiskal ketika terjadi pelaporan surat pemberitahuan pajak badan.

Pelepasan aset tetap seharusnya dilakukan pada akhir periode setelah depresiasi penuh dilakukan. Aktiva tetap yang masih bisa dipakai walaupun masa depresiasi habis tidak diperkenankan membuat jurnal penyusutan karena umur manfaat telah terpakai.

Mengapa Terjadi Pelepasan Aktiva Tetap

Mengapa terjadi pelepasan aset tetap karena adanya umur manfaat yang telah habis. Perbedaan nilai wajar dan nilai buku akan menyebabkan perusahaan mendapatkan laba dan rugi ketika terjadi pelepasan aktiva tetap dengan penjualan aset tetap atau pertukaran aktiva tetap tidak sejenis.

Penyebab terjadinya pelepasan aktiva tetap karena perusahaan tidak memerlukan aset tetap tersebut lagi. Laba penjualan aktiva tetap harus dikoreksi fiskal karena telah dipotong oleh pph pasal 4 ayat 2. Penjualan aktiva tetap nilai buku nol akan menyebabkan perusahaan mendapatkan keuntungan ketika harga jual lebih tinggi daripada nilai buku.

Mengapa sampai terjadi pelepasan aktiva tetap sebab suatu aktiva tetap dapat diberhentikan pemakaiannya apabila umur ekonomisnya telah habis. Akun depresiasi dan akumulasi penyusutan aktiva tetap akan berjumlah sesuai nilai jualbeli aset tetap.

Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Tidak Sejenis

Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aset Tetap dan Jawaban

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap dan jawabannya dapat terjadi ketika perusahaan memiliki aktiva tetap nilai buku nol. Apabila aset tetap setelah selesai proses depresiasi penuh masih dapat digunakan, maka tidak diperkenankan membuat jurnal penyesuaian dan melaporkan penyusutan di neraca saldo.

Contoh soal dan jawaban pemakaian aktiva tetap terjadi pada PT Kakraffi yang mempunyai komputer dengan masa pakai 4 tahun dan biaya perolehan sebesar Rp 43.000.00. Apabila, PT Kakraffi telah melakukan depresiasi terhadap komputer tersebut yang menyebabkan adanya depresiasi penuh maka jurnal penghentian pemakaian aset tetap yang dibuat adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31 Desember 2020Akumulasi DepresiasiRp43.000.000
   Peralatan KomputerRp43.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawabannya

Jurnal Pelepasan Aset Tetap dan Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Jurnal pelepasan aset tetap harus meng-kreditkan aset tetap yang sudah habis umur manfaatnya. Dalam penjualan aktiva tetap diperoleh laba sebab selisih antara nilai buku dengan nilai wajar. Pajak penghasilan dipotongkan dari penghasilan penjualan aset tetap tersebut.

Jurnal penghentian pemakaian aktiva tetap di-debitkan akun akumulasi depresiasi aset tetap sebesar harga perolehan. Makalah perolehan dan pelepasan aktiva tetap akan membahas detail tentang proses metode depresiasi dan pertukaran aset tidak berwujud.

Jurnal untuk mencatat pelepasan aktiva tetap menyesuaikan kategori umur manfaat aset tersebut. Penghentian aktiva tetap karena habis umur ekonomisnya harus berdasarkan nilai buku dan nilai wajar penyusutan yang telah terjadi.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Demikianlah contoh soal dan jawaban penghentian pemakaian aset tetap semoga dapat membantu mencatat pelepasan aktiva tetap sebab umur ekonomisnya habis.


Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Penghentian Pemakaian Aset Tetap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel