Cara Membuat Rekonsiliasi Bank Pada Program Myob

Konten [Tampil]

Cara membuat rekonsiliasi pada program myob merupakan langkah-langkah memasukan saldo penyesuaian terhadap transaksi bank yang tidak dicatat ketika melakukan proses rekonsiliasi kas di bank. Dalam proses rekonsiliasi jumlah tertentu akan diklik untuk dibuatkan jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank secara otomatis.

Langkah-langkah membuat rekonsiliasi bank di myob menjadikan pengguna tidak perlu membuat jurnal penyesuaian secara manual. Khusus untuk transaksi bank charges dan interest income dicatat di general jurnal. Cara memasukan transaksi penjualan dan pembeli harus dilakukan pada menu selain banking.

Dalam proses rekonsiliasi jumlah tertentu akan diklik apabila akuntan ingin membuat jurnal penyesuaikan yang disebabkan oleh adanya rekonsiliasi bank. Untuk mengetahui laba rugi dengan program myob dengan cara memilih menu report.

Langkah-Langkah Rekonsiliasi Bank pada Program Myob

Langkah-langkah rekonsiliasi bank pada program myob harus diikuti agar akuntan tidak perlu membuat jurnal umum terhadap transaksi yang berkaitan dengan administrasi bank dan pendapatan bunga bank. Pertanyaan berikut yang tidak tepat pada program myob seperti myob tidak dapat membuat laporan keuangan.

Cara membuat rekonsiliasi bank pada program myob hanya berlaku untuk transaksi penjualan dan pembelian. Penjualan yang dilakukan dengan cek tidak akan langsung dikurangkan dari rekening giro perusahaan ketika cek tersebut dijadikan sebagai alat pembayaran transaksi.

Khusus transaksi bank charges dan interest income dicatat di jurnal umum atau general journal. Langkah untuk mengentri transaksi penyesuaian sama halnya dengan membuat jurnal umum yang dapat untuk menyesuaikan keadaan sebenarnya diperusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Kredit Myob

Transaksi Bank Charges dan Interest Income di Catat

Transaksi bank charges dan interest income di catat di jurnal umum sebab myob hanya mampu melakukan rekonsiliasi terhadap pembelian dan penjualan yang pembayarannya dilakukan menggunakan bank atau cek.

Khusus untuk transaksi bank charges dan interest income dicatat sebagai penjualan dan dibuatkan langkah-langkah membuat laporan keuangan di myob. Rekonsiliasi bank adalah tindakan menyesuaikan transaksi yang dilakukan perusahaan yang menggunakan kas di bank sebagai alat pembayaran.

Langkah-langkah membuat rekonsiliasi bank di myob sebagai berikut ini.

Pilih modul banking dan klik reconcile accounts.

Cara Membuat Rekonsiliasi Bank Pada Program Myob
Masukan tanggal rekonsiliasi yang akan dilakukan dan klik tanda centang agar dibuatkan jurnal penyesuaian otomatis dan pastikan bahwa out of balance menjadi nol.
Cara Membuat Rekonsiliasi Bank Pada Program Myob
klik reconcile account.
Cara Membuat Rekonsiliasi Bank Pada Program Myob
Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Menu yang Digunakan untuk Menyelesaikan Rekonsiliasi Bank

Menu yang digunakan untuk menyelesaikan rekonsiliasi bank adalah modul banking. Beberapa transaksi yang berkaitan dengan modul banking seperti transaksi pembayaran gaji karyawan dengan transfer dan pembayaran serta pembelian barang dagangan.

Dalam proses rekonsiliasi jumlah tertentu akan diklik apabila out of balance mencapai angka nol. Menu yang digunakan untuk menyelesaikan rekonsiliasi bank adalah reconcile account. Seluruh transaksi yang menggunakan pembayaran cek atau kas di bank akan segera dilakukan rekonsiliasi.

Untuk mengetahui laba rugi dalam program myob dilakukan dengan memilih menu report. Laporan keuangan program myob dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis layout apakah yang digunakan untuk pembelian aset tetap secara kredit tentunya items.

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Demikianlah cara membuat rekonsiliasi bank pada program myob semoga anda pahal modul yang digunakan untuk jurnal penyesuaian bank myob.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Rekonsiliasi Bank Pada Program Myob"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel