Contoh Soal Pilihan Ganda Konsinyasi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pilihan ganda konsinyasi dan jawabannya menjadi salah satu bentuk soal essay dan pertanyaan wawancara. Contoh soal penjualan konsinyasi dan jawaban harus diketahui agar proses pembelajaran dapat dikerjakan.

Contoh soal pilihan ganda konsinyasi dan jawabannya tentunya berkaitan dengan barang konsinyasi yang titipkan kepada komisioner. Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari seperti seorang bapak yang menitipkan kerajinan yang dimiliki di toko terdekat.

Contoh soal konsinyasi akuntansi keuangan lanjutan dapat berupa pertanyaan wawancara, soal essay bahkan pilihan ganda. Suatu anggota merupakan agen dari persekutuan pasif dan aktif. Soal essay akutansi keuangan dan jawaban dapat dipergunakan untuk UTS dan UAS semester.

Contoh Soal Pilihan Ganda Konsinyasi dan Jawabannya


Contoh Pertanyaan Wawancara Penjualan Konsinyasi

Contoh pertanyaan wawancara penjualan konsinyasi berkaitan dengan barang yang dititipkan kepada komisioner dari pengamanat. Perlakuan akuntansi terhadap barang yang dititipkan oleh pengamanat haruslah tidak diikuti dengan perpindahan hak milik akan tetapi perpindahan barang saja.

Contoh pertanyaan wawancara penjualan konsinyasi berkaitan dengan pengiriman barang tetap menjadi tanggungjawab pengamanat. Sebab komisioner bertugas untuk menjual barang tersebut dan akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan yang berhasil dilakukan.

Biaya yang berkaitan dengan contoh pertanyaan wawancara penjualan konsinyasi akan dibebankan kepada pengamanat. Pengamanat akan dikenakan biaya sampai barang tersebut berhasil dijual oleh komisioner. Metode pencatatan penjualan konsinyasi terdiri dari metode laba terpisah dan metode laba tidak terpisah.

Baca Juga: Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Contoh Soal Pilihan Ganda Konsinyasi dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda penjualan konsinyasi dan jawabannya akan berkaitan dengan penggunaan metode pencatatan dalam transaksi penjualan. Metode laba terpisah dan metode laba tidak terpisah akan memiliki perbedaan dalam mencatat aliran barang konsinyasi, tetapi masih menghasilkan laba yang sama.

Soal pilihan ganda konsinyasi dan jawabannya tentunya berkaitan dengan contoh soal essay penjualan konsinyasi. Penjualan konsinyasi dibedakan antara akutansi konsinyasi untuk pengamanat dan akuntansi konsinyasi untuk komisioner bahkan sampai barang yang dijadikan obyek konsinyasi atau titip jual.

Contoh soal pilihan ganda konsinyasi dan jawabannya tentunya harus dikerjakan ketika uas dan uts. Berikut contoh soal mutiple choice penjualan konsinyasi.

  1. Toko Raffi menitipkan 3 buah lemari kayu dengan harga pokok sebesar Rp 100.000 dan harga jual sebesar Rp 210.000. Komisi untuk komisioner sebesar 33,3% dari jumlah transaksi penjualan. Apabila dari laporan keuangan komisioner berhasil terjual semuanya dengan biaya penjualan sebesar Rp 50.000 dan biaya tukang sebesar Rp 40.000, berapakah jumlah uang yang harus diterima dari komisioner.
    • A. Rp 540.000
    • B. Rp 210.000
    • C. Rp 330.000
    • D. Rp 630.000

Cara mengerjakan soal penjualan konsinyasi dan jawabannya adalah

HPP Lemari @100.000  Rp  300.000
Harga Jual @210.000  Rp  630.000
Biaya tukang  Rp    40.000
Biaya Penjualan  Rp    50.000
Kas yang ditransfer ke Pengamanat  Rp  540.000

Baca Juga: Contoh Laporan Biaya Pokok Produksi

Soal Essay Penjualan Konsinyasi dan Jawabannya

Soal essay penjualan konsinyasi dan jawabannya akan berkaitan dengan masalah barang konsinyasi yang belum terjual sampai akhir periode akuntansi. Bagi pengamanat, barang konsinyasi akan tetapi diakui sebagai aset dari pihak pengamanat. Sedangkan bagi komisioner, barang konsinyasi tidak diperkenakan diakui sebagai aset walaupun secara fisik berada di pihak komisioner.

Contoh soal essay penjualan konsinyasi dan jawabannya tentu memperhatikan kondisi dari barang konsinyasi. Barang yang belum terjual bagi komisioner tidak akan diakui sebagai persediaan barang dagang sebab hak milik dari barang konsinyasi tetap menjadi milik pengamanat.

Contoh soal essay penjualan konsinyasi tentu melibatkan biaya-biaya yang telah terjadi sebagai akibat transaksi konsinyasi. Apabila dalam sebuah periode akuntansi barang yang diperjualbelikan tidak habis, maka biaya-biaya yang telah menjadi beban harus di masukan secara proporsional terhadap aset tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran

Demikianlah contoh soal pilihan ganda dan soal essay penjualan konsinyasi dan jawabannya semoga dapat mengerjakan perhitungan akuntansi keuangan lanjutan ya.


Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pilihan Ganda Konsinyasi dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel