Contoh Soal Pilihan Ganda Akuntansi Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda akuntansi penjualan angsuran dan jawabannya merupakan langkah yang digunakan perusahaan untuk memperhitungkan total pendapat

Konten [Tampil]

Contoh soal pilihan ganda akuntansi penjualan angsuran dan jawabannya merupakan langkah yang digunakan perusahaan untuk memperhitungkan total pendapatan dan biaya yang dikeluarkan. Setiap perusahaan berhak menerapkan penjualan kredit untuk meningkatkan pendapatan sehingga para pelanggan melakukan pemesanan.

Contoh soal pembatalan penjualan angsuran berakibat pada perpindahan hak milik dan hak manfaat atas barang tersebut. Penilaian kembali aset tetap menjadi dasar bagi entitas untuk melihat keuntungan atau kerugian yang dibebankan ke akun laba kotor belum direalisasi sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku.

Apa yang terjadi jika jangka waktu angsuran terlalu lama maka konsumen dapat lupa untuk membayarkan tagihannya. Perbedaan penjualan angsuran dan penjualan kredit terletak pada mekanisme persetujuan pemberian barang terlebih dahulu oleh produsen disertai pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo.

Contoh Soal Pilihan Ganda Akuntansi Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Apa yang Terjadi Jika Jangka Waktu Angsuran Terlalu Lama dan Pendek

Contoh soal pilihan ganda akuntansi penjualan angsuran dan jawabannya akan memberikan peluang bagi entitas untuk menerapkan standar akuntansi yang sesuai perkembangan bisnis. Kekayaan perusahaan menjadi objek pajak penghasilan dimana perusahaan dapat melaksanakan kegiatan pencatatan sesuai arah tujuannya.

Apa yang terjadi jika jangka waktu angsuran terlalu lama adalah entitas harus membuat akun cadangan kerugian piutang tak tertagih. Piutang tak tertagih adalah piutang pelanggan yang tidak mampu dibayarkan pada waktu yang disepakati. Piutang tak tertagih tidak diperkenankan sebagai pengurang pendapatan kena pajak.

Apa yang terjadi jika jangka waktu angsuran terlalu pendek adalah pelanggan diwajibkan menyediakan kas sesuai yang disetujui. Mengapa penjualan angsuran dilakukan secara bertahap agar entitas dapat mempertimbangkan adanya pendapatan bunga dan pokok pinjaman yang telah disetujui saat transaksi diselenggarakan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Tambahan Modal di Perusahaan Manufaktur

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penjualan Angsuran

Hal hal yang harus diperhatikan dalam penjualan angsuran meliputi kemampuan pembayaran tagihan pelanggan dan masa jatuh tempo yang disepakati. Pemberian bunga pinjaman akan meningkatkan peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan kas sesuai termin pembayaran atau term of paymentnya.

Contoh soal pilihan ganda penjualan angsuran akuntansi keuangan lanjutan mewajibkan entitas membayarkan denda akibat tertundanya proses pembayaran tagihan. Invoice jatuh tempo menandakan pelanggan tidak memiliki kas yang cukup untuk membayarkan tagihan sesuai periode yang dicantumkannya.

Hal yang harus diperhatikan dalam penjualan angsuran meliputi keseluruhan kondisi keuangan yang sejalan dengan efektivitas bisnis. Apa yang menjadi kelebihan jika melakukan penjualan kredit adalah perusahaan tidak mengalami kondisi keuangan dan mampu mengatur cash flow sesuai peruntukkannya.

Baca Juga: Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Soal Pilihan Ganda Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Soal pilihan ganda penjualan angsuran dan jawabannya menjadi pertimbangan seseorang dalam rangka mendapatkan order penjualan. Purchase order adalah surat yang dibuat pelanggan dalam rangka mendatangkan barang yang dipesan sesuai kualitas dan kuantitas barang yang diinginkan dan diharapkannya.

Pembatalan penjualan angsuran atas ketidakmampuan pelunasan kewajiban perusahaan harus dapat mengaplikasikan standar akuntansi keuangan. Penjualan angsuran barang tidak bergerak dan barang bergerak diharapkan mampu memberikan laba kotor belum direaliasi dan pencatatan laba ditahan periode tersebut.

Contoh soal pilihan ganda akuntansi penjualan angsuran terjadi saat kakraffi membeli motor senilai Rp 34.000.000, setelah angsuran menjadi Rp 27.000.000 kakraffi dianggap tidak mampu membayarkan sisa tagihannya sehingga motor ditarik dengan nilai wajar Rp 9.000.000. Berapakah nilai lama pemilikan barang dagangannya?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/02/2022Persediaan Barang Dagang Rp 9.000.000
Laba kotor belum direalisasi Rp 2.100.000
Piutang penjualan angsuran Rp 7.000.000
Laba pemilikan kembali Rp 4.100.000

Baca Juga: Contoh Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-Hari

Demikian contoh soal pilihan ganda penjualan angsuran dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Kegagalan pembayaran hutang oleh pelanggan berakibat pada kenaikan piutang tak tertagih milik perusahaan dalam rangka mengoperasionalkan kegiatan administrasi perusahaan sesuai perkembangannya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pilihan Ganda Akuntansi Penjualan Angsuran dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel