Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya merupakan prosedur yang digunakan perusahaan dalam rangka mendapatkan kesempatan

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya merupakan prosedur yang digunakan perusahaan dalam rangka mendapatkan kesempatan memperoleh pangsa pasar. Tujuan penjualan konsinyasi adalah menggunakan toko milih pihak ketiga tanpa membayarkan sewa tetapi dengan komisi.

Contoh jurnal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan laba tidak terpisah diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi tenaga kerja untuk melangsungkan kebijakan keuangannya. Siapa saja pelaku dalam sistem konsinyasi disebut pengamanat dan komisioner dan diharapkan menjalankan kewajibannya

Keuntungan dan kerugian konsinyasi bagi produsen dan konsumen adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam menjalankan sistem konsinyasi. Barang konsinyasi merupakan hak dari pengamanat sampai terjadi perpindahan hak milik dan hak manfaat pemakaian aset sesuai keadaan sebelumnya.

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Sistem Konsinyasi dan Berikan Salah Satu Contohnya

Sistem konsinyasi adalah sistem yang diperkenalkan oleh marketing perusahaan dalam rangka mendapatkan kesempatan menaruh produk dan barang di tempat pihak ketiga. Tujuan konsinyasi adalah meningkatkan pangsa pasar dengan memberikan kesempatan bagi pemilik toko untuk mengadakan promosi setiap harinya.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya menjadi tujuan bagi entitas dalam rangka menyeimbangkan peluang mendapatkan kesempatan bekerja. Setiap perusahaan diharapkan mampu memberikan kepastian tentang jumlah pendapatan kena pajak yang dimilikinya saat menyelenggarakan kegiatan perusahaan.

Apa yang dimaksud sistem konsinyasi dan berikan salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat dalam industri usaha mikro kecil menengah. Laporan posisi keuangan akan menunjukkan nilai persediaan konsinyasi yang masih menjadi milik pengamanat sampai menerima laporan penjualan dari komisioner.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Penjualan Konsinyasi Bagi Produsen dan Pelanggan

Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah

Penjualan konsinyasi metode laba terpisah menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan lanjutan. Laba terpisah artinya perusahaan membedakan keuntungan dari penjualan reguler dan penjualan konsinyasi. Setiap keuangan dapat menerapkan kebijakan bisnis dalam rangka mendatangkan kegiatannya.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya harus memberlakukan sistem informasi akuntansi. Metode pencatatan akuntansi terdiri dari sistem pembukuan berganda. Double entry system adalah mencatat setiap transaksi dengan menggunakan dua akun keuangan yang terlibat dalam perjanjian kerjasamanya.

Kelemahan penjualan konsinyasi bagi produsen adalah harus menetapan standar pemilikan penyalur atau agen tertentu. Jurnal mencatat transaksi penjualan, pengiriman barang konsinyasi dan pembebanan biaya promosi diharapkan mampu mensejahterakan para pemegang saham sehingga laba dapat naik.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Sistem Pencatatan Berpasangan

Contoh Soal Akuntansi Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah

Contoh soal akuntansi penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi pengamanat bertujuan agar pemilik barang dapat memberikan kebebasan bagi penyalur produk melakukan promosi agar mendapatkan penghasilan. Siapa saja pelaku dalam sistem konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari disebut komisioner dan pengamanat.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah terjadi ketika PT Kakraffi mengirimkan barang dagang senilai Rp 83.000.000 dengan harga jual Rp 150.000.000. Biaya promosi yang dibebankan sebeasr Rp 5.000.000 dan komisi apabila barang laku sebesar 20%. Bagaimana jurnal penjualan konsinyasi yang harus dibuat?

Jurnal Penjualan Konsinyasi

Jurnal penjualan konsinyasi dibuat saat entitas mengirimkan barang, menerima laporan penjualan dan memperhitungkan biaya promosi yang dapat diklaim. Pendapatan komisi hanya diserahkan saat entitas benar-benar memindahkan hak pemilikan produk kepada pelanggan sesuai target yang telah ditentukannya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
19/01/2023Konsinyasi Keluar - Persediaan Rp 83.000.000
Persediaan Barang Jadi Rp 83.000.000
31/01/2023Kas Rp 145.000.000
Konsinyasi Keluar - Biaya promosi Rp 5.000.000
Konsinyasi Keluar - Penjualan Rp 150.000.000
31/01/2023Konsinyasi keluar - Penjualan Rp 150.000.000
Konsinyasi Keluar - Persediaan Rp 83.000.000
Konsinyasi Keluar - Biaya Promosi Rp 5.000.000
Laba Penjualan Konsinyasi Rp 62.000.000

Baca Juga: Kapan Penjualan Konsinyasi Diakui

Demikian contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Setiap entitas diharapkan mampu mendatangkan keuntungan maksimal bagi perusahaan agar dapat melangsungkan kehidupannya sehingga para karyawan mendapatkan gaji dan upah.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel