Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Tidak Berbunga Beserta Jawabannya

Contoh soal piutang wesel berbunga dan tidak berbunga beserta jawabannya merupakan langkah perusahaan dalam rangka menagih hutang yang telah jatuh tem

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang wesel berbunga dan tidak berbunga beserta jawabannya merupakan langkah perusahaan dalam rangka menagih hutang yang telah jatuh tempo. Piutang dagang terlalu lama menandakan pelanggan tidak memiliki pembayaran kas yang sesuai term of payment disepakati.

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tanpa bunga bertujuan agar setiap pelanggan dapat mempersiapkan dana sesuai nilai nominal tagihan beserta bunganya. Wesel tidak diterbitkan pada nilai nominal bertujuan menghindari adanya ketidaksesuaian informasi jumlah hutang yang terbayarkan beserta pajak penghasilannya.

Cara mencatat penjualan dengan wesel harus diaplikasikan berdasarkan kemampuan perusahaan selama satu tahun. Pelaksanaan pencatatan piutang wesel dari penjualan kredit perlu mempertimbangkan adanya pemeriksaan neraca saldo oleh kantor akuntan publik untuk membuktikan komponen laporan posisi keuangan.

Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Tidak Berbunga Beserta Jawabannya

Apa yang Dimaksud Wesel Tanpa Bunga dan Wesel Berbunga

Contoh soal piutang wesel berbunga dan tidak berbunga beserta jawabannya merupakan informasi piutang dagang. Pengertian piutang adalah tagihan yang diberikan kepada pelanggan atas penyerahan barang dan jasa tetapi belum terdapat kas dan setara kas untuk membayarkan invoice yang telah diterbitkan atas nama pelanggan.

Apa yang dimaksud wesel tanpa bunga dan wesel berbunga? Pengertian wesel tanpa bunga adalah wesel yang diterbitkan tidak pada nilai nominalnya guna memberitahu kepada pelanggan agar membayarkan sesuai nilai nominal tersebut. Bunga wesel tidak perlu dibuatkan bukti potong melainkan harus dipotongkan saat pembayaran spt tahunan badan.

Pengertian wesel berbunga adalah wesel yang menyebutkan nilai nominal bunga pada saat transaksi keuangannya. Contoh soal pilihan ganda dan soal essay piutang wesel bertujuan agar mahasiswa dapat mempelajari perhitungan tarif bunga dan tarif diskonto yang dikenakan saat penjualan wesel kepada lembaga keuangan.

Baca Juga: Cara Membuat Nama dan Nomor Akun di Neraca Saldo

Contoh Soal dan Jawaban Piutang Wesel Berbunga dan Tanpa Bunga

Contoh soal dan jawaban piutang wesel berbunga dan tanpa bunga perlu mempertimbangkan adanya perhitungan bunga saat jatuh tempo. Perusahaan dagang adalah entitas yang memperjualbelikan barang tanpa melakukan perubahan terhadap barang yang dibelinya guna meningkatkan komponen laporan keuangan.

Contoh soal piutang wesel berbunga dan tidak berbunga menjadi komponen laporan posisi keuangan guna menghindari adanya kebijakan fiskal. Pengusaha kena pajak wajib menjalankan kewajiban perpajakannya selama satu tahun agar dapat menyetorkan total kekayaannya ketika menjalankan aktivitas bisnis.

Contoh perhitungan piutang wesel berbunga terjadi ketika PT Kakraffi menyepakati pemberian wesel tagih senilai Rp 25.000.000 dengan bunga 8% selama 12 bulan. Bagaimana pelaksanaan pencatatan piutang wesel dari penjualan kredit yang diselenggarakan perusahaan saat terjadi penerbitan tagihannya?

Baca Juga: Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil

Cara Mencatat Transaksi Penjualan dengan Wesel Tagih dan Bayar

Bagaimana cara mencatat transaksi penjualan dengan wesel tagih dan wesel bayar harus memberlakukan setiap pendapatan dan pengeluaran sesuai nilai tagihannya. Penjualan adalah transaksi pelepasan hak manfaat dan hak milik barang kepada pihak ketiga sesuai surat pesanan yang diterimanya.

Cara Mencatat Jurnal Penerbitan Wesel

Cara mencatat jurnal penerbitan wesel merupakan aktivitas perusahaan untuk menciptakan pelunasan hutang dagang. Perbedaan hutang dagang dan hutang wesel terletak pada adanya penambahan pendapatan bunga yang terjadi saat pelunasan tagihan ke rekening bank atau pembayaran secara tunai.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Hutang Dagang Rp 25.000.000
Wesel Tagih Rp 25.000.000

Cara Mencatat Pelunasan Piutang Wesel Secara Angsuran

Cara mencatat pelunasan piutang wesel secara angsuran bertujuan agar perusahaan dapat menciptakan aliran pendapatan secara parsial. Kegunaan penjualan kredit adalah mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan selama piutang dagang masih dapat ditagihkan. Adapun jurnal saat terjadi pelunasan piutang wesel secara angsuran adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/06/2022Wesel Tagih Rp 2.083.333
Beban Bunga Wesel Rp 166.667
Kas Rp 2.250.000

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Formula Produksi di Accurate

Demikian contoh soal piutang wesel berbunga dan tidak berbunga beserta jawabannya dalam materi akuntansi pengantar. Tujuan penerbitan wesel adalah memperpanjang masa kerjasama antara pihak yang terlibat dengan menambahkan jangka waktu pelunasan tagihan untuk mempersiapkan kas dan setara kasnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Tidak Berbunga Beserta Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel