2 Contoh Kasus Perubahan Pemilikan Persekutuan dengan Membeli Hak Sekutu Lama

Contoh kasus perubahan pemilikan persekutuan dengan membeli hak sekutu lama merupakan tindakan perusahaan dalam rangka menentukan kualitas modal yang

Konten [Tampil]

Contoh kasus perubahan pemilikan persekutuan dengan membeli hak sekutu lama merupakan tindakan perusahaan dalam rangka menentukan kualitas modal yang diberikan kepada para pemegang saham. Ekuitas firma adalah total setoran harta pribadi para sekutu untuk keperluan operasional firma per periodenya.

Contoh kasus firma dan penyelesaiannya diawali dengan adanya akuntansi pembentukan persekutuan, akuntansi perubahan pemilikan firma dan akuntansi pembubaran firma. Pendaftaran perubahan anggaran dasar persekutuan firma harus segera diselenggarakan setelah adanya perubahan komposisi para sekutu yang terlibat.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan diwajibkan agar kekayaan perusahaan dapat dialokasikan sesuai arah tujuan pemiliknya. Transaksi keluarnya anggota sekutu lama dan masuknya anggota sekutu baru tentu melibatkan adanya perpindahan hak dan tanggungjawab sekutu selama beroperasi.

Contoh Kasus Perubahan Pemilikan Persekutuan dengan Membeli Hak Sekutu Lama

Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Masuknya anggota baru dalam persekutuan akan merubah komposisi persentase pembagian laba rugi persekutuan saat entitas menyelenggarakan transaksi. Setiap anggota sekutu memiliki tanggungjawab atas kemajuan perusahaan seperti pencarian omzet, meminimalisir harga pokok produksi dan pengeluaran kegiatan administrasi.

Contoh kasus perubahan pemilikan persekutuan dengan membeli hak sekutu lama atau memasukkan investasi baru di firma bertujuan agar seluruh komponen laporan keuangan dapat dinilai berdasarkan harga wajar. Nilai wajar adalah harga yang berlaku pada saat transaksi dan tidak mempengaruhi arah komponen informasi keuangan.

Masuknya anggota baru dalam persekutuan bertujuan meningkatkan jumlah modal perusahaan sehingga pangsa pasar dapat bertambah. Hak dan tanggungjawab sekutu harus disampaikan pada saat penandatanganan akta pendirian sehingga dapat menjalankan keseluruhan transaksi keuangan yang berlaku.

Baca Juga: Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih dan Bayar

Keluarnya Anggota Sekutu Lama dalam Persekutuan

Keluarnya anggota sekutu lama dalam persekutuan berakibat pada penurunan performa perusahaan dalam mengendalikan operasionalnya. Alasan sekutu keluar dari firma adalah ketidakcocokan berbisnis dengan sekutu lain, tidak menjalankan hak dan tanggungjawab atau proses likuidasi persekutuan.

Contoh kasus perubahan pemilikan persekutuan dengan membeli hak sekutu lama berkaitan langsung terhadap transaksi keuangan entitas. Kesejahteraan perusahaan harus dijaga agar seluruh komponen perusahaan dapat mengatribusikan setiap informasi perpajakan dalam perhitungan pajak penghasilan badan.

Keluarnya anggota sekutu dalam persekutuan menandakan terjadinya kerugian dalam berbisnis. Unlimited liability artinya persekutuan harus menanggung hutang eksternal yang muncul sebagai akibat bisnis yang dijalani. Limited life artinya firma memiliki usia lebih pendek daripada perseroan terbatas.

Baca Juga: Karakteristik Persekutuan Firma

Contoh Soal Kasus Firma Perubahan Pemilikan Persekutuan dan Jawabannya

Contoh soal kasus firma perubahan pemilikan persekutuan dengan membeli hak sekutu lama terjadi ketika PT Kakraffi menyetujui pengeluaran kas senilai Rp 90.000.000 untuk investasi dana ke firma Abc dengan membeli hak sekutu lama senilai Rp74.000.000. Buatlah jurnal mencatat transaksi pembelian hak sekutu lama oleh sekutu baru tersebut?

Jurnal Mencatat Pembelian Hak Sekutu Lama Oleh Sekutu Baru

Jurnal mencatat pembelian hak sekutu lama oleh sekutu baru bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat diatribusikan sesuai komponen informasi neraca saldo. Pengertian neraca saldo adalah seluruh sumber daya keuangan perusahaan yang didapatkan dari liabilitas dan ekuitas yang terjadi selama satu periode.

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Modal Tuan Lama Rp 74.000.000
Modal PT Kakraffi Rp 74.000.000

Jurnal Mencatat Pembelian Hak Dua Orang Sekutu Lama oleh Satu Orang Sekutu Baru

Jurnal mencatat pembelian hak dua orang lebih sekutu lama oleh sekutu baru harus dialokasikan berdasarkan persentase pembeliannya. Perubahan pembagian laba rugi persekutuan akan terjadi saat entitas menyelenggarakan kegiatan pencatatan sesuai nilai taksiran perubahan komponen informasi yang diperlukan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Modal Sekutu A Rp 55.500.000
Modal Sekutu B Rp 18.500.000
Modal PT Kakraffi Rp 74.000.000

Baca Juga: Cara Membeli Lisensi Zahir Accounting

Demikian contoh kasus perubahan pemilikan persekutuan dengan membeli hak sekutu lama oleh sekutu baru dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Keseluruhan informasi keuangan harus dapat membuktikan adanya pemakaian dana perusahaan untuk menyelenggarakan transaksi kinerja operasionalnya.

Belum ada Komentar untuk "2 Contoh Kasus Perubahan Pemilikan Persekutuan dengan Membeli Hak Sekutu Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel