Cara Menghitung Selisih Biaya Overhead Pabrik Aktual dan Dibebankan Beserta Jurnal

Cara menghitung selisih biaya overhead pabrik aktual dan dibebankan beserta jurnal pencatatannya merupakan sistem informasi untuk melihat ketidaksesua

Konten [Tampil]

Cara menghitung selisih biaya overhead pabrik aktual dan dibebankan beserta jurnal pencatatannya merupakan sistem informasi untuk melihat ketidaksesuaian anggaran pembuatan produk dengan pembiayaan selama proses produksi. BOP adalah komponen pendukung agar barang jadi dapat dibuat.

Contoh soal penentuan tarif biaya overhead pabrik menjadi materi akuntansi biaya dalam pelaksanaan kegiatan administrasi pada perusahaan manufaktur. 3 langkah menentukan tarif bop dibebankan adalah menetapkan dasar pembebanan dan persentase pemakaian biaya berdasarkan formula produk yang dimiliki masing-masing departemen.

Rumus bop yang dibebankan dan bop aktual dapat dijadikan dasar dalam prosedur pembebanan informasi keuangan perusahaan. Entitas berhak untuk mengaplikasikan seluruh bukti transaksi menjadi biaya produk agar dapat mengurangi jumlah penghasilan kena pajak saat setoran spt badan dan spt orang pribadi diakhir periode.

Cara Menghitung Selisih Biaya Overhead Pabrik Aktual dan Dibebankan Beserta Jurnal

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Selisih Biaya Overhead Pabrik

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya selisih biaya overhead pabrik dapat diaplikasikan menyesuaikan persetujuan dari manajer ppic dan departemen keuangan. Manajer ppic akan mengaplikasikan formula produksi untuk menggunakan berbagai macam komponen persediaan bahan baku.

Cara menghitung selisih biaya overhead pabrik aktual dan dibebankan beserta jurnal pencatatannya merupakan aktivitas utama dalam pencegahan informasi perpajakannya. Laporan laba rugi diciptakan agar entitas dapat mengoptimalkan keterjadian informasi perpajakan selama periode berjalannya operasional perusahaan.

Penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik adalah ketidaksesuaian anggaran pemakaian bahan baku dan tenaga kerja tidak langsung selama proses produksi. Perbedaan jumlah hari dan efek musiman kegiatan penyelenggaraan jual beli berakibat pada kenaikan harga bahan baku dan gaji karyawan.

Baca Juga: Contoh Soal Break Even Point dan Jawabannya

Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Contoh soal selisih biaya overhead pabrik dan jawabannya dapat menjadi pedoman ketika menyelenggarakan kegiatan pembukuan di perusahaan. Entitas diharapkan mampu mengaplikasikan penetapan harga pokok produksi untuk memaksimalkan proses pemungutan pajak penghasilan orang pribadi.

Cara menghitung selisih biaya overhead pabrik aktual dan dibebankan beserta jurnal pencatatannya merupakan komposisi antara formula produk dengan total pembelanjaan perusahaan. Kas keluar menjadi agenda rutin yang harus diselenggarakan perusahaan untuk menjaga keberlangsungan hidupnya.

Contoh soal selisih biaya overhead pabrik terjadi ketika PT Rafinternet menerima kartu biaya produksi dengan bop aktual senilai Rp 9.000.000. Padahal, bop dibebankan senilai Rp 8.700.000. Bagaimana cara mencatat selisih bop aktual dengan bop dibebankan dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan tersebut?

Baca Juga: Cara Menghitung PPh Pasal 21 Karyawan Tetap dan Jawabannya

Jurnal Selisih BOP Aktual dan BOP Dibebankan

Akun yang digunakan untuk menampung selisih biaya overhead pabrik adalah harga pokok produksi. Bagaimana cara mengontrol biaya overhead agar meminimalisir adanya selisih bop adalah mengadakan kerjasama jangka panjang dengan karyawan dan supplier berkaitan biaya produksi yang dihasilkan.

Cara menghitung selisih biaya overhead pabrik aktual dan dibebankan beserta jurnal merupakan aktivitas perusahaan memperoleh keuntungan ditahun berjalan. Rekening yang digunakan untuk mencatat biaya overhead pabrik sesungguhnya terjadi adalah bop aktual atau bop yang sesungguhnya.

Jurnal selisih bop aktual dan bop dibebankan berakibat pada munculnya penambah dan pengurang pendapatan perusahaan. Laba kotor akan dipengaruhi oleh biaya administrasi dan biaya pemasaran untuk menciptakan laba bersih. Kegiatan perusahaan manufaktur harus dilakukan pencatatan untuk pelaksanaan sistem pengendalian internalnya.

Berikut jurnal pembebanan selisih bop dibebankan ke bop aktual dalam perusahaan manufaktur

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022BOP Anggaran Rp 8.700.000
Harga Pokok Produksi Rp 300.000
BOP Aktual Rp 9.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Rasio Perputaran Persediaan dan Rumusnya

Demikian cara menghitung selisih biaya overhead pabrik aktual dan dibebankan beserta jurnal pencatatan dalam materi akuntansi biaya. Perusahaan manufaktur memiliki berbagai macam persediaan yang komplek dan harus dibuatkan buku besar pembantu untuk dilakukannya mutasi barang dagangnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Selisih Biaya Overhead Pabrik Aktual dan Dibebankan Beserta Jurnal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel