Contoh Soal Break Even Point dan Jawaban Metode Laba Operasi

Contoh soal break even point dan jawabannya metode pendekatan laba operasi akan mendatangkan keuntungan ketika entitas mau menjual barang diatas nilai

Konten [Tampil]

Contoh soal break even point dan jawabannya metode pendekatan laba operasi akan mendatangkan keuntungan ketika entitas mau menjual barang diatas nilai minimal. Alat bantu untuk merencanakan dan membuat keputusan taktis berkaitan dengan alokasi biaya dan pendapatan disebut analisis biaya volume dan laba.

10 contoh soal bep dan jawabannya menjadi materi akuntansi manajemen yang berguna sebagai pengambilan keputusan tentang investasi jangka panjang. Perencanaan jumlah unit produk yang harus terjual agar entitas mencapai titik impas biaya yang dikeluarkan perlu diketahui untuk kemudahan strategi penjualan.

Bagaimana cara menghitung break even point dalam menentukan harga jual boleh menggunakan metode pendekatan laba operasi dan margin kontribusi. Fixed cost dan variable cost harus dipertimbangkan ketika sebuah perusahaan hendak memperjualbelikan sebuah produk untuk mendatangkan keuntungan bagi entitas.

Contoh Soal Break Even Point dan Jawaban Metode Laba Operasi

Konsep dan Rumus Break Even Point

Konsep dan rumus break even point dalam materi akuntansi manajemen dipublikasikan sebagai alokasi keuntungan ketika mencapai target tertentu. Permasalahan risiko dan ketidakpastian bisnis akan menciptakan kondisi margin safety dan operating leverage ketika melaporkan informasi keuangan.

Rumus bep = fc/(p-vc) merupakan rumus yang digunakan menghitung bep dengan dasar laba operasional. Laba operasional adalah laba kotor yang didapatkan dari penghasilan dikurangkan harga pokok produksi. Biaya variabel adalah beban yang berubah setiap periodenya ketika jumlah produksi meningkat atau menurun.

Konsep break even point adalah keadaan dimana tingkat penjualan setara dengan biaya produksi. Titik impas dapat diperhitungkan berdasarkan jumlah unit penjualan atau bep berdasarkan jumlah rupiah penjualan. Analisis bep bermanfaat untuk memperhitungkan waktu diperolehnya kembali investasi entitas.

Baca Juga: Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih dan Bayar

10 Contoh Soal Bep Kewirausahaan Essay dan Pilihan Ganda

Contoh soal bep kewirausahaan essay dan pilihan ganda dapat digunakan oleh enterpreneur dalam menentukan kapan sebuah produk akan mendatangkan keuntungan. Laporan laba rugi komprehensif diperhitungkan oleh manajemen dengan mengorganisasikan biaya perusahaan menjadi biaya tetap dan biaya variabel.

Contoh soal break even point dan jawabannya brainly bermanfaat untuk memperkirakan kapan sebuah investasi dikatakan menguntungkan. Komponen bep terdiri dari fixed cost, sales dan variable cost. Analisis volume biaya dan laba bermanfaat untuk pengambilan keputusan investasi bagi manajerial.

Contoh soal dan jawaban break even point terjadi pada PT Kakraffi yang memproduksi pakaian dengan penjualan sebesar Rp 45.000.000 untuk 800pcs. Berapakah jumlah unit yang harus terjual agar PT kakraffi mencapai titik impas pengeluaran biaya produksi apabila laporan biaya pokok penjualan sebagai berikut:

Sales 800 unit Rp 45.000.000
Variable Cost Rp (14.000.000)
Contribution Margin Rp 31.000.000
Fixed Cost Rp (8.000.000)
Earning Before Tax Rp 23.000.000

Baca Juga: Perbedaan Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Bagaimana Cara Menghitung Break Even Point

Bagaimana cara menghitung break even point dalam menentukan harga jual produk dapat menggunakan pendekatan metode laba operasi dan pendekatan margin kontribusi. Laba operasi adalah keuntungan atas selisih antara pendapatan dan biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam menciptakan sebuah produk.

Cara menghitung bep dalam menentukan harga jual produk berguna sebagai pertimbangan investasi jangka panjang bagi perusahaan. Langkah-langkah menurunkan nilai unit terjual dan rupiah bep adalah mempersedikit biaya yang dikeluarkan dengan memaksimalkan sumber daya modal yang dimiliki entitas.

Bagaimana contoh perhitungan break even point dalam menilai harga jual produk akan berguna dikarenakan perusahaan harus mengerti biaya pokok penjualan. Perusahaan dikatakan untung ketika dapat menjual produk diatas harga pokok produksi. Cara menghitung bep kewirausahaan essay yakni.

Unit yang harus terjual = Penjualan - Biaya Variabel - Biaya Tetap
= (56.250 x unit) - (Rp 17.500 x unit) - Rp 8.000.000
= (Rp 38.750 x Unit) - Rp 8.000.000
(Rp 38.750 x Unit) = Rp 8.000.000
Unit207

Baca Juga: Pengertian Asersi Manajemen dan Tujuan Audit Laporan Keuangan

Demikian contoh soal break even point dan jawaban metode pendekatan laba operasi dan margin kontribusi. Titik impas dapat dinilai berdasarkan jumlah unit terjual atau nilai rupiah penjualan. Komponen analisis biaya volume laba terdiri dari biaya produksi, biaya administrasi dan biaya pemasaran.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Break Even Point dan Jawaban Metode Laba Operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel