Contoh Soal Return of Asset dari Laporan Keuangan Perusahaan

Contoh soal return of asset dari laporan keuangan perusahaan perlu mempertimbangkan aliran keuangan selama satu periode sesuai nilai roa, roe dan roi

Konten [Tampil]

Contoh soal return of asset dari laporan keuangan perusahaan perlu mempertimbangkan aliran keuangan selama satu periode. Entitas diwajibkan melaporkan seluruh informasi keuangan selama satu periode agar dapat menjalankan aktivitas bisnis sesuai tujuan penggunaan dana kas dan setara kas bagi pemegang saham.

Cara menghitung roa dari laporan keuangan harus dapat melaporkan seluruh imbal balik atas dana yang disetorkan pemegang saham. Tujuan pembelian saham adalah memperoleh dividen selama satu periode agar dapat menghemat pengeluaran perusahaan dan meningkatkan omzet selama satu tahun fiskal.

Fungsi roa dan rumus return of asset perlu mempertimbangkan aliran kas perusahaan. Faktor yang mempengaruhi profitabilitas adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan selama satu periode untuk dapat mencegah terjadinya menipulasi data di laporan keuangan sesuai tujuan pendirian perseroan terbatas.

Contoh Soal Return of Asset dari Laporan Keuangan Perusahaan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rasio Return of Asset

Faktor-faktor yang mempengaruhi rasio return of asset perlu mempertimbangkan aliran dana perusahaan selama satu priode. Pengertian return of asset menurut para ahli adalah imbal balik dana yang dimiliki perusahaan selama satu periode yang akan diberikan oleh investor sesuai persentase pemilikan saham.

Faktor apa saja yang mempengaruhi nilai roa di laporan keuangan adalah perputaran kas, persediaan dan piutang selama satu periode. Semakin tinggi nilai return of asset maka pemegang saham akan cepat mendapatkan pengembalian investasi sesuai persentase pemilikan hak kontrol saham pada akta pendirian.

Contoh soal return of asset dari laporan keuangan perusahaan harus dapat merepresentasikan informasi keuangan dengan prinsip materialitas. Prinsip materialitas artinya perusahaan harus dapat mencegah terjadinya informasi yang melibatkan pengeluaran tanpa adanya otorisasi oleh pejabat perusahaan yang berwenang.

Baca Juga: Contoh Soal Hutang yang Dapat Dikonversi dan Jawabannya

Contoh Soal Return Of Asset dari Laporan Keuangan Perusahaan

Contoh soal return of asset dari laporan keuangan perusahaan harus dapat mendistribusikan keuntungan sesuai biaya tetap dan biaya periodik. Analisis laporan keuangan perusahaan bertujuan agar investor mampu mendapatkan penghasilan berupa dividen selama satu periode sesuai bunga pasar yang berlaku.

Contoh soal return of asset perlu membandingkan antara informasi laba bersih dan total kekayaan. Pengertian aktiva adalah segala kekayaan perusahaan yang didapatkan dari modal dan liabilitas. Passiva adalah komponen laporan keuangan asal mula sebuah aktiva tetap dan aktiva lancar diperoleh.

Contoh soal perhitungan return of asset dilaporan keuangan terjadi ketika PT Kakraffi mendapatkan laba kotor senilai Rp 42.000.000, total rata-rata aktiva sebesar Rp 94.000.000 dan bunga sebesar Rp 900.000. Hitunglah nilai roa dan buatlah kesimpulan tentang standar nilai roa yang baik bagi perusahaan?

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Premium dan Diskonto

Contoh Perhitungan ROA di Laporan Keuangan

Contoh perhitungan roa di laporan keuangan terdiri dari perbandingan antara laba bersih dengan kekayaan untuk menghasilan pendapatan. Penghasilan adalah penyerahan kas dan setara kas pihak ketiga yang diakibatkan pemakaian barang kena pajak dan jasa kena pajak sesuai pembuatan faktur pajaknya.

Contoh perhitungan roa dari laporan keuangan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran tagihan perusahaan. Makna nilai roa yang tinggi artinya perusahaan mampu mengembalikan investasi perusahaan sesuai target dari investor tersebut.

Contoh soal return of asset dari laporan keuangan harus dapat menyakinkan investor untuk menanamkan dananya. Siklus kehidupan produk memiliki pengaruh terhadap nilai roa terutama pada fase pengenalan dan fase kedewasaaan. Adapun langkah-langkah menghitung nilai roa sebagai berikut:

Return of Asset = (Laba kotor + bunga )/ rata-rata aktiva
Return of Asset = Rp 42.000.000 + Rp 900.000 / Rp 94.000.000
Return of Asset = 46%

Baca Juga: Contoh Soal Rasio Likuiditas Jangka Panjang dan Jawabannya

Demikian contoh soal return of asset dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia sebagai sumber informasi sekunder. Data sekunder adalah data yang diambil dari informasi angka untuk diperhitungkan dari kegiatan administrasi publik yang diselenggarakannya periode berjalan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Return of Asset dari Laporan Keuangan Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel