Contoh Soal Biaya Bahan Baku Perusahaan Manufaktur dan Jawabannya

Contoh soal biaya bahan baku perusahaan manufaktur dan jawabannya harus dilaksanakan karena entitas perlu mengetahui nilai persediaan akhir periode

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya bahan baku perusahaan manufaktur dan jawabannya harus dilaksanakan karena entitas perlu mengetahui nilai persediaan akhir. Persediaan adalah aktiva lancar yang dimiliki perusahaan dengan tujuan memaksimalkan proses produksi untuk menghasilkan biaya produksi seminimal mungkin untuk meningkatkan omzet.

Cara menghitung biaya bahan baku per unit harus dilaksanakan untuk mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan. Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang berorientasi pada pengubahan bahan baku menjadi produk yang diinginkan pelanggan sehingga terdapat tambahan manfaat ekonomisnya.

Akuntansi biaya bahan, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik dilaksanakan karena entitas memerlukannya untuk merubah komposisi awal produk. Produk adalah barang yang diinginkan oleh pelanggan sesuai spesifikasinya dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan disetiap tingkatan bisnisnya.

Contoh Soal Biaya Bahan Baku Perusahaan Manufaktur dan Jawabannya

Apa itu Biaya Bahan Baku?

Pengertian biaya bahan baku adalah pengeluaran kas dan setara kas untuk pembelian barang secara wajar sesuai tujuan pembentukan persekutuan terbatasnya. Metode penilaian persediaan akhir dapat menggunakan metode FIFO, LIFO, FEFO dan Average menyesuaikan aliran masuk dan keluarnya barang di gudang.

Apa itu biaya bahan baku? pengertian biaya bahan baku adalah pembiayaan perusahaan untuk mengusahakan agar material bahan dapat datang ke gudang. Biaya perolehan biaya produksi adalah seluruh kas yang dikeluarkan agar persediaan barang siap diterima di gudang pembeli sesuai termin pembayarannya.

Pengertian biaya bahan baku menurut para ahli adalah biaya atas penggunaan bahan selama kegiatan produksi. Bahan penolong adalah bahan yang dipergunakan perusahaan untuk mengupayakan agar produk utama dan produk sampingan memberikan kuantitas dan kualitas sesuai standar operasional prosedur perusahaan manufaktur.

Baca Juga: Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Contoh Soal Harga Pokok Bahan Baku yang Dibeli

Contoh soal biaya bahan baku perusahaan manufaktur dihitung setelah entitas mengeluarkan sejumlah biaya memperoleh bahan sesuai komposisi yang diinginkannya. Biaya ongkos kirim atau biaya angkut barang diperhitungkan sebagai tambahan harga pokok produksi barang sesuai FOB shipping point yang diterapkan.

Contoh soal harga pokok bahan baku yang dibeli perlu mempertimbangkan alokasi seluruh pengeluaran perusahaan. Setiap pengeluaran perusahaan wajib mengeluarkan faktur pajak pembeli agar dapat diperhitungkan ketika mengakuisisi informasi di laporan keuangan sejalan aktivitas bisnisnya.

Contoh soal biaya bahan baku perusahaan manufaktur dan jawabannya terjadi ketika PT Kakraffi mendapatkan pesanan dan melakukan pembelian ke beberapa distributor. Adapun rincian pengeluaran dan pemasukan barang di gudang dengan metode masuk pertama keluar pertama sistem periodik adalah

TanggalKeteranganKuantitasBiaya per Unit
01/08/2022Stock Awal580 Rp 550
15/08/2022Beli246 Rp 578
17/08/2022Jual700
21/08/2022Beli166 Rp 589
27/08/2022Beli500 Rp 601
31/08/2022Jual450

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pemakaian Bahan Baku

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku harus dapat memungkinkan entitas membelanjakan seluruh kasnya. Kas yang tidak terpakai menandakan kurang maksimalnya kas untuk kegiatan pembiayaan dan investasi yang mendatangkan keuntungan selama satu periode akuntansinya.

Contoh soal jurnal pemakaian bahan baku diprioritaskan pada akhir periode. Harga pokok produksi dapat dihitung berdasarkan sistem perpetual dan sistem periodik. Entitas dapat memaksimalkan proses penyusutan dengan membuat jurnal penyesuaian aktiva tetap selama satu periode akuntansi yang berlaku.

Bagaimana cara menghitung biaya bahan baku perusahaan manufaktur dapat menggunakan sistem perpetual dan sistem periodik. Sistem periodik dipilih ketika entitas ingin melihat sejauh mana nilai persediaan yang sebenarnya ada di gudang. Adapun cara menghitung nilai persediaan akhir metode fifo adalah

Qty Harga Subtotal
Persediaan Awal580 Rp 550 Rp 319.000
Pembelian
15/08/2022246 Rp 578 Rp 142.188
21/08/2022166 Rp 589 Rp 97.774
27/08/2022500 Rp 601 Rp 300.500
Barang tersedia untuk dijual Rp 859.462
Persediaan Akhir342 Rp 601 Rp 205.542
Biaya Bahan Rp 653.920

Baca Juga: Contoh Soal Koreksi Kesalahan di Periode Lalu

Demikian contoh soal biaya bahan baku perusahaan manufaktur dan jawabannya dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan. Entitas diwajibkan dapat melaporkan seluruh informasi keuangannya secara wajar sesuai pertimbangan kekayaan perusahaan selama aktivitas bisnisnya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Biaya Bahan Baku Perusahaan Manufaktur dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel