Cara Membuat dan Menghapus Aktiva Tetap di Accurate

Cara membuat dan menghapus aktiva tetap di accurate merupakan prosedur administrasi pendataan aset untuk kegiatan produksi yang tidak diperdagangkan

Konten [Tampil]

Cara membuat dan menghapus aktiva tetap di accurate merupakan prosedur administrasi pendataan aset untuk kegiatan produksi yang tidak diperdagangkan. Karakteristik aset tetap adalah perusahaan mengeluarkan biaya material untuk menjalankan aktivitas bisnis dan dipakai jangka panjang sesuai instruksinya.

Cara input pembelian aktiva tetap melalui purchase invoice atau faktur pembelian secara tunai dan kredit di accurate akan memerlukan tambahan informasi keuangan entitas. Pembelian aset tetap secara kredit berfungsi meningkatkan kekayaan perusahaan tanpa menyerahkan setoran kas dan setara kas pada waktu penerimaan barang.

Cara menggunakan fitur aset tetap di accurate online merupakan sistem pengendalian internal pembelian dan penjualan. Revaluasi aktiva tetap artinya perusahaan menilai ulang kembali biaya perolehan aset berdasarkan harga beli masa lampau dengan harga sekarang dari kekayaan perusahaan selama satu periode.

Cara Membuat dan Menghapus Aktiva Tetap di Accurate

Menu Aktiva Tetap di Accurate Desktop Versi 5

Menu aktiva tetap di accurate desktop versi 5 diperlukan untuk membantu kegiatan administrasi perpajakan. Setiap pertambahan nilai perusahaan harus dapat mengalokasikan secara wajar setiap komponen laporan keuangan sesuai masa berlaku aset selama periode akuntansi dan penerapan kebijakan akuntansi.

Menu Aktiva Tetap Baru

Menu aktiva tetap baru terdiri dari prosedur input data aset tetap yang dikeluarkan perusahaan ketika terjadi pembelian dan penjualan. Pembelian aktiva tetap secara kredit harus dapat memberikan kepastian tentang jumlah tagihan yang jatuh tempo dan harus dibayarkan sesuai termin pembayaran yang berlaku dientitas.

Menu Tipe Aktiva Tetap Pajak

Menu tipe aktiva tetap pajak terdiri dari metode penyusutan pajak dan umur manfaat penggunaanya. Ketentuan umum perpajakan telah mengatur pembagian aset tetap sesuai kategori. Umur manfaat aset ditetapkan selama 4, 8, 16 bahkan 20 tahun menyesuaikan tingkat penggunaan aset selama masa pakainya.

Menu Daftar Aktiva Tetap

Cara membuat dan menghapus aktiva tetap di accurate akan muncul dimenu daftar aset tetap. Daftar aset tetap berisikan informasi perihal kekayaan perusahaan untuk mengantribusikan informasi keuangannya. Aktiva tetap harus dapat dialokasikan secara wajar guna mencegah terjadinya manipulasi data keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Koreksi Kesalahan Periode Lalu dan Jurnal Penyesuaiannya

Cara Membuat Aktiva Tetap Baru di Accurate

Cara membuat aktiva tetap baru di accurate dapat menjadi pedoman ketika akuntan berhasil membeli kekayaan tertentu. Tanah adalah salah satu aset yang tidak mengalami penyusutan atau depresiasi kecuali perusahaan melakukan perubahan terhadap komposisi tanah seperti pengerukan tanah untuk diperdagangkan.

Cara input pembelian aktiva tetap secara kredit di accurate mengakibatkan hutang dagang perusahaan bertambah. Pembelian aset tetap secara kredit memerlukan informasi tentang total kekayaan yang dibebankan dan harus dibayarkan bersamaan dengan bunga pinjaman selama masa perolehan aset tersebut.

Cara membuat aktiva tetap baru di accurate merupakan prosedur input transaksi pembelian aset tetap selama operasionalnya. Jurnal pembelian aset secara tunai dan kredit bertujuan agar entitas dapat mengklasifikasikan transaksi secara wajar sesuai prosedur informasi keuangan. Adapun cara input pembelian aktiva di accurate adalah

  1. Masuk ke database perusahaan
  2. Pilih modul aset tetap > Aktiva Tetap Baru
  3. Persiapkan nama vendor dan tanggal pembelian
  4. Isilah biaya perolehan aset berdasarkan purchase invoice yang diterima

Baca Juga: Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Biaya Overhead Pabrik

Cara Menghapus Aktiva Tetap di Accurate

Cara menghapus aktiva tetap di accurate merupakan prosedur menghentikan pemakaian aset. Penghentian pemakaian aset dapat terjadi saat aktiva tetap dihapus atau diperdagangkan. Aktiva tetap diperoleh dengan mengeluarkan kas dan setara kas untuk membantu produksi menyesuaikan perencanaannya.

Cara menghapus aset tetap di accurate menjadi tujuan agar aset tetap yang tidak dapat mendatangkan manfaat ekonomis tidak digunakan lagi. Apabila sampai akhir masa pakai aset, tetapi aktiva tetap masih dapat dipergunakan maka perusahaan tidak perlu membuat jurnal depresiasi ketika nilai buku sudah sesuai biaya perolehan.

Langkah-langkah membuat dan menghapus aktiva tetap di accurate dapat menjadi pedoman seseorang ketika mengakuisisi informasi perpajakan. Setiap tambahan informasi keuangan seharusnya diciptakan untuk memakmurkan para pemegang saham sesuai jalur informasi keuangan setiap kali penjualan terjadi.

Baca Juga: Cara Menambah, Mengedit dan Menghapus Hak Akses User Pengguna di Accurate

Demikian cara membuat dan menghapus aktiva tetap di accurate online dan accurate desktop versi 5 dalam sistem pengendalian internal pembelian. Internal control diciptakan agar tidak terjadi pemanipulasian data keuangan yang mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian selama satu periode.


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat dan Menghapus Aktiva Tetap di Accurate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel