Contoh Soal Masalah Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Pembahasannya

Contoh soal masalah penjualan angsuran barang bergerak dan tidak bergerak menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan tentang kualitas pembayaran kas

Konten [Tampil]

Contoh soal masalah penjualan angsuran barang bergerak dan tidak bergerak menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan tentang informasi kualitas pembayaran dari pelanggan. Entitas diperkenankan untuk mengakuinya sebagai penghasilan ditahun berjalan atau diakui hanya pada saat awal pembayaran terjadi.

Contoh soal tukar tambah penjualan angsuran dan pemilikan kembali barang dagang akan terjadi ketika pelanggan tidak mampu melanjutkan transaksi atau memberikan barang bekas kepada perusahaan. Nilai wajar dari aktiva tetap bekas yang diberikan oleh pelanggan akan dinilai berdasarkan harga kesepakatannya.

Penjualan angsuran adalah penjualan barang bergerak dan tidak bergerak dimana pembayarannya akan dilaksanakan secara cicilan setiap periodenya dengan mempertimbangkan suku bunga efektif. Suku bunga efektif akan menilai pembayaran bunga berdasarkan tingkat bunga pasar yang berlaku pada saat transaksi terjadi.

Contoh Soal Masalah Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Pembahasannya

Masalah-Masalah Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Masalah-masalah penjualan angsuran baran tidak bergerak akan dialami oleh wajib pajak terutama ketika terjadi pembayaran tagihan. Entitas diwajibkan untuk melaporkan seluruh kekayaannya selama menjalankan kegiatan operasional untuk mengakuinya sebagai faktur pajak masukan dan faktur pajak keluaran.

Masalah Pemilikan Kembali Barang Dagang

Masalah pemilikan kembali barang dagang akan terjadi pada perusahaan yang tidak melakukan penilaian kualitas pembayaran pembeli. Credit score merupakan indikasi awal tentang ketepatan waktu pembayaran tagihan dari pengiriman barang hingga jangka waktu termin pembayaran yang disepakati pada awal perjanjian.

Masalah Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran

Masalah tukar tambah dalam penjualan angsuran sering terjadi terutama ketika wajib pajak ingin melaporkan seluruh kekayaannya. Tukar tambah penjualan angsuran mengakibatkan penurunan harga barang yang akan dibeli pelanggan karena adanya barang bekas yang disetorkan untuk pengurangan tagihan.

Baca Juga: Cara Mencari Fenomena Penelitian dari Jurnal Internasional

Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Dagang dan Jawabannya

Contoh soal penjualan angsuran barang dagang akan terjadi selama perusahaan menerapkan kebijakan penjualan kredit. Penjualan kredit adalah penjualan dimana barang akan dikirimkan terlebih dahulu ke alamat pembeli tetapi pembayarannya akan dilaksanakan secara cicilan sesuai pokok hutang dan bunga yang harus dibayarkan.

Contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak dapat dilakukan pada seluruh aktiva perusahaan. Pengertian aktiva tetap adalah kekayaan perusahaan yang digunakan kegiatan produksi tetapi hanya akan dijalankan sesuai tujuan perusahaan didirikan sejalan dengan aktivitas bisnisnya.

Contoh soal masalah penjualan angsuran barang bergerak terjadi ketika adanya informasi tukar tambah penjualan cicilan dengan barang bekas. Nilai wajar nilai barang yang ditukarkan dari barang bekas menjadi barang baru diakui sesuai harga kesepakatan. Adapun informasi hasil tukar menukar barang dagang sebagai berikut:

Nilai Kendaraan Bekas yang Disetujui Rp 582.628.525
Harga mobil baru Rp 645.234.600
Harga pokok mobil baru Rp 452.231.520
perkiraan perbaikan Rp 50.055.400
Harga jual setelah perbaikan Rp 352.452.000
Laba kotor rata-rata20%

Baca Juga: Cara Menghitung Variable Costing dan Jawabannya

Jurnal Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Jurnal tukar tambah penjualan angsuran dapat dibentuk dengan terlebih dahulu menghitung cadangan kerugian nilai pertukaran. Cadangan kerugian nilai piutang tak tertagih dapat dibentuk dengan memperhitungankan total piutang dagang dan penjualan kredit yang terjadi di perusahaan selama beroperasi.

Contoh soal masalah penjualan angsuran barang bergerak dan pembahasannya menjadi dasar bagi akuntan publik melakukan pemeriksaan terhadap akun penjualan kredit. Penjualan kredit yang bernilai besar menandakan adanya kemudahan kredit bagi lawan transaksi tanpa mempertimbangkan credit score.

Tukar tambah penjualan angsuran dapat diselenggarakan menyesuaikan aturan kebijakan akuntansi keuangan yang ada di perusahaan. Adapun cara menghitung cadangan kerugian harga pertukaran barang bekas menjadi barang baru sebagai berikut:

Nilai Kendaraan Bekas yang Disetujui Rp 582.628.525
Nila Jual setelah perbaikan Rp 352.452.000
Laba kotor rata-rata Rp 70.490.400
perkiraan perbaikan Rp 50.055.400 Rp 472.997.800
Cadangan Selisih Harga Pertukaran Rp 109.630.725

Jurnal tukar tambah penjualan angsuran dapat dicatat untuk mengakui piutang dagang sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2022Kendaran Bekas Rp 472.997.800
Cadangan Selisih Harga Pertukaran Rp 109.630.725
Piutang Angsuran Rp 62.606.075
Harga Pokok Penjualan Rp 452.231.520
Penjualan kredit Rp 645.234.600
Persediaan Rp 452.231.520

Baca Juga: Apa Perbedaan Penjualan Kredit dan Penjualan Angsuran

Demikian contoh soal masalah penjualan angsuran barang bergerak dan pembahasannya dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Setiap penjualan wajib mendapatkan persetujuan dari manajer kredit untuk menentukan kualitas pembayaran tunai sebelum memberikan keputusan pinjaman jangka pendeknya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Masalah Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel