Contoh Soal Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya

Contoh soal kompensasi kerugian fiskal dan jawabannya menjadi pertimbangan wajib pajak orang pribadi dan badan untuk membayarkan pajak penghasilan

Konten [Tampil]

Contoh soal kompensasi kerugian fiskal dan jawabannya menjadi pertimbangan wajib pajak orang pribadi dan badan untuk membayarkan pajak penghasilan terutangnya. Jika suatu perusahaan mengalami kerugian maka tidak wajib untuk melunasi pajak penghasilan sebab tidak adanya aliran kas keluar dan masuk entitas.

Kompensasi kerugian fiskal didasarkan hal-hal sebagai informasi pendukung pelaporan spt tahunan badan. Ketika wajib pajak tidak melakukan pembetulan surat pemberitahuan pajak penghasilan yang terlaporkan maka direktur jendral pajak dapat melakukan penyesuaian terhadap kewajiban perpajakan yang dilaporkan entitas.

Soal dan jawaban perhitungan pph dan kompensasi kerugian fiskal berakibat pada laba ditahan yang dilaporkan lawan transaksi. Cara mengisi kompensasi rugi fiskal di e-spt badan harus melampirkan laporan keuangan yang diaudit oleh akuntan publik beserta pemberian opini kewajaran laporan keuangannya.

Contoh Soal Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya

Apa itu Kompensasi Kerugian Fiskal dalam Pajak Penghasilan

Kompensasi kerugian fiskal dalam pajak penghasilan berkaitan dengan informasi rugi pajak yang diakui untuk tidak dibayarkan pajak penghasilannya. Ketika perusahaan menjalankan operasionalnya tidak memperoleh tambahan manfaat ekonomis maka dapat dialokasikan ke beberapa tahun mendatang sebagai pengurang penghasilan kena pajak.

Pengertian kompensasi rugi fiskal menurut para ahli adalah aturan ganti rugi yang diterapkan kepada wajib pajak orang pribadi dan badan ketika menjalankan pemotongan pajak penghasilan. Cara mengisi informasi rugi tahun berjalan akan mengurangi sejumlah biaya pembayaran pph yang wajib disetorkan ke kas negara.

Kompensasi rugi pajak dapat dialokasikan selama 5 tahun berturut-turut dari peristiwa kerugian pertama kali perusahaan. Beban rugi fiskal mengakibatkan berkurangnya pajak penghasilan yang harus disetorkan dan berakibat pada pemeriksaan direktorat jendral perpajakan mengenai kepatuhan pembayaran pajak penghasilan.

Baca Juga: Perbedaan Koreksi Fiskal Positif dan Koreksi Fiskal Negatif

Contoh Soal Kompensasi Rugi Fiskal dan Pembahasannya

Contoh soal kompensasi rugi fiskal dan pembahasannya akan dilaksanakan untuk memaksimalkan perolehan pajak penghasilan yang harus dibayarkan. Koreksi fiskal adalah skema memperhitungkan biaya yang dapat dikurangkan untuk penghasilan kena pajak agar sesuai aturan ketentuan umum perpajakan.

Syarat untuk bisa melakukan kompensasi kerugian fiskal adalah memberikan laporan posisi keuangan hasil audit akuntan publik. Bagaimana perhitungan pajak terutang bagi perusahaan yang mengalami kerugian harus mempertimbangkan asas kemanusiaan dan keadilan sesuai tarif pengenaan pajaknya.

Contoh soal dan jawaban kompensasi kerugian fiskal terjadi pada PT Kakraffi yang mengalami kerugian sebesar Rp 412.000.000. Setelah mengalami rugi, PT Kakraffi akhirnya mendapatkan laba sebesar Rp 124.000.000 dan Rp 364.000.000. Berapakah penghasilan kena pajak setelah proses kompensasi fiskal tersebut?

Baca Juga: Macam-Macam Biaya Fiskal (Deductible Expance)

Pertanyaan Tentang Kompensasi Kerugian Fiskal

Pertanyaan tentang kompensasi kerugian fiskal hanya diperkenankan dilakukan selama 5 tahun berturut-turut. Kompensasi horizontal dan kompensasi vertikal sering digunakan agar entitas terhindar dari pembayaran pajak terutang ketika mendapatkan laba setelah mengalami penurunan manfaat ekonomis.

Syarat untuk bisa melakukan kompensasi kerugian fiskal adalah memberikan informasi akurat tentang penurunan manfaat ekonomis wajib pajak. Penghasilan bruto yang diterima wajib pajak harus dapat menutup pengeluaran ketika entitas terjadi pemeriksaan atas penurunan manfaat ekonomis ditahun berjalan.

Pertanyaan tentang kompensasi rugi fiskal sebaiknya dihindari oleh wajib pajak yang sering mendapatkan sanksi dan denda perpajakan. Contoh soal kompensasi kerugian fiskal dan jawabannya akan menghasilkan informasi mengenai jumlah penghasilan kena pajak yang harus disetorkan ke kas negara.

Keterangan Jumlah
- Rugi Tahun 2021 Rp (412.000.000)
- Laba Tahun 2022 Rp 124.000.000
- Laba Tahun 2023 Rp 364.000.000
Penghasilan Kena Pajak Rp 76.000.000

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Rekonsiliasi Fiskal

Demikian contoh soal dan cara menghitung pph dan kompensasi rugi fiskal untuk menentukan penghasilan kena pajak. Tarif pajak penghasilan badan dan orang pribadi harus dicantumkan pada laporan keuangan guna menghindari adanya kesalahan pembayaran pajak terutang di tahun berjalan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel