Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Rumusnya

Cara menghitung accounting rate of return dan rumusnya menjadi bentuk pengambilan keputusan investasi aktiva tetap menggunakan laba tahun berjalan

Konten [Tampil]

Cara menghitung accounting rate of return dan rumusnya menjadi bentuk pengambilan keputusan investasi aktiva tetap menggunakan laba tahun berjalan. Kelebihan metode pengembalian akuntansi adalah melibatkan kegiatan operasional tahun berjalan untuk mendatangkan keuntungan sebagai alat pembelian aktiva.

Contoh soal accounting rate of return memiliki kelebihan dalam penyerderhanaan perhitungannya. Penggunaan laba akuntansi dan laba fiskal menjadi pertimbangan ketika memutuskan kelayakan investasi aktiva tetap yang disetujui oleh manajemen sesuai kebijakan akuntansi keuangan yang diterapkan oleh entitas.

Perbedaan average rate of return, accounting rate of return dan payback period terjadi karena manajer harus mempertimbangkan kelayakan sebuah investasi aktiva tetap. Pertimbangan suku bunga pasar dan tingkat inflasi sebuah negara harus dapat mempertimbangkan kelayakan informasi pengambilan keputusan.

Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Rumusnya

Kelebihan dan Kekurangan Accounting Rate Of Return

Kelebihan dan kekurangan accounting rate of return didapatkan oleh perusahaan sebagai alokasi modal investasi pembelian aset tetap. Kelemahan metode pengembalian akuntansi terletak pada kebijakan penyetoran modal untuk investasi jangka panjang terutama penggunaan arus kas masuk dan keluar.

Kriteria penilaian kelayakan investasi modal aktiva tetap terletak pada kecepatan pengembalian kas yang dikeluarkan. Bedanya payback period dan average rate of return adalah pengembalian investasi didasarkan pada aliran kas tahunan atau laba operasional yang didapatkan sesuai perhitungan bagian akuntansi perusahaan.

Kelebihan dan kelemahan metode pengembalian akuntansi atau accounting rate of return akan menitikberatkan pengembalian modal berdasarkan laba setelah pembayaran pajak. Tarif pajak penghasilan badan adalah 22% dari penghasilan kena pajak setelah proses koreksi fiskal selama periode berjalan.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Obligasi

Contoh Soal Accounting Rate of Return (Arr)

Contoh soal accounting rate of return dan jawabannya akan mengabaikan konsep nilai waktu uang terutama ketika melaporkan pajak penghasilan badan. Kelayakan untuk investasi jangka panjang harus dimengerti dikarenakan entitas menggunakan konsep keberlangsungan usaha ketika menjalankan transaksi.

Contoh soal arr dan jawabannya harus memenuhi kriteria accounting rate of return dalam akuntansi manajemen investasi. Laba akuntansi dijadikan dasar untuk koreksi fiskal terutama biaya-biaya yang dapat digunakan mengurangi pajak penghasilan yang bersifat tidak final seperti penghasilan jualbeli barang dagang.

Contoh soal menilai kelayakan investasi tercantum pada kebijakan pengambilan risiko dan ketidakpastian masa depan. PT Kakraffi mendapatkan laba sebesar Rp 62.894.000 untuk membeli tanah senilai Rp 13.542.000. Bagaimana cara menghitung accounting rate of return di tahun berjalan?

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Pengambilan Keputusan Investasi Aktiva Tetap

Bagaimana Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Rumusnya

Rumus accounting rate of return adalah perbandingan antara laba tahun berjalan dengan jumlah investasi modal perusahaan. Perbedaan payback period, accounting rate of return dengan average rate of return terjadi dikarenakan perusahaan harus mempertimbangkan penggunaan buku akuntansi pertanggungjawaban.

Kriteria penilaian investasi aktiva tetap terdiri dari accounting rate of return dan internal rate of return. Metode diskonto dan nondiskonto terdapat perbedaan yaitu diabaikannya tingkat inflasi dan buku bunga efektif dalam konsep nilai waktu uang. Prinsip keberlangsungan usaha dan basis akrual harus diakui dalam akuntansi.

Bagaimana cara menghitung arr berdasarkan contoh soal accounting rate of return yang menjadi pertanggungjawaban dana investasi pemegang saham. Kebaikan dari metode pengembalian modal adalah dipergunakan data keuangan untuk menaksir risiko ketidakpastian kondisi keuangan entitas.

Rumus Accounting Rate of Return = Rp 13.542.000 / Rp 62.894.000
Rumus Accounting Rate of Return = 21,53%

Baca Juga: Contoh Kasus Hubungan Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Demikian cara menghitung accounting rate of retun dan contoh soal arr beserta jawabannya yang menjadi materi akuntansi manajemen investasi jangka panjang. Ketika nilai arr lebih rendah daripada irr maka investasi dapat diterima manajemen dan kegiatan operasional perusahaan dapat berlanjut

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Rumusnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel